Referensi Skripsi Terbaru | Download Skripsi Gratis

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Friday, August 2, 2013

Download Skripsi Gratis Biologi : Kepekaan Tanaman Kedelai (Glycine max (L.) Merr. Terhadap Hama Kutu Kebul

Kedelai (Glycine max L.) merupakan tanaman kacang-kacangan yang penting di Indonesia, memiliki kadar protein tinggi sekitar 10, 30% yang dibutuhkan oleh manusia untuk bahan pangan. Salah satu kendala dalam budidaya tanaman kedelai adalah kehadiran serangga hama antara lain kutu kebul (B. tabaci). Pada populasi tinggi Kutu kebul berpotensi merusak tanaman kedelai menyebabkan bercak klorosis pada daun yang berakibat daun keriput dan tanaman kedelai menjadi kerdil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis kedelai terhadap jumlah kutu kebul serta kepekaan jenis kedelai terhadap serangan kutu kebul.
Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli sampai September 2010 dengan lokasi penelitian di Greenhouse Balai Penelitian Tanaman Kacang-kacangan dan Umbi-Umbian (BALITKABI) di Kendalpayak Pakisaji Malang. Penelitian ini dibagi menjadi 3 tahap yaitu penelitian eksperimen, menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), 2 kali ulangan. Apabila terdapat perbedaan nyata maka dilanjutkan dengan uji Duncan (DRMT) 5%. Dilanjutkan penelitian deskriptif dan korelasional. Perlakuan pada penelitian eksperimen yang digunakan adalah 44 galur kedelai. Data hasil penelitian meliputi pengaruh jenis kedelai terhadap jumlah kutu kubul pada berbagai stadia, hubungan antar populasi telur, nimfa, pupa dan imago, nilai intensitas kerusakan daun dengan kutu kebul pada berbagai stadia, tingkat kepekaan berdasarkan jumlah kutu kebul berbagai stadia.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang nyata antara jenis kedelai terhadap jumlah kutu kebul pada berbagai stadia. Selain itu juga terdapat korelasi yang signifikan antara populasi jumlah telur dengan nimfa, telur dengan pupa, telur dengan imago, nimfa dengan pupa, nimfa dengan imago dan pupa dengan imago. kriteria kepekaan tanaman berdasarkan nilai intensitas kerusakan daun, dari 44 galur kedelai (Glycine max L.) berdasarkan jumlah telur 2 jenis tanaman termasuk sangat tahan (ST), 6 jenis tanaman termasuk tahan (T), 12 jenis tanaman termasuk agak tahan (AT), 21 jenis tanaman termasuk rentan (R) 3 jenis tanaman termasuk sangat rentan (SR). Berdasarkan jumlah nimfa ST (2) T (6) AT (13) R (20) SR (3), berdasarkan jumlah pupa ST (0) T (9) AT (10) R (22) SR (3), berdasarkan jumlah imago ST (2) T (5) AT (9) R (24) SR (4).


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment