Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Tuesday, June 23, 2015

Pelaksanaan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (PAKEM) Dalam Pembelajaran Al Qur'an Hadits di Kelas VIII MTs Surya Buana Malang

Isna Noor Laila
Masalah yang dibahas dalam dalam penelitian ini adalah apakah ada model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) yang diterapkan dalam pembelajaran Al Qur’an Hadits di kelas VIII MTs Surya Buana Malang dan bagaimana pelaksanaan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) yang diterapkan dalam pembelajaran Al Qur’an Hadits di kelas VIII MTs Surya Buana Malang.
Berdasarkan masalah di atas, maka penelitian in bertujuan untuk mengetahui model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) yang diterapkan dalam pembelajaran Al Qur’an Hadits di kelas VIII MTs Surya Buana Malang dan bagaimana pelaksanaan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) yang diterapkan dalam pembelajaran Al Qur’an Hadits di kelas VIII MTs Surya Buana Malang.
Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, angket, tehnik observasi dan study dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari guru al Qur’an Hadits yang mengajar kelas VIII, siswa kelas VIII yaitu sebanyak 50 orang, dan kepala sekolah. Data yang terkumpul untuk observasi dan wawancara dianalisis dengan teknik analisis interaktif dan untuk angket dengan menggunakan rumus persentase.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: 1) Terdapat tiga model PAKEM yang diterapkan dalam pembelajaran Al Qur’an Hadits di MTs Surya Buana Malang yaitu pembelajaran kontekstual, belajar tuntas dan pembelajaran dengan modul. 2) Pelaksanaan PAKEM ditunjukkan dengan kegiatan pembelajaran yang memenuhi indikator aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. 3) Persiapan pengajaran berupa pembuatan silabus dan RPP. 4) Pembelajaran kontekstual merupakan model PAKEM yang paling efektif dilaksanakan, pembelajaran dengan modul belum optimal dilaksanakan dan masih dalam proses penyempurnaan, dan belajar tuntas telah dilaksanakan dengan baik. 5) Tempat KBM mata pelajaran Al Qur’an Hadits kelas VIII MTs Surya Buana yaitu kelas, mushalla dan learning area. 6) Sumber belajar yang digunakan guru yaitu modul materi pelajaran, bahan pelatihan, buku-buku PAKEM, koran dan majalah. 7) Media pembelajaran yang dipergunakan yaitu multimedia Qiroati dan kartu alphabet. 8) Evaluasi yang dilaksanakan oleh guru berupa tes lisan dan tes tulis.

Download Skripsi



 Jasa Pembuatan Skripsi

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment