There was an error in this gadget

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Saturday, June 15, 2013

Download Skripsi Gratis Teknik Informatika : Visualisasi Penentuan Posisi Bulan Pada Awal Bulan Qamariyah Menggunakan Metode Ephemeris.

Visualisasi penentuan posisi awal bulan pada awal bulan qamariyah diperlukan untuk membantu menggambarkan posisi bulan jika saat rukyat langit dalam keadaan mendung, sehingga bulan tidak tampak dilangit karena tertutup awan. Metode Ephemeris merupakan metode yang digunakan oleh Departemen Agama Republik Indonesia dalam menentukan awal bulan Qamariyah berdasarkan software winhisab, untuk menghitung awal bulan qamariyah harus menghitung secara semi-manual yaitu menggunakan rumus yang dikeluarkan Departemen Agama Republik Indonesia dan meggunakan data ephemeris matahari dan data epehemeris bulan yang dihitung dengan winhisab.
Untuk memecahkan permasalahan tersebut maka perlu dibangun software yang dapat melakukan perhitungan secara keseluruhan sistem serta dapat memvisualisasikan posisi bulan sesuai hasil perhitungan. Algoritma Astronomi karya Jean Meuus atau dikenal dengan Algoritma Meuus dapat digunakan untuk membantu perhitungan data-data ephemeris bulan dan matahari .
Berdasarkan hasil uji coba, dapat diketahui bahwa software layak guna untuk dapat membantu dalam perhitungan awal bulan qamariyah serta memvisualisasikan posisi bulan sesuai hasil perhitungan karena telah dilakukan validasi dengan membandingkan hasil perhitungan dengan winhisab dan dengan software hasil penelitian memiliki toleransi 81 % persen dengan toleransi maksimal 0,5.
File Download
Abstrak-Indonesia.pdf Abstrak-Indonesia.ps
Abstrak-Inggris.pdf Abstrak-Inggris.ps
Pendahuluan.pdf Pendahuluan.ps
BAB I.pdf BAB I.ps
BAB II.pdf BAB II.ps
BAB III.pdf BAB III.ps
BAB IV.pdf BAB IV.ps
BAB V.pdf BAB V.ps
Daftar Pustaka.pdf Daftar Pustaka.ps


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment