Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Wednesday, March 15, 2017

Download Skripsi Akutansi Sistem Pengawasan Intern Kas Pada Dinas Sosial Kota Langsa

BAB I PENDAHULUAN
A.      Alasan Pemilihan
Judul Lembaga atau instansi pemerintahan merupakan salah satu badan yang juga mengolah/memproses sistem keuangan baik penerimaan maupun pengeluaran kasnya menggunakan Sistem Akuntansi. Untuk mencapai tujuan tersebut pihak instansi pemerintahan menerapkan beberapa pengawasan yang salah satunya adalah pengawasan intern.
Pengawasan dapat diartikan sebagai alat untuk mengkoordinasikan aktivitas-aktivitas perusahaan agar sesuai dengan rencana semula. Salah satu cara untuk melaksanakan pengawasan adalah dengan menyusun sistem pengawasan intern yang memadai. Tujuan pengawasan intern adalah untuk mengamankan harta instansi perusahan dari berbagai bentuk penyelewengan yang dapat merugikan pemerintah, meningkatkan efisiensi dan mendorong pegawai mematuhi kebijakan yang ditetapkan pemerintah.
Kas merupakan aset perusahaan yang paling lancar (likuid) bila dibandingkan dengan aktiva lainnya. Hal ini karena hampir seluruh transaksi dalam perusahaan berhubungan dengan kas baik pada instansi pemerintahan maupun non-pemerintahan. Disamping itu kas merupakan aktiva yang paling sering dan mudah diselewengkan, sehingga banyak orang berusaha untuk menyelewengkan kas dengan berbagai cara baik usaha penyelewengan sendiri maupun bersama. Apabila pengawasan intern terhadap kas dalam perusahaan efektif maka segala penyelewengan dapat terungkap dengan mudah.
Berdasarkan uraian diatas, dapat dilihat betapa pentingnya suatu pengawasan intern kas dalam mendukung keberhasilan instansi pemerintahan dalam menjalankan aktivitasnya. Sebagai instansi pemerintahan yang bergerak di bidang sosial, instansi ini tentu memerlukan sistem pengawasan yang matang dan cermat khususnya pada kas guna mencegah terjadinya penyelewengan dan kesalahan yang dapat merugikan pemerintah. Hal ini mendorong penulis untuk meneliti sejauh mana pelaksanaan pengawasan intern kas yang dilaksanakan oleh instansi pemerintahan dengan judul “Sistem Pengawasan Intern Kas Pada Dinas Sosial Kota Langsa”.
B.      Perumusan Masalah
Di dalam ilmu akuntansi, keberadaan kas terbagi 2 (dua) bagian, yaitu kas yang ada di perusahaan dan kas yang disimpan di bank. Ruang lingkup dari kas tersebut sangat luas dan membutuhkan penjelasan secara khusus dan terperinci. Disini penulis tidak membahas apa itu kas dan ruang lingkupnya. Penulis akan membahas yang hanya berkaitan dengan sisitem pengawasan intern kas pada Dinas Sosial Kota Langsa, khususnya pada masalah-masalah berikut :
1. Bagaimana sistem pengawasan intern kas yang berlaku di instansi pemerintahan?
2. Apakah sistem pengawasan intern kas di instansi pemerintahan sesuai dengan standaar  akuntansi keuangan publik? Universitas Sumatera Utara
C. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan yang ingin dicapai penulis dalam mengadakan penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. untuk mengetahui bagaimana sistem pengawasan intern kas yang berlaku di instansi pemerintahan tempat dilakukannya penelitian,
2. mengetahui apakah sistem pangawasan intern kas yang dilakukan instansi pemerintahan tersebut sudah sesuai standar akuntansi keuangan publik.
D. Manfaat penelitian
1. untuk melihat perbandingan antara teori yang diuraikan dalam masa perkuliahan dengan    praktek yang terjadi dilapangan,
2. untuk menambah pengetahuan dan wawasan penulis mengenai pengawasan intern kas dalam Dinas Sosial,
3. sebagai bahan pertimbangan dan masukan bagi pengambilan keputusan demi meningkatkan kinerja Dinas Sosial sehingga Dinas Sosial dapat mencapai tujuan yang diinginkan,
4. sebagai bahan rujukan bagi peneliti selanjutnya dalam membahas permasalahan yang sama.
E. Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan merupakan suatu gambaran yang memudahkan penulisan, penyusunan dan perincian sehingga data-data yang relevan dengan Universitas Sumatera Utara judul skripsi minor ini dapat diperoleh dengan sebaik-baiknya. Penulis merinci sistematika penulisan tersebut sebagai berikut :

BAB I :           PENDAHULUAN
Dalam bab satu diuraikan secara singkat alasan pemilihan judul, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian dan sistematika pembahasan.
BAB II :          DINAS SOSIAL KOTA LANGSA
Bab dua membahas tentang profil perusahaan, fungsi pengawasan intern kas dan unsur-unsur pengwasan intern kas, tujuan pengwasan intern kas, prosedur penerimaan dan pengeluaran kas, serta pengawasan intern penerimaan dan pengeluaran kas.
BAB III :        ANALISA DAN EVALUASI
Bab tiga memaparkan analisa prosedur penerimaan kas, analisa prosedur pengeluaran kas, sistem pencatatan penerimaan kas, sistem pencatatan pengeluaran kas pada Dinas Sosial Kota Langsa.
BAB IV :        KESIMPULAN

Pada bab empat penulis menyimpulkan dan memberi saran atas penelitian yang dilakukan berdasarkan uraian sebelumnya yang mungkin berguna dalam meningkatkan sistem pengawasan inter kas pada Dinas Sosial Kota Langsa

Untuk Mendownload Skripsi "Sistem Pengawasan Intern Kas Pada Dinas Sosial Kota Langsa " Ini silakan klik link dibawah ini
Download





Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment