Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Sunday, April 9, 2017

Jasa Buat Skripsi: download Skripsi akutansi:Analisis sistem informasi akuntansi persediaan bahan baku tembakau: Studi Kasus Pada Pabrik PT. Ongkowidjojo Gadang Malang

Abstract

INDONESIA:
Sebagian besar perusahaan menerapkan berbagai teknologi persediaan bahan baku. Persediaan bahan baku mempunyai peranan penting bagi perusahaan, oleh karena itu pengelolaan bahan baku perlu mendapat perhatian yang besar bagi perusahaan karena merupakan unsur aktiva perusahaan yang memiliki nilai material, serta merupakan aktiva yang sensitif terhadap waktu, penurunan harga pasar, kerusakan, dan biaya yang disebabkan oleh kesalahan dalam penanganannya. Permasalahan yang sering dihadapi adalah persediaan barang di gudang yang tidak akurat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan mengevaluasi sistem informasi akuntansi atas pembelian, permintaan, pengeluaran, pengembalian bahan baku tembakau di PT. Ongkowidjojo.
Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif. Dimana peneliti malakukan penelitian langsung ke lapangan untuk memperoleh data dengan cara observasi dan wawancara yang kemudian dikombinasikan dengan literatur yang berhubungan dengan penelitian. Setelah data diperoleh kemudian diolah dan dapat diambil kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sistem pembelian, permintaan dan pengeluaran, pengembalian bahan baku dari gudang serta sistem perhitungan fisik sudah berjalan sesuai prosedurnya. Kesalahan yang terjadi adalah pada penghitungan fisik bahan baku berupa regrin yang ditimbulkan karena adanya Prosedur pembelian persediaan bahan baku yang dijalankan oleh perusahaan.
ENGLISH:
Most companies apply various technologies of raw material inventory. Inventories of raw materials have an important role for the company, therefore the management of raw materials needs to get great attention from the company because it is an element of the company's assets that have material value, and is sensitive to time, the decline of market prices, damages and expenses caused by errors in handling. Problems that often happen in the warehouse inventory is the inaccuracy of available goods. This study aims to determine and evaluate the application of accounting information system of the purchase, demand, expenses, and refund of raw tobacco in PT. Ongkowidjojo.
This study uses descriptive qualitative analysis. Where the researchers do directly into the field to collect data by observation and interviews, which were combined with literature related to the research. Once the data is acquired it is then processed and can be concluded.

The results indicate that the purchasing system, the request and expense, the return of raw materials from the warehouse as well as the physical count system have been run in the appropriate procedures. Errors that occur is the physical count of raw materials as a regrin caused by purchasing procedure of raw material inventory run by the company.

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Sebagian besar perusahaan menerapkan berbagai teknologi informasi untuk mendukung seluruh kegiatan di dalam perusahaan. Pada perusahaan manufaktur, masalah yang sering dihadapi adalah masalah kelancaran proses produksi berupa penanganan persediaan bahan baku yang tepat agar tidak terjadi kelebihan serta kekurangan bahan baku, perusahaan harus dapat mengelola persediaan yang dimiliki sebaik mungkin sesuai dengan kebijakan-kebijakan manajemen perusahaan. Untuk menjamin agar pengelolaan persediaan sesuai dengan kebijakan manajemen perusahaan, maka dibutuhkan suatu sistem yang mampu menjamin tercapainya tujuan perusahaan (Adelyna, 2011). Salah satu sistem tersebut adalah sistem informasi untuk mengolah persediaan bahan baku. Sistem informasi akuntansi persediaan bahan baku mutlak diperlukan bagi setiap perusahaan manufaktur guna mempermudah kegiatan proses produksi perusahaan tersebut. Proses produksi yang dilaksanakan oleh perusahaan akan berjalan dengan lancar apabila ditunjang oleh sistem informasi akuntansi yang dapat berperan penting bagi kelancaran proses produksi. Sistem informasi akuntansi yang dibutuhkan adalah sistem informasi akuntansi yang menyajikan informasi atas persediaan bahan baku (Sahli, 2013). 2 Persediaan bahan baku mempunyai peranan penting bagi perusahaan, oleh karena itu pengelolaan bahan baku perlu mendapat perhatian yang besar bagi perusahaan karena merupakan unsur aktiva perusahaan yang memiliki nilai material, serta merupakan aktiva yang sensitif terhadap waktu, penurunan harga pasar, kerusakan, dan biaya yang disebabkan oleh kesalahan dalam penanganannya.
 Semakin tinggi tingkat perputaran persediaan bahan baku atau semakin cepat perputaran persediaan bahan baku berarti makin pendek tingkat dana dalam persediaan sehingga dibutuhkan dana yang relatif kecil. Sebaliknya, semakin rendah tingkat perputaran atau semakin lambat perputarannya berarti semakin panjang terikatnya dana dalam persediaan. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap pemenuhan dana berasal dari luar perusahaan yang harus menanggung biaya bunga dan besarnya bunga akan ditentukan lama pendeknya pengembalian pinjaman (Gitosudarmo, 2008: 93).
Menurut Tamodia (2013), sistem informasi akuntansi persediaan mempunyai prosedur yang berhubungan langsung dengan kegiatan produksi perusahaan adalah prosedur penggunaan bahan baku yang diambil langsung dari gudang persediaan yang dimiliki perusahaan serta pengembalian bahan baku yang tersisa dari kegiatan produksi dan untuk pengendalian persediaan bahan baku akan dilakukan penghitungan fisik persediaan pada waktu yang ditentukan oleh perusahaan. Untuk mempermudah perusahaan dalam mencapai keuntungan optimal, maka kecepatan dan ketepatan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan seorang pimpinan merupakan hal 3 penting dan berpengaruh pada perkembangan usaha.
Sistem manual yang selama ini digunakan sudah tidak mampu mengimbangi perkembangan dunia usaha saat ini, sehingga pemanfaatan teknologi informasi sangatlah diperlukan dalam membantu pimpinan dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi. Permasalahan yang sering dihadapi adalah persediaan barang di gudang yang tidak akurat. Persediaan barang pembuat rokok sering kosong padahal pelanggan membutuhkan barang tersebut. Hal ini tentu sangat mengecewakan pelanggan dan mempengaruhi keuntungan perusahaan. Kekosongan persediaan barang menyebabkan perusahaan harus melakukan pemesanan barang secara mendadak kepada pemasok untuk memenuhi pesanan barang pelanggan. Sedangkan jarak pemasok yang berada di luar kota mengakibatkan waktu order sampai dengan barang tiba memerlukan waktu yang cukup lama. Hal ini tentu sangat merugikan karena pelanggan yang tidak dapat menunggu waktu kedatangan akan beralih ke perusahaan lain. Permasalahan lain yang sering dihadapi adalah terjadi penumpukan beberapa jenis barang di gudang dalam jangka waktu cukup lama, karena tidak ada pembelian dari pelanggan. Hal ini terjadi disebabkan tidak adanya perkiraan jumlah barang yang akan dibeli pelanggan sehingga jumlah pembelian barang dari pemasok sering keliru.
Permasalahan ini menyebabkan peningkatan biaya penyediaan gudang penyimpanan barang 4 yang lebih luas dan peningkatan biaya pemeliharaan barang agar tidak rusak. PT. Ongkowidjojo merupakan perusahaan manufaktur yang sudah cukup besar dan memiliki perkembangan yang sangat pesat. Perusahaan ini bergerak dalam bidang industri manufaktur rokok. Di mana bahan baku utamanya adalah tembakau. Fakta yang terjadi di lapangan menunjukkan bahwa pembelian barang dari pelanggan memiliki pola musiman dan trend. Sehingga memerlukan penanganan dan sistem yang bagus guna pengendalian bahan baku yang dimiliki sehingga kecil kemungkinan terjadi pemborosan dan penyalahgunaan penanganan. Hal tersebut mengindikasikan bahwasanya sistem informasi akuntansi persediaan bahan baku kurang berjalan dengan efektif sehingga mengakibatkan adanya perbedaan antara jumlah fisik persediaan dengan catatan yang tersedia ketika dilakukan perhitungan fisik. Meskipun pada akhirnya perbedaan jumlah yang ditemui mendapatkan titik terang atau penyelesaian, namun kegiatan yang dilakukan karyawan perusahaan untuk mencari selisih persediaan bahan baku yang ditemui merupakan kegiatan yang memerlukan banyak waktu dan tenaga.
Hal ini menjadikan waktu dan tenaga yang tersedia menjadi tidak efisien.  Berdasarkan latar belakang yang sudah penulis jabarkan di atas, untuk menganalisis sistem persediaan bahan baku yang sedang berjalan pada PT. Ongkowidjojo, maka penulis tertarik untuk mengambil judul “Analisis Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Bahan Baku Tembakau di PT. Ongkowidjojo Gadang Malang”.
1.2  Rumusan Masalah
 Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah yang penulis angkat pada penelitian ini meliputi :
1. Bagaimana penerapan sistem informasi akuntansi atas pembelian, permintaan, pengeluaran, pengembalian bahan baku tembakau di PT. Ongkowidjojo?
2. Bagaimana evaluasi penerapan sistem informasi akuntansi atas pembelian, permintaan, pengeluaran, pengembalian bahan baku tembakau di PT. Ongkowidjojo?

1.3 Tujuan Berdasarkan
 rumusan masalah yang telah disebutkan di atas, maka tujuan penelitian ini meliputi :
1. Untuk mengetahui penerapan sistem informasi akuntansi atas pembelian, permintaan, pengeluaran, pengembalian bahan baku tembakau di PT. Ongkowidjojo?
2. Untuk mengetahui evaluasi penerapan sistem informasi akuntansi atas pembelian, permintaan, pengeluaran, pengembalian bahan baku tembakau di PT. Ongkowidjojo?
 1.4 Manfaat Penelitian
 Hasil penelitian yang diperoleh, diharapkan berguna untuk hal-hal sebagai berikut:
1.      Bagi Instansi (Perusahaan)
 Sebagai alternatif dan sumbangan pemikiran bagi pihak perusahaan khususnya PT. Ongkowidjojo dalam menerapkan sistem informasi akuntansi sudah dapat diterapkan ke perusahaannya.
2.      Bagi Pembaca
 Sebagai bahan masukan untuk menambah karya tulis yang dapat dijadikan literatur dalam penelitian selanjutnya yang ada hubungannya dengan penelitian ini.
3.      Bagi Penulis

 (Peneliti) Sebagai wadah untuk mengaplikasi yang diperoleh selama perkuliahan dan sebagai hasil akhir dari penempuhan strata satu jurusan Akuntansi.
Untuk Mendownload Skripsi "Skripsi Akutansi : Analisis sistem informasi akuntansi persediaan bahan baku tembakau: Studi Kasus Pada Pabrik PT. Ongkowidjojo Gadang Malang. .Untuk Mendownload skripsi ini silakan klik link dibawah ini


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment