Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Wednesday, July 31, 2013

Download Skripsi Gratis Biologi : Keanekaragaman Bivalvia dan Asosiasinya dengan Hutan Mangrove di Pantai Talang

Keanekaragaman hayati (biodiversitas) memiliki peranan penting sebagai tumpuan stabilitas kehidupan dan keberlanjutan kehidupan di alam ini baik dari segi ekologi, ekonomi, sosial dan budaya. Tetapi berbagai kerusakan alam yang tidak jarang disebabkan oleh dinamika dan aktifitas manusia sebagai makhluk dominan sering menyebabkan terganggunya keseimbangan dan kelestarian alam. Kawasan Pantai Talang Siring meruapakan wilayah pariwisata pantai yang mempunyai ekosistem hutan mangrove yang menjadi salah satu habitat berbagai flora dan fauna.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 3121-Januari 3122 di Pantai Talang Siring Kabupaten Pamekasan. Sampel diambil dari 7 stasiun pengamatan dan setiap stasiun terdiri dari 7 plot dengan panjang 21x21m untuk fase pohon dan 6x6 untuk fase pancang. Sampel yang sudah didapatkan diidentifikasi dengan menggunakan buku teks dan situs internet.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 5 jenis pohon mangrove yang tumbuh di kawasan Pantai Talang Siring yaitu, Rhizhopora lamarkii, Sonnerata alba, Avicennia marina dan Pemphis adicula. Sedangkan jenis bivalvia yang ditemukan terdiri dari 5 spesies, yaitu Anadara granusa, Anadara antiquata Meretrix spp, Crassostrea spp, Adrana patagonica. Dan dari data ini menunjukkan bahwa tingkat keanekaragaman hutan mangrove dan jenis bivalvia termasuk rendah, karena jumlah spesies yang ditemukan sedikit.
Spesies Rhizhpora lamarkii merupakan jenis pohon mangrove yang paling mendominasi pada wilayah penelitian, hal ini ditunjukkan dengan nilai Dominasi Relatif tertinggi, yaitu 8992671887% dan INP 34798917382%. Sedangkan jenis bivalvia yang mendominasi adalah jenis Crassostrea spp dengan nilai dominansi
19359 dan jumlah inividu yang paling tinggi yaitu 513 dari semua stasiun.
Jumlah individu pohon mangrove di Pantai Talang Siring berpengaruh terhadap jumlah individu bivalvia. Jumlah individu pohon mangrove berbandng lurus dengan jumlah individu bivalvia. Semakin banyak jumlah individu mangrove, maka semakin banyak jumlah individu bivalvia yang ditemukan.


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment