Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Friday, June 9, 2017

Jasa Buat Skripsi: download Skripsi al-Ahwal al-Syakhshiyyah,: Pengelolaan hibah tunai binatang ternak: Baitul Maal Hidayatullah Cabang Malang

Abstract

INDONESIA:
Umat Islam di Indonesia memiliki potensi ekonomi yang sangat besar. Sayangnya potensi tersebut belum banyak digali oleh umat Islam sendiri. Dana-dana umat baik berupa infaq, waqaf maupun hibah masih diorientasikan / diakadkan oleh pemberinya pada pendanaan dan instan. Dana-dana yang terkumpul bisa dikembangkan sehingga tidak hanya bisa membiayai program sosial namun juga bidang dakwah, pendidikan dan ekonomi, serta dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga orang lain. Baitul Maal Hidayatullah (BMH) yang merupakan salah satu yang bertempat di Desa Mulyo Agung Kecamatan Dau Kabupaten Malang, memiliki program hibah tunai binatang ternak. Lembaga ini bekerja sama dengan berbagai yayasan dan ta’mir masjid yang tersebar di daerah miskin dan rawan kristenisasi untuk memanfaatkan potensi tersebut.
Masalah yang dikaji dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana akad hibah tunai binatang ternak di Baitul Maal Hidayatullah?. 2) Bagaimana pengelolaan hibah tunai binatang ternak di Baitul Maal Hidayatullah?. Jenis Penelitian ini field research (penelitian lapangan), yang mana penelitian ini menitik beratkan pada hasil pengumpulan data dari informan yang telah ditentukan. Metode analisis data yaitu data yang terkumpul dalam penelitian ini di analisa dengan diberikan penilaian dengan metode deskriptif kualitatif, yang menggambarkan keadaan atau status fenomena dengan kata-kata atau kalimat. Kemudian dipisah-pisahkan menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada, bahwa Akad hibah tunai binatang ternak di BMH berupa pernyataan tertulis, dengan mengisi formulir yang sudah disediakan agar dana tersebut jelas akan dikemanakan uang tersebut. Dalam pegelolaan hibah tunai ini tahap pertama yang dilakukan BMH yaitu pengumpulan dana dengan mengadakan pengajian rutin serta pemasangan iklan atau baleho. BMH juga menerapkan sistem bagi hasil. Para penghibah tidak memberikan hewan ternak, melainkan memberikan sejumlah uang tunai, uang tersebut dibelikan hewan kemudian diberikan kepada penerima hibah. Uang yang diterima BMH dari sistem bagi hasil tidak digunakan untuk dana yang lain, melainkan dibelikan hewan yang harganya lebih mahal dari sebelumnya.

Peneliti menyimpulkan bahwa akad yang digunakan berupa tulisan Hal ini tidak bertentangan dengan hukum Islam yang berlaku karena didalamnya sudah terdapat syarat dan rukun hibah, serta ijab kabul yang sesuai dengan syara’. Adapun pengelolaan hibah tunai ini bisa dikatakan sebagai hibah produktif, karena hibah tersebut sebagai hibah yang bisa berkembang, menghasilkan dan bermanfaat untuk kemaslahatan umat. Akan tetapi penerima hibah belum bisa memahami betul jika hibah tersebut sebagai hibah yang bisa berkembang.

Untuk Mendownload Skripsi "Skripsi al-Ahwal al-Syakhshiyyah" : Pengelolaan hibah tunai binatang ternak: Baitul Maal Hidayatullah Cabang MalangUntuk Mendownload skripsi ini silakan klik link dibawah ini


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment