Referensi Skripsi Terbaru | Download Skripsi Gratis

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Monday, June 22, 2015

Inovasi Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di MTs Surya Buana Malang


Niwatun
Dalam pelaksanaannya masih terkesan bahwa peserta didik kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran PAI. Untuk itu adanya Inovasi Metode Pembelajaran khususnya dalam mata pelajaran PAI diperlukan. Dengan adanya inovasi metode pembelajaran diharapkan guru tidak seolah-olah menjadi sumber informasi tunggal.Guru yang berinovasi dalam metode pembelajaran mampu membuka cakrawala siswa menjadi inovatif dan kreatif. Melalui metode pembelajaran yang inovatif, suasana pembelajaran di kelas tidak terpasung dalam suasana yang kaku dan monoton. Sehingga siswa akan lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Susana pembelajaran pun akan membuat siswa tidak jenuh menerima materi dari guru. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk mengkaji “Inovasi Metode Pembelajaran PAI dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MTs Surya Buana Malang.”
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Inovasi Metode Pembelajaran PAI yang diterapkan di MTs Surya Buana Malang, (2) Bagaimana Prestasi Belajar Siswa Setelah diterapkannya Inovasi Metode Pembelajaran Siswa di MTs Surya Buana Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian kualitatif merupakan suatu konsep penelitian yang menyeluruh untuk mengungkapkan rahasia sesuatu, dilakukan dengan menghimpun data pada keadaan sewajarnya, menggunakan cara kerja yang sistematik, terarah, dan dapat dipertanggungjawabkan, sehingga tidak kehilangan sifat ilmiahnya. Sumber data berupa kata-kata dalam penelitian ini diperoleh peneliti melalui wawancara dengan orang-orang yang dapat dipercaya kevalidan informasinya, seperti kepala madrasah, guru PAI dan siswa. Data ini dicatat secara tertulis dan menggunakan alat bantu perekam setiap kali peneliti mengadakan wawancara di lapangan. Sedangkan sumber data berupa tindakan diperoleh peneliti dengan mengamati langsung proses pembelajaran di MTs. Surya Buana Malang. Untuk memperoleh data yang valid dan akurat, penulis menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang telah penulis lakukan di MTs Surya Buana bahwasanya pelaksanaan proses belajar mengajar di MTs Surya Buana Malang sudah diterapkan inovasi metode pembelajaran, hal ini bisa dilihat dari beberapa metode baru yang merupakan hasil dari inovasi dari metode pembelajaran yang terdahulu, yaitu antara lain; Jiqsaw, alphabeth, pohon pembelajaran, silih tanya.
Pada prinsipnya para GPAI selalu memprioritaskan metode inovatif namun pada pelaksanaannya metode lama tetap digunakan sebagai metode alternatif sesuai dengan situasi dan kondisi. Dalam pelaksanaanya ada faktor penghambat dan pendukung yang meliputi; peserta didik (siswa), guru, lingkungan. Untuk mengatasi penghambat tersebut guru PAI seoptimal mungkin menciptakan suasana belajar yang kondusif dan tidak menjenuhkan. Dengan adanya proses inovasi metode pembelajaran PAI di MTs Surya Buana Malang, perkembangan prestasi belalajar siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan, terbukti dengan angka kelulusan tahun ajaran 2007-2008 yang mencapai 100% lulus dengan NUN tertinggi 36,20 dibanding tahun ajaran 2006-2007 kelulusannya 88% dengan NUN 27,60. Prestasi-prestasi yang diraih oleh siswa-siswi MTs Surya Buana Malang tiap tahunnya tidak hanya dalam bidang akademik tetapi juga dalam bidang non akademik. Prestasi akademik dan non akademik seperti, juara 1 lomba pidato bahasa Arab tingkat Jawa Timur, juara 2 karikatur tingkat Jawa Timur.

Download Skripsi



 Jasa Pembuatan Skripsi

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment