Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Sunday, June 2, 2013

Download Skripsi Gratis Teknik Informatika : Visualisasi 3D Sistem Tata Surya Untuk Metode Pembelajaran IPA-Fisika Kelas IX Berbasis Java 3D API dan Netbeans Platform.


Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fisika khususnya bab Sistem Tata Surya yang diajarkan pada jenjang pendidikan menengah SMP/MTs, merupakan mata pelajaran yang memiliki kandungan materi yang kurang efektif jika hanya disajikan dalam bentuk teks dan gambar statis melalui buku cetak. karena isi materi yang terkandung di dalamnya memiliki suatu proses yang dinamis, yang mana buku cetak kurang dapat mewakili proses tersebut. Sehingga siswa yang memiliki imajinasi visual kurang baik, kurang mampu memahami inti dari materi yang disampaikan tersebut. Dengan kata lain tujuan dari penyampaian materi (informasi) tersebut tidak terlaksana dengan baik. Dengan bantuan aplikasi grafika komputer khususnya grafik 3 dimensi, dapat membantu mewakili isi materi pada bab Sistem Tata Surya tersebut melalui objek model 3 dimensi yang mensimulasikan objek tata surya. Dan untuk bahan evaluasi perkembangan siswa, dibuat fasilitas ujian materi yang berhubungan. Pada penelitian ini, implementasi grafik 3 dimensi menggunakan Antarmuka Aplikasi Java3D dan Antarmuka Grafis Penggunanya menggunakan Netbeans Platform. Kedua antar- muka ini sangat membantu portabilitas aplikasi bagi pengguna akhir seperti siswa yang tidak memiliki pengetahuan lebih mengenai pengaturan aplikasi yang rumit yang biasanya hanya dapat dilakukan oleh pengembang software.


Aplikasi visualisasi 3D sistem tata surya diterapkan melalui komputer jaringan lokal, yang terdiri dari komputer server (digunakan oleh guru) dan komputer client (digunakan oleh siswa). Dan dapat juga digunakan secara independen, yaitu dapat dijalankan pada satu komputer saja. Tujuan aplikasi ini adalah untuk memvisualisasikan objek tata surya, menampilkan keterangan dan teori yang berhubungan, dan mengelola data teori dan data pengguna aplikasi.

File Download
Abstrak-Indonesia.pdf Abstrak-Indonesia.ps
Pendahuluan.pdf Pendahuluan.ps
Full Text.pdf Full Text.ps



Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment