Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Thursday, August 1, 2013

Download Skripsi Gratis Biologi : Uji Viabilitas Konsorsium Bakteri Biodekomposer Selama Dua Bulan Guna Menentukan Waktu Inokulum Yang Optimal

Biodekomposer merupakan formula yang berisi konsorsium mikroba pendegradasi selulosa yang berfungsi dalam perombakan bahan organik biologis yang dibuat khusus untuk meningkatkan efisiensi dekomposisi bahan organik tumbuhan. Aktifitas konsorsium mikroba merombak selulosa dan lignin dan mengubah residu organik menjadi bahan organik tanah, yang bisa menyuburkan tanah. Dengan menggunakan biodekomposer pengomposan yang biasanya membutuhkan waktu yang lama menjadi lebih cepat. Biodekomposer yang digunakan mengandung 6 genus bakteri yaitu Bacillus, Lactobacillus, Pseudomonas, Mikrococcus, Escherichia, Aerococcus. Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat viabilitas optimum bakteri dalam biodekomposer sehingga dalam proses pengomposan bakteri dapat bekerja maksimal.
Penelitian ini merupakan penelitian bersifat diskriptif. Sampel dilihat viabilitas bakterinya selama dua bulan, pada satu minggu pertama bakteri dilihat viabilitasnya secara berturut-turut, selanjutnya bakteri dilihat viabilitasnya secara berkala rentang 1 minggu sampai umur dua bulan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli - September 2010, di Laboratorium Mikrobiologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Hasil penelitian menunjukan bahwa viabilitas konsorsium bakteri dari awal pembiakan secara berangsur-angsur mengalami peningkatan. Dari hasil penelitian ini didapatkan 4 tahapan, tahap adaptasi, eksponensial, stasioner dan tahapan kematian. Tahap adaptasi terdapat pada hari 1 sampai ke 2, eksponensial terdapat pada hari ke 3 sampai hari ke 14, stasioner pada hari ke 21 sampai ke 35 dan tahapan kematian pada hari ke 42 sampai ke 49. Viabilitas yang optimum terdapat pada hari ke 28.


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment