Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Monday, March 13, 2017

Download Full Skripsi Akutansi: Perencanaan Biaya Produksi Dalam Penentuan Harga Pokok Produksi Soft Drink Pada PT. Coca Cola Bottling Indonesia Medan

BAB I

A. Latar Belakang Masalah
Pada saat ini, peningkatan kemampuan untuk menghasilkan barang terlihat dari semakin banyaknya jumlah dan variasi dari barang yang diperjualbelikan dan dikonsumsi oleh masyarakat. Barang yang siap sipasarkan terlebih dahulu harus dihasilkan atau diproduksi. Dalam hal ini, perlu dikembangkan pemikiran pemikiran pengkajian untuk mendapatkan cara yang lebih baik guna menghasilkan keluaran secara optimal, sehingga dapat mencapai sasaran secaratepat waktu, tepat jumlah cepat dengan mutu dan biaya yang lebih efisien. Oleh karena itu, diperlukan cara yang sesuai untuk mengelola usaha yang menstransformasikan masukan menjadi keluaran. Peranan manajemen dibutuhkan dalam pelaksanaan produksi agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan untuk menghasilkan barang dalam jumlah yang ditetapkan, dengan kua litas yang ditentukan, dengan biaya yang direncanakan dan dalam waktu yang direncanakan dengan harga pokok produksi yang sesuai.

Harga pokok produksi merupakan harga pokok untuk menghasilkan suatu barang jadi. Harga pokok produksi memegang peranan penting di dalam perusahaan industri, seperti dalam menentukan harga jual. Harga pokok produksi melibatkan ketiga elemen biaya yaitu bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik. Biaya bahan baku merupakan salah satu biaya yang dikeluarkan perusahaan dalam kegiatan menghasilkan barang jadi. Biaya tenaga kerja langsung merupakan biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk tenaga kerja yang melakukan konversi bahan baku menjadi produk jadi. Biaya overhead merupakan biaya yang dikeluarkan perusahaan yang terdiri dari semua biaya manufaktur yang tidak ditelusuri seacara langsung, seperti biaya pemeliharaan mesin, biaya penyusutan mesin, biaya listrik dan lainnya. Biaya produksi tersebut perlu direncanakan dan dikendalikan perusahaan dengan baik agar diperoleh harga pokok produksi yang sesuai. Dalam usaha untuk mencapai tujuan perencanaan biaya produksi, maka perencanaan biaya produksi bertugas mengawasi bagian produksi dan bagian bagian lainnya di dalam perusahaan agar rencana produksi yang disusun benar-benar mencerminkan keadaan dan kemampuan perusahaan sehingga dapat ditentukan barang apa yang akan diproduksi, jumlah barang yang akan diproduksi, kapan produksi akan dimulai dan kapan selesai serta jumlah tenaga kerja, bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan dalam proses produksi tersebut.

PT. Coca Cola Bottling Indonesia Medan merupakan perusahaan industri yang memproduksi minuman ringan atau soft drink produksi perusahaan adalah Coca Cola, Fanta, Sprite,Fresh tea, dan perusahaan ini adalah penentu harga pokok produksi yang akurat. Kesalahan dalam penentu harga pokok produksi akan menyebabkan kerugian bagi perusahaan, seperti dalam penentuan harga jual. Elemen menentukan harga pokok produksi pada perusahaan adalah biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead. Perusahaan perlu melakukan perencanaan biaya produksi yang ditentukan dapat sesuai dengan proses produksi. Dari penelitian awal ditemukan bahwa perencanaan biaya produksi yang dilakukan tidak sesuai dengan realitas, sehingga perusahaan sulitmenentukan harga pokok produksi yang akurat untuk keperluan penentuan harga jual.

Berdasarkan uraian tersebut di atas, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian mengenai masalah ini pada PT. Coca Cola Bottling Indonesia Medan yang menuliskannya dalam sebuah skripsi yang berjudul “Perencanaan Biaya Produksi Dalam Penentuan Harga Pokok Produksi Soft Drink pada PT. Coca Cola Bottling Indonesia Medan.’’

B. Rumusan Masalah
Perumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah “Apakah PT. Coca Cola Bottling Indonesia Medan telah melakukan perencanaan biaya produksi yang baik dalam penentuan harga pokok produksi Minuman Rigan”.

C. Tujuan dan Manfaat Penelitian
a.Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perusahaan melakukan perencanaan biaya produksi dalam menentukan harga pokok produksi Soft Drink.
b. Manfaat penelitian
Manfaat dilakukan penelitian ini adalah :
1. Bagi penulis, yaitu untuk lebih memahami bagaimana perencanaan biaya produksi yang baik dalam menentukan harga pokok produksi yang akurat.
2. Bagi perusahaan, yaitu sebagai bahan masukan atas kekuranagan yang terdapat pada perencanaan biaya produksi dalam penentuan harga pokok produksi.
3. Bagi pendidikan, yakni sebagai bahan referensi bagi calon penelitian berikutnya yang berniat melakukan penelitian menyangkut masalah ini.

Untuk mendownload skripsi "Perencanaan Biaya Produksi Dalam Penentuan Harga Pokok Produksi Soft Drink Pada PT. Coca Cola Bottling Indonesia Medan" silahkan klik link dibawah ini:

Bab IV
Bab V
Daftar Pustaka
Lampiran


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment