Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Monday, March 13, 2017

Download Full Skripsi Akutansi: Analisis Perencanaan dan Pengawasan Aktiva Tetap pada PT. Deka Konsultan Medan

 BAB I

A. Latar Belakang Masalah
Persaingan yang begitu ketat diantara perusahaan-perusahaan membuat perusahaan tersebut harus beroperasi secara efisien dan efektif maka dibutuhkan suatu analisis perencanaan dan pengawasan yang baik dan benar.

Dalam menjalankan usahanya, hampir semua perusahaan selalu berhubungan dengan aktiva tetap, dan hampir setiap perusahaan selalu berhadapan dengan masalah pengelolaan aktiva tetap. Untuk perusahaan dagang pengelolaan aktiva tetap ini bukanlah masalah yang rumit, tetapi bagi perusahaan industri dan kontraktor pengadaan ini telah menjadi masalah yang rumit dan kompleks. Untuk ini dibutuhkan perencanaan dan pengawasan aktiva tetap.

Aktiva tetap ini dibutuhkan oleh setiap perusahaan baik di perusahaan dagang industri maupun perusahaan jasa. Tetapi pada kesempatan ini penulis menetapkan penelitian pada perusahaan jasa kontraktor yang memiliki aktiva tetap yang cukup banyak dan kompleks sehingga memerlukan perencanaan dan pengawasan yang cukup memadai. Alasan pemilihan judul ini karena perencanaan dan pengawasan aktiva tetap merupakan suatu rangkaian kegiatan yang sangat penting bagi perusahaan karena aktiva tetap berpengaruh pada efisiensi dan efektivitas perusahaan yang akhirnya mempengaruhi laba perusahaan dan penelitian ini dilakukan di PT. Deka Konsultan perusahaan jasa yang menerapkan perencanaan dan pengawasan aktiva tetap. Adapun kondi si yang ada di perusahaan tersebut dimana perusahaan menggunakan perencanaan dan pengawasan aktiva tetap sebagai pedoman investasi perusahaan dan penggunaannya kurang efektif dan efisien.

Aktiva tetap adalah salah satu elemen utama dari kekayaan perusahaan kontraktor yang berjumlah besar dan aktiva tetap ini akan selalu mengalami penyusutan dalam satu periode. Penentua n besarnya jumlah biaya penyusutan aktiva tetap ini merupa kan masalah penting didalam perusahaan, karena besar kecilnya investasi yang tertanam didalam aktiva tetap mempengaruhi efisiensi dan efektivitas perusahaan yang pada akhirnya akan mempengaruhi pada keuntungan perusahaan. Menurut Mulyadi (2002 hal. 179) Aktiva tetap adalah “ Kekayaan perusahaan yang memiliki wujud, mempunyai manfaat ekonomis lebih dari satu tahun, dan diperoleh perusahaan untuk melaksanakan kegiatan perusahaan, bukan untuk dijual kembali ”.

Bagi perusahaan jasa khususnya kontraktor pengelolaan aktiva tetap yang tidak tepat akan menghambat jalannya usaha perusahaan. Karena aktiva tetap merupakan elemen yang sangat penting bagi perusahaan tersebut untuk dapat menjalankan efektivitas bagi perusahaan. Untuk itulah dibutuhkan suatu perencanaan. Selain analisis perencanaan yang dibutuhkan, maka perusahaan juga harus melakukan pengawasan terhadap aktiva tetap yang dimilikinya, pengawasan pembelian dan penggunaan aktiva tetap sangat penting untuk mencegah pencurian aktiva tanpa adanya alasan yang jelas, sehingga kondisi perusahaan yang diharapkan untuk lebih meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam penggunaan aktiva tetap dapat memaksimalkan pendapatan laba yang ingin dicapai.

Mengingat pentingnya arti aktiva tetap pada perusahaan dan masalah-masalah yang ditimbulkannya, maka penulis tertarik untuk menulis dan menganalisa mengenai perencanaan dan pengawasan aktiva tetap untuk itu penulis mengambil judul penelitian sebagai berikut : “ANALISIS PERENCANAAN DAN PENGAWASAN AKTIVA TETAP PADA PT.DEKA KONSULTAN MEDAN”.
 
B. Rumusan Masalah
Dalam mengadakan suatu penelitian terhadap suatu objek yang akan diteliti, maka terlebih dahulu ditentukan masalah apa yang akan dibahas agar pembahasan tidak menyimpang dari yang telah digariskan. Secara umum tujuan suatu perusahaan adalah untuk menghasilkan laba, manajemen sebagai pengelola berkewajiban untuk menetapkan bagaimana tujuan itu dapat dicapai.

Adapun masalah yang dihadapi perusahaan adalah “Apakah perusahaan dalam melakukan perencanaan dan pengawasan sudah efisien dan sesuai dengan yang diharapkan perusahaan dalam perolehan dan pemakaian aktiva tetap”.

C. Tujuan Penelitian dan Manfaat Penelitian
1.Tujuan Penelitian
Adapun yang menjadi tujuan penelitian dan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran yang nyata kepa da penulis tentang perencanaan dan pengawasan aktiva tetap yang dilaksanakan di perusahaan dalam perolehan dan pemakaian aktiva tetap apakah telah efektif dan efisien sesuai dengan perencanaan dan pengawasan yang diterapkan oleh perusahaan.
2. Manfaat Penelitian
a. Bagi penulis, hasil penelitian ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan mengenai perencanaan dan pengawasan pada aktiva tetap.
b. Bagi perusahaan, dari hasil penelitian ini penulis mengaharapkan dapat memberikan masukan informasi berupa saran-saran dan solusi atas permasalahan yang ada pada perusahaan dalam penerapan perencanaan dan pengawasan pada aktiva tetap.
c. Sebagai rujukan bagi peneliti lain yang akan meneliti lebih lanjut mengenai perencanaan dan pengawasan aktiva tetap.
 
Untuk mendownload skripsi "Analisis Perencanaan dan Pengawasan Aktiva Tetap pada PT. Deka Konsultan Medan" silahkan klik link dibawah ini:
Bab IV
Bab V
Daftar Pustaka
Lampiran


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment