Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Tuesday, June 23, 2015

Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengaktualisasikan Nilai-nilai Pluralisme Agama di SMAN 02 Batu

Suhudi
Berbicara mengenai kehidupan keagamaan di sekolah, maka akan menggiring pemahaman setiap orang bahwa, sekolah tak ubahnya sebagai sebuah laboratorium pluralisme. Begitu pula halnya SMA Negeri 02 Batu, adalah sebuah lembaga pendidikan menengah yang merangkul berbagai macam peserta didik dengan berbagai macam latar belakang agama maupun etnis. Perbedaan latar belakang agama dan etnis yang terdapat pada masing-masing individu masyarakat sekolah tersebut kemudian disikapi, disadari serta diterima dengan ketulusan hati, sehingga melahirkan sebuah masyarakat sekolah yang harmonis. Akan tetapi, sebenarnya kesadaran akan kemajemukan itu seharusnya tidak hanya ada pada guru atau staf pengajar saja, melainkan juga harus ditanamkan pada diri setiap peserta didik, sehingga peserta didik tidak hanya tahu bahwa mereka hidup dalam kemajemukan agama, tapi mereka juga mengetahui nilai-nilai yang tersembunyi di balik realitas pluralisme agama di sekolahnya dan pada gilirannya mereka mampu mengaplikasikannya dalam bentuk prilaku sehari-hari.
Sejauh ini, usaha pengaktualisasian nilai-nilai kemanusiaan yang dikembangkan di SMA Negeri 02 Batu relatif sama dengan lembaga pendidikan umum lainnya, yaitu dengan menambahkan muatan kurikulum kelompok mata pelajaran estetika, dan belum diarahkan sepenuhnya pada pembentukan pribadi peserta didik yang pluralis. Peserta didik hanya dididik dan diarahkan untuk dapat saling menghormati, sementara mereka tidak memahami secara mendalam akan arti nilai saling menghormati terebut. Tidak salah jika mereka terkadang saling menghargai, tapi ketika mendengar isu-isu yang tak bertanggung jawab, mereka juga dapat bertindak anarkis, baik di lingkungan sekolah maupun di masyarakat.
Hal inilah yang yang mungkin belum disadari oleh lembaga pendidikan secara umum, sehingga sampai saat ini lembaga pendidikan selalu menjadi sorotan ketika terjadi berbagai fenomena tindak kekerasan di masyarakat. Oleh karena itu, peneliti merasa tertarik dan tergugah untuk melakukan penelitian tentang proses penanaman nilai-nilai pluralisme agama yang terdapat pada lembaga pendidikan umum, dalam hal ini SMA Negeri 02 Batu, dengan harapan dapat mengungkap nilai-nilai di balik realita pluralisme agama di sekolah tersebut.
Adapun fokus penelitian ini meliputi: 1) Apa saja nilai-nilai pluralisme agama yang terdapat di SMA Negeri 02 Batu?, 2) Upaya apa yang dilakukan guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam mengaktualisasikan nilai-nilai pluralisme agama di SMA Negeri 02 Batu?, dan 3) Apakah pengaktualisasian nilai-nilai pluralisme agama oleh guru pendidikan agama Islam (PAI) dapat mewujudkan harmoni keberagamaan di SMA Negeri 02 Batu?.
Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk memeperoleh gambaran secara mendalam tentang: 1)Nilai-nilai pluralisme agama di SMA Negeri 02 Batu, 2) Upaya-upaya guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam mengaktualisasikan nilai-nilai pluralisme agam di SMA Negeri 02 Batu, dan 3) Harmoni keberagamaan di SMA Negeri 02 Batu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik penelitian yang meliputi: wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Sedangkan keabsahan datanya akan diperkuat dengan melakukan pengecekan data menggunakan teknik tringulasi dan menggunakan bahan referensi.
Hasil penelitian ini adalah: Pertama, di SMA Negeri 02 Batu terdapat nilai-nilai pluralisme agama yang meliputi: 1) saling menghargai (esteeming each other), 2) saling menghormati (respecting each other), 3) tidak membeda-bedakan dalam pemberian hak kepada setiap individu, 4) tidak saling menjatuhkan (do not affronting each other), dan 5) mengakui keragaman agama sebagai bentuk sunnatullah. Kedua, upaya yang dilakukan guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam mengaktualisasikan nilai-nilai pluralisme agama di SMA Negeri 02 Batu di antaranya dengan: 1) melakukan pengembangan materi pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan cara mengembangkan silabus, 2) memberi kepahaman kepada siswa akan arti pluralisme agama secara mendalam melalui pelajaran agama Islam yang didasarkan pada Al-Qur'an dan Hadits, 3) memberikan batasan-batasan secara jelas akan nilai-nilai pluralisme yang boleh diterapkan dan yang tidak harus diterapkan, 4) melakukan bimbingan-bimbingan keagamaan di luar Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kelas, 5) mengaktualisasikan nilai-nilai pluralisme agama kepada siswa dengan cara menjadi suri tauladan yang baik, dan 6) ikut serta dalam mensukseskan pendidikan nilai yang digalakkan oleh sekolah. Ketiga: SMA Negeri 02 Batu telah mengaktualisasikan nilai-nilai pluralisme agama dalam kehidupan masyarakat sekolah. Hal ini dapat dilihat dari terwujudnya harmoni keberagamaan di dalamnya yang meliputi dari: 1) toleransi (tolerance), 2) kerukunan (reconciliation), damai dan dinamis (peacefulness), dan 3) rasa kebersamaan (togetherness) dan solidaritas (social solidarity).

Download Skripsi



 Jasa Pembuatan Skripsi

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment