There was an error in this gadget

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Tuesday, June 23, 2015

Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Perilaku Keagamaan Siswa Di MAN 3 Malang

Dwi Rahayu
Dengan lajunya perkembangan dunia teknologi dan modernisasi, secara tidak langsung ternyata telah mengakibatkan banyak manusia lupa dan mengabaikan aspek-aspek keagamaan. Hal ini dapat ditangani dengan pembinaan perilaku keagamaan secara intensif dan berkesinambungan. Pada esensinya merupakan pemahaman terhadap ajaran agama Islam itu sendiri dan bertekad untuk mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari serta mampu untuk mengendalikan diri setelah memahami.
Usaha Pembinaan perilaku yang dilakukan oleh guru PAI di sekolah sesungguhnya tidak lain adalah untuk mengatasi dan menanggulangi serta mencegah terjadinya kenakalan remaja dan membentuk pribadi yang berbudi pekerti yang luhur.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tiga hal yang berhubungan dengan upaya pembinaan perilaku keagamaan siswa MAN 3 Malang, yaitu untuk mengetahui keadaan perilaku keagamaan siswa MAN 3 Malang, upaya/usaha yang dilakukan guru PAI dalam membina perilaku keagamaan siswa MAN 3 Malang serta mengetahui factor yang menjadi pendukung dan penghambat guru PAI dalam pembinaan perilaku keagamaan siswa agar mampu membentuk manusia yang berkepribadian dan berbudi luhur menurut ajaran agama Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berbentuk deskriptif. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan analisis deskriptif yang bertujuan untuk menjelaskan aspek yang relevan dengan fenomena yang diamati dan menjelaskan karakteristik fenomena atau masalah yang ada.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru PAI dalam membina perilaku keagamaan siswa di MAN 3 Malang adalah penyeleksian input yang belajar di MAN 3 Malang baik itu dari segi nilai maupun tingkah laku, memberikan tradisi spiritual terutama dalam tingkah laku dan bertutur kata sopan dan menjadikan sarana prasarana sebagai wahana dalam praktek dan pelaksanaan serta dengan adanya faktor yang mendukung dalam pembinaan perilaku keagamaan siswa diantaranya adanya keterlibatan semua guru dalam upaya pembinaan perilaku siswa, karena hal itu merupakan tanggungjawab guru terhadap perilaku/akhlak siswa. Sedangkan faktor penghambat dalam membina perilaku keagamaan siswa adalah teknologi informasi yang bisa mempengaruhi dan menguasai anak-anak baik pikiran, perasaan maupun perilakunya selain itu juga pergaulan siswa di luar sekolah (masyarakat).

Download Skripsi



 Jasa Pembuatan Skripsi

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment