Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Friday, June 9, 2017

Jasa Buat Skripsi: download Skripsi al-Ahwal al-Syakhshiyyah :Aplikasi metode hisab 'urfi khomasi di Pesantren Mahfilud Duror Desa Suger Kidul Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember dalam menentukan awal dan akhir Ramadhan

Abstract

INDONESIA:
Dalam menentukan awal dan akhir Ramadhan dapat dilakukan dengan cara rukyat atau hisab. Hisab terbagi menjadi dua jenis, “hisab ‘urfi” dan “hisab haqîqî”. “Hisab ‘urfi” adalah perhitungan sederhana berdasarkan rata-rata peredalan bulan mengelilingi bumi, sedangkan hisab haqiqi” adalah perhitungan berdasarkan peredaran bulan dan bumi yang sebenarnya. Hisab haqîqî terbagi menjadi tiga jenis yakni “kontemporer, taqrîbî, tahqîqî”. Beraneka ragamnya metode penentuan awal dan akhir Ramadhan tersebut seringkali menghasilkan penetapan yang berbeda, sehingga membawa dampak diberbagai kehidupan sosial. Peran serta Pemerintah melaui Badan Hisab Rukyat (BHR) adalah untuk meminimalisir dampak perbedaan yang ditimbulkan dari penetapan awal dan akhir Ramadhan. Namun dalam realitasnya, upaya Pemerintah tersebut mendapat berbagai tantangan, salah satunya bermunculan golongan masyarakat yang menentukan sendiri jatuhnya awal dan akhir Ramadhan. Pesantren Mahfilud Duror Desa Suger Kidul Jelbuk Jember penetapannya menggunakan hisab ‘urfi “Khomasi”. Dari hasil penetapanya seringkali berbeda dengan ketetapan pemerintah. Oleh karena itu muncul hasrat peneliti untuk melakukan penelitian, sebagai upaya ilmiah menggali bagaimana metode hisab ‘urfi “Khomasi” dan bagaimana aplikasinya dalam menentukan awal dan akhir Ramadhan di Pesantren Mahfilud Duror Desa Suger Kidul Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk membantu penyusunan skripsi ini, data diambil melalui metode wawancara dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis editing, classifying, verifying, analyzing dan concluding. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode hisab ‘urfi “Khomasi” dan aplikasinya di Pesantren Mahfilud Duror Desa Suger Kidul Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember dalam menetapkan awal dan akhir Ramadhan.


Dari hasil penelitian ini, metode “Khomasi” merupakan peninggalan dari pendiri Pesantren Mahfilud Duror yang digunakan dalam menentukan waktu-waktu berkaitan dengan ibadah (Idul Adha, 1 Ramadhan dan 1 Syawal). Dari jenis metode tersebut tergolong hisab ‘urfi, para ahli falak sepakat hisab ‘urfi tidak dapat dipergunakan dalam menentukan waktu-waktu berkaitan dengan ibadah. Di antara aturan perhitungannya umur bulan Ramadhan berjumlah tetap 30 hari, Ramadhan tahun ini dihitung lima hari dari Ramadhan sebelumnya dan berpatokan kepada hari wukuf di Arab Saudi. Dari sistem aturan tersebut terdapat persamaan dan perbedaan dengan hisab ‘urfi pada umumnya (‘Urfi Umar dan Sultan Agungan). Aplikasi metode hisab ‘urfi “Khomasi” di Pesantren Mahfilud Duror dalam menentukan awal dan akhir Ramadhan tidak dipergunakan secara konsisten. Apabila dipergunakan secara utuh berdasarkan sistem aturanya (konsisten), maka tingkat keakuratannya semakin menurun seiring dengan bertambahnya tahun. Aspek kemudahan dari segi perhitungan sistem ini, sebaiknya hanya dipergunakan dalam memperkirakan dan tidak untuk menetapkan waktu-waktu berkaitan dengan ibadah.

Untuk Mendownload Skripsi "Skripsi al-Ahwal al-Syakhshiyyah" : SAplikasi metode hisab 'urfi khomasi di Pesantren Mahfilud Duror Desa Suger Kidul Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember dalam menentukan awal dan akhir RamadhanUntuk Mendownload skripsi ini silakan klik link dibawah ini


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment