Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Sunday, June 4, 2017

Jasa Buat Skripsi: download Skripsi Hukum Bisnis Syariah: Sewa tanah dengan sistem lelang prespektif hukum Islam: Studi kasus di Desa Dewi, Bayan, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

Abstract

INDONESIA:
Sewa menyewa merupakan salah satu bentuk transaksi dalam Islam yang diperbolehkan. Obyek dalam transaksi sewa yaitu manfaat dari benda yang disewakan. Salah satu transaksi sewa yang sudah muncul di Desa Dewi, Kecamatan Bayan, Purworejo adalah sewa tanah dengan sistem lelang. Dengan adanya pelaksanaan akad tersebut, perlu ditinjau ulang dari segi hukum Islam. Dimulai dari proses akad, subyek, obyek dan sistem lelang, karena sering terjadi perselisihan diantara para pihak yang mengakibatkan salah satu pihak ada yang dirugikan. Diantaranya sering terjadi adanya cidera janji antar pihak dan praktek makelar. Dalam pengunaan sistem lelang masih perlu ditinjau ulang kembali karena sistem lelang yang dikakukan Rasulullah merupakan sistem lelang dalam transaksi jual beli.
Dalam penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui praktek sewa tanah dengan sistem lelang yang terjadi di Desa Dewi, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo. 2) mendeskripsikan dan menganalisis hukum dari praktek sewa tanah dengan sistem lelang menurut hukum Islam.
Penelitian ini tergolong dalam penelitian empiris, dengan bukti adanya transaksi sewa tanah dengan sistem lelang yang dilakukan setiap tahun di Desa Dewi. Peneliti menggambarkan secara detail dari transaksi tersebut. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan Fenomenologi dengan tujuan untuk mendapatkan data- data yang dibutuhkan melalui wawancara kepada masyarakat dan pihak pihak yang terkait dalam transaksi. Selanjutnya peneliti menganalisis data yang sudah diperoleh untuk mendapatkan sebuah kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini, peneliti dapat simpulkan bahwa menurut hukum Islam akad sewa tanah dengan sistem lelang di Desa Dewi hukumya tidak sah. Karena dalam peraturan yang telah dibuat, masalah pembayaran terkait adanya uang muka belum sesuai dengan hukum Islam. Dalam hal makelar pada praktek sewa tanah hukumnya diperbolehkan.
Berdasarkan pada hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan koreksi bagi masyarakat Desa Dewi dan panitia agar selalu melakukan transakasi sesuai dengan hukum Islam. Agar tercipta suasana yang aman, tertib dan sejahtera.
ENGLISH:
Lease is one of transaction forms allowed in Islam. The object of a lease transaction is the benefit of the leased item. One of the leases practice in Dewi Village, Bayan Sub-District, Purworejo is the land lease using auction system. The implementation of the agreement needs to be reviewed from Islamic law perspective. The review starts from the agreement process, subject, object and auction system. It is due to the frequent disputes among the parties resulting a loss in one of the parties. There are a lot of contract breaches between the parties and the brokers. The auction system needs to be reviewed because the auction system done by the Prophet is an auction system in buying and selling transaction.
This study aims to: 1) find out the practice of land lease using an auction system occurred in Dewi Village, Bayan Sub-District, Purworejo. 2) describe and analyze the law of land lease practice using an auction system according to Islamic law.
This study is an empirical research, with the evidence of land leases using an auction system conducted every year in Dewi Village. The researcher describes the transaction in detail. It is a qualitative research with phenomenology approach to obtain the required data through interviews to the society and the parties involved in the transaction. Furthermore, the researcher analyzes the data to draw a conclusion.
From the result, the researcher concludes that according to Islamic law, the land lease agreement using an auction system in Dewi Village is illegal. It is due to the existing regulations, the down payment system violates Islamic law. On the other hand, the land lease broker in the land lease practice is allowed.

Based on the results, it is expected that it can be a correction material for the society and committee of Dewi Village to do the transaction in accordance with Islamic law to create a safe, orderly, and prosperous environment.

Untuk Mendownload Skripsi "Skripsi Hukum Bisnis Syariah" :  Sewa tanah dengan sistem lelang prespektif hukum Islam: Studi kasus di Desa Dewi, Bayan, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.Untuk Mendownload skripsi ini silakan klik link dibawah ini


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment