There was an error in this gadget

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Monday, June 22, 2015

Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Pada Homeschooling Di Sekolah Dolan Villa Bukit Tidar Malang

Faizatun Nisa’
Homeschooling adalah pendidikan alternatif berbasis rumah yang dilaksanakan dimanapun, kapanpun, dan dengan siapapun di mana proses pendidikan hampir sepenuhnya depegang oleh orang tua. System pendidikan homeschooling menempatkan anak sebagai subjek dengan menggunakan pendekatan secara at home. Di kota Malang terdapat beberapa lembaga yang menerapkan homeschooling, namun hanya komunitas homeschooling Sekolah Dolan yang berada dibawah naungan Asosiasi Sekolah Rumah Pendidikan Alternatif (ASAH PENA) dan mendapat binaan dari Depdiknas bidang pendidikan luar sekolah. berdasarkan informasi tersebut, maka dilakukan suatu penelitian untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan agama Islam pada homeschooling di Sekolah Dolan Villa Bukit Tidar malang, dengan fokus dan tujuan penelitian memaparkan tentang:
(1) Pelaksanaan pendidikan agama Islam pada homeschooling di Sekolah Dolan Villa Bukit Tidar Malang.
(2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam pada homeschooling di Sekolah Dolan Villa Bukit Tidar Malang.
Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Informannya adalah kepala camp, pengajar Sekolah Dolan, dan orang tua siswa Sekolah Dolan. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan teknis analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan dan menginterpretasikan data yang telah didapat sehingga menggambarkan realitas yang sebenarnya sesuai dengan fenomena yang ada.
Hasil penelitian menunjukka bahwa pendidikan agama Islam pada komunitas Sekolah Dolan merupakan pelajaran tambahan yang diberikan kepada siswa dengan tujuan untuk mengetahui, memahami, meyakini, dan mengamalkan ajaran agama Islam, sehingga menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Materi yang ditekankan adalah mengenai akidah dan akhlak dan metode yang digunakan sangat bervariasai diantaranya: metode ceramah, metode cerita, metode nasihat, metode teladan, dan metode pembiasaan. Untuk pendidikan agama Islam yang dilaksanakan dirumah tidak ada meteri yang digunakan, Adapun metode yang dipakai untuk belajar Pendidikan Agama Islam bersifat kontekstual dan digabungkan dengan kegiatan sehari. Adapun metode yang dipakai untuk belajar Pendidikan Agama Islam bersifat kontekstual dan digabungkan dengan kegiatan sehari. Faktor pendukung pembalajaran pendidikan agama Islam pada homeschooling di komunitas Sekolah Dolan adalah: Kesadaran dari pihak sekolah dan orang tua dalam melaksanakan pendidikan agama Islam, adanya hubungan yang baik antara kedua orang tua, tutor dan anak, sarana dan prasarana yang memadai dalam menunjang keberhasilan proses pembelajaran, terdapat lembaga keagamaan di lingkungan sekitar. Faktor penghambat pembelajaran pendidikan agama pada homeschooling di komunitas Sekolah Dolan adalah: Terbatasnya waktu yang ada, sehingga tutor kurang bisa maksimal dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, terbatasnya tutor dalam bidang pendidikan agama, kurangnya wawasan yang dimiliki oleh tutor terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam, adanya TV dan Internet yang terkadang mengganggu pembelajaran pendidikan agama Islam di rumah.

Download Skripsi



 Jasa Pembuatan Skripsi

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment