Referensi Skripsi Terbaru | Download Skripsi Gratis

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Saturday, July 27, 2013

Download Skripsi Gratis Biologi : Pengaruh Varietas dan Lama Penyimpanan Terhadap Kandungan Lycopen Buah Tomat (lycopersicon esculentum Mill..)

Lycopen merupakan suatu senyawa karotenoid yang memberikan warna merah pada buah dan sayur. Lycopen adalah suatu senyawa fitokimia (phytochemical) yang disintesis oleh tumbuhan dan mikroorganisme. Lycopen paling banyak ditemukan dalam tomat. Kandungan lycopen pada tomat tergantung jenis, kematangan, dan lingkungan dimana ia tumbuh. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian dilakukan dengan tujuan untuk : (1) Untuk mengetahui pengaruh varietas yang berbeda terhadap kandungan lycopen tomat. (2) Mengetahui pengaruh lama penyimpanan yang berbeda terhadap kandungan lycopen tomat. (3) Mengetahui interaksi antara varietas dan lama penyimpanan tomat
Analisis data dilakukan di laboratorium kimia Universitas Muhammadiah Malang, pada bulan Agustus – September 2007. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 2 faktor. Faktor pertama adalah varietas yang terdiri dari varietas Red Pearl, Synta dan Table. Faktor kedua adalah lama penyimpanan, yaitu 0 hari, 3 hari, 6 hari, 9 hari dan 12 hari. Untuk mengetahui kandungan Lycopen dalam tomat dilakukan dengan teknik kromatografi kolom.
Data yang diperoleh dari penelitian ini dianalisis dengan Analysis Of Variance dan untuk mengetahui kambinasi perlakuan terbaik dilakukan UJD dengan taraf signifikansi 5%. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh varietas dan lama penyimpanan terhadap kandungan Lycopen.. Varietas Red Pearl mempunyai kandungan Lycopen tertinggi, yakni 39.480 mg/gr. Untuk lama penyimpanan yang paling baik dan tinggi kandungan Lycopennya adalah pada penyimpanan 0 hari.


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment