Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Thursday, June 8, 2017

Jasa Buat Skripsi: download Skripsi al-Ahwal al-Syakhshiyyah:Pengelolaan aset wakaf tunai pada lembaga keuangan Syariah: Studi pengelolaan wakaf tunai di Baitul Maal Hidayatullah Malang.


Abstract

INDONESIA:
Sebagaimana diketahui bahwa akhir-akhir ini telah muncul wacana baru dalam menggali potensi umat yang bisa didayagunakan untuk membangun solidaritas masyarakat melalui konsep wakaf tunai. Dalam Peraturan Pemerintah No. 42 tahun 2004, pengelolaan wakaf tunai ini lebih banyak diserahkan kepada Lembaga Keuangan Syari’ah ataupun Perbankan Syari’ah yang ditunjuk oleh Menteri. Aturan ini terdapat dalam Bab II mengenai dasar-dasar wakaf, pasal 28. Namun banyak yang beranggapan bahwa masih banyak lembaga lain yang mampu mengelola wakaf tunai tersebut dengan profesional serta mampu menjaga keamanan wakaf tunai tersebut sebagaimana yang dilakukan oleh Baitul Maal Hidayatullah Malang. Sehingga dalam penelitian skripsi ini timbul rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana strategi penghimpunan dana dan mekanisme ikrar wakaf tunai yang dilakukan oleh Baitul Maal Hidayatullah Malang?, Bagaimana sistem pendistribusian dana wakaf tunai yang diterima oleh Baitul Maal Hidayatullah Malang sehingga memberikan manfaat kepada umat?, dan Apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dialami oleh Baitul Maal Hidayatullah Malang dalam menerima dan mengelola wakaf tunai?
Dilihat dari jenisnya, penelitian ini termasuk penelitian studi kasus (Case Study) yang bertujuan mengetahui tentang strategi penghimpunan dana wakaf tunai, mekanisme pendistribusian dana wakaf, dan juga berbagai faktor yang menjadi penghambat serta pendukung dalam program wakaf tunai di Baitul Maal Hidayatullah Malang. Dalam penelitiannya menggunakan pendekatan deskriptif- kualitatif yang memfokuskan kajiannya pada pengelolaan aset wakaf tunai yang dimiliki oleh Baitul Maal Hidayatullah Malang. Sedangkan data diambil dengan menggunakan metode wawancara dengan pengurus BMH Malang, observasi dan dokumentasi di lingkungan BMH Malang, selanjutnya data diolah dan dipilah-pilah untuk kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif-kualitatif.


Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa BMH Malang telah melakukan beberapa langkah untuk menghimpun dana wakaf diantaranya melalui pendekatan keagamaan, dan pendekatan kesejahteraan sosial. Kemudian dana wakaf yang dihimpun oleh BMH Malang didistribusikan untuk pembebasan lahan pendidikan ar-Rohmah Putri. Adapun faktor pendukung yang ditemukan diantaranya; adanya SK menag kepada lembaha BMH Malang, adanya perintah agama, jaringan kantor, adanya kesadaran masyarakat terhadap agama. Sedangkan yang menjadi penghambatnya adalah kurangnya sosialisasi UU wakaf di masyarakat, terbatasnya paham tentang aset wakaf, lemahnya kepercayaan kaum muslim kepada lembaga keuangan Islam, serta belum adanya perda yang mengatur tentang wakaf ini.

Untuk Mendownload Skripsi "Skripsi Hukum Bisnis Syariah" :  Pengelolaan aset wakaf tunai pada lembaga keuangan Syariah: Studi pengelolaan wakaf tunai di Baitul Maal Hidayatullah Malang.Untuk Mendownload skripsi ini silakan klik link dibawah ini
Download



Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment