Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Monday, March 13, 2017

Download Full Skripsi Akutansi: Pengaruh Anggaran Partisipatif Terhadap Kinerja Kepala Sekolah Dengan Budget Based Incentive Sebagai Variabel Intervening Di Tanjung Balai

BAB I
A. LATAR BELAKANG
Memasuki era globalisasi, kondisi persaingan antar sekolah akan semakin Berat dan ketat. Tantangan pendidikan yang semakin berat saat ini menuntut sekolah ntuk selalu melakukan pengendalian manajemen sebagai sarana untuk menetapka perencanaan, koordinasi, dan evaluasi jalannya kegiatan pendidikan agar lebih baik. Untuk melaksanakan tugas-tugas tersebut diperlukan kemampuan Kepala sekolah mengelola dan mengalokasikan Sumber Daya Manusia secara efektif dan efisien.

Sebagai usaha untuk menjamin agar penggunaan Sumber Daya Manusia sebaik mungkin, maka dibutuhkan Perencanaan yang cermat agar kegiatan Pendidikan dapat berjalan secara terpadu dan terarah untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Rencana tersebut dapat dituangkan dalam bentuk anggaran yang berisi rencana kerja tahunan dan taksiran nilai sumber daya yang diperluka n untuk pelaksanaan rencana kerja tersebut. Anggaran dapat digunakan sebagai pedoman dan alat bantu bagi manajemen dalam melaksanakan kegiatan operasi perusahaan.

Anthony dan Bedford (1991), mengemukakan bahwa anggaran adalah rencana manajemen, dengan anggapan bahwa penyusunan anggaran akan mengambil langkah-Langkah positif untuk merealisasikan rencana yang telah disusun. Anggaran menurut Munandar (1997), adalah suatu rencana yang disusun secara sistematis, meliputi seluruh kegiatan perusahaan, dinyatakan dalam satuan moneter dan berlaku untuk jangka waktu tertentu yang akan datang.


Peranan anggaran sangat besar bagi manajer pada waktu penyusunan program kerja, saat dilakukan implementasi program kerja dan pada saat penilaian realisasi kegiatan. Anggaran disusun oleh manajemen untuk jangka waktu satu tahun membawa perusahaan kekondisi tertentu yang diperhitungkan. Tanpa anggaran, dalam jangka waktu pendek perusahaan akan berjalan tanpa arah, dengan pengorbanan sumber daya yang tidak terkendali. Dengan adanya anggaran maka akan dapat diperbandingkan hasil-hasil sebenarnya dengan rencana yang telah ditetapkan, sehingga dapat diketahui efektifitas dari suatu kegiatan.

Dalam anggaran, program-program diterjemahkan sesuai dengan tanggung jawab tiap manajer dalam melaksanakan program atau bagian dari program tersebut. Penyusunan anggaran pada dasarnya merupakan proses penetapan tiap manajer dalam melaksanakan program atau bagian dari program, oleh karena itu dalam penyusunan anggaran, manajer pusat pertanggungjawaban mengadakan negosiasi dengan manajer di atasnya yang memberikan peran kepadanya, dengan demikian hasil negosiasi tersebut akan menimbulkan kesanggupan dari pihak manajer pusat pertanggungjawaban untuk melaksanakan rencana seperti yang tercantum dalam anggaran.

Anggaran sering digunakan untuk menilai kinerja sesungguhnya dari manajer. Pemberian bonus, insentif dan promosi biasanya dipengaruhi oleh kemampuan manajer tersebut dalam mencapai tujuan yang telah dianggarkan oleh karena status dan karir seorang manajer juga bisa dipengaruhi, maka anggaran dapat mempunyai pengaruh perilaku yang signifikan. Penilaian kinerja itu sendiri adalah penentuan secara periodik efektifitas operasional suatu organisasi, bagian organisasi dan keryawan berdasarkan sarana, standar, dan kualitas yang telah ditetapkan sebelumnya (Mulyadi, 1993).

Penyusunan anggaran secara partisipatif dalam arti melibatkan berbagai pihak yang mempunyai kompetensi, akan menciptakan motivasi dalam proses pencapaian tujuan. Peningkatan partisipasi dapat meningkatkan modal dan lebih lanjut meningkatkan produktifitas (Hop Wood, 1976 dalam Sugeng W, 1998).

Anggaran partisipasi merupakan pendekatan manajerial yang umumnya dinilai dapat meningktakan keefektifan organisasional melalui peningkatan manajerial (Supono dan Indriantoro, 1998). Partisipasi dalam penyusuan anggaran proses dimana para individu yang kinerjanya dievaluasi dan memperoleh penghargaan berdasarkan pencapaian target anggaran terlibat dan mempunyai pengaruh dalam penyususnan target anggaran (Brownell, 1982 dalam Supono dan Indriantoro, 1998).

Sekolah adalah lembaga yang bersifat kompleks dan unik. Bersifat kompleks karena sekolah sebagai organisasi didalamnya terdapat berbagai dimensi yang satu sama lain saling berkaitan dan saling menentukan. kepala sekolah yang berhasil apabila mereka memahami keberadaan sekolah sebagai organisasi yang kompleks dan unik, serta mampu melaksanakan peranan kepala sekolah sebagai seseorang yang diberi tanggu ng jawab untuk memimpin sekolah. 

Berdasarkan uraian di atas dan melihat pentingnya pengelolaan organisasi secara baik dalam penyususnan anggaran, maka penulis terdorong untuk memilih judul ”Pengaruh Anggaran Partisipatif Terhadap Kinerja Kepala Sekolah dengan Budget Based Incentive sebagai Variabel Intervening di Kotamadya Tanjung Balai”.

B. RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan pada latar belakang masalah yang ada, maka penulis memformulasikan rumusan masalah sebagai berikut :
1. Apakah terdapat pengaruh anggaran partisipatif terhadap budget-based incentives?
2. Apakah terdapat pengaruh anggaran partisipatif terhadap kinerja kepala sekolah dengan budget-based incentives sebagai variabel intervening?

C. TUJUAN PENELITIAN
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah :
1. Untuk mengetahui pengaruh anggaran partisipatif terhadap budget-based incentives.
2. Untuk mengetahui pengaruh anggaran partisipatif terhadap kinerja kepala sekolah dengan budget-based incentives sebagai variabel intervening.

D. MANFAAT PENELITIAN
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah :
1. Untuk mengetahui pengaruh anggaran partisipatif terhadap budget-based incentives.
2. Untuk mengetahui pengaruh anggaran partisipatif terhadap kinerja kepala sekolah dengan budget-based incentives sebagai variabel intervening

Untuk mendownload skripsi "Pengaruh Anggaran Partisipatif Terhadap Kinerja Kepala Sekolah Dengan Budget Based Incentive Sebagai Variabel Intervening Di Tanjung Balai" silahkan klik link dibawah ini:


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment