Referensi Skripsi Terbaru | Download Skripsi Gratis

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Friday, July 13, 2012

Skripsi Administrasi Pendidikan : Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Negeri Sipil Di Lingkungan Pusat Penelitian Dan Pengembangan Geologi Kelautan


Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Negeri Sipil Di Lingkungan Pusat Penelitian Dan Pengembangan Geologi Kelautan

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Negeri Sipil Di Lingkungan Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (PPPGL)”, terdiri dari dua variabel yaitu variabel Pendidikan dan Pelatihan (X) dan Produktivitas kerja (Y). Secara umum, penelitian ini bertujuan dari penelitian ialah untuk memperoleh data secara jelas dan aktual tentang bagaimana pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap Produktivitas kerja Pegawai Negeri Sipil Di Lingkungan Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (PPPGL). 


Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif serta didukung oleh studi kepustakaaan dengan alat pengumpul data berupa angket yang disebarkan kepada 68 pegawai negeri sipil di Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (PPPGL). Data yang terkumpul untuk variabel X berdistribusi tidak normal dan variabel Y berdistribusi normal. Dengan demikian, analisis yang digunakan dengan menggunakan statistik non-parametik, yaitu menggunakan Weighted Means Score (WMS), Analisis Korelasi Spearman Rank, Uji Signifikansi (Uji t), dan Uji Determinasi. 


 Berdasarkan hasil pengolahan data yang dihitung kecenderungan sebesar 0,88 dari variabel X. Angka tersebut menunjukkan bahwa Pendidikan dan Pelatihan yang dilakukan berada dalam kategori baik. Sedangkan untuk variabel Y diperoleh tingkat kecenderungan sebesar 0,85. Angka tersebut menunjukkan bahwa produktivitas kerja Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (PPPGL) dalam kategori sangat baik.



    Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan rumus korelasi Spearman Rank, determinasi dan uji t. Hasil uji koefisien korelasi (rs) variabel X dan Y adalah 0,487 dapat dikategorikan pada korelasi cukup kuat yaitu 0,401 – 0,599 berdasarkan kriteria koefisien korelasi dari Akdon dan Sahlan (2005:188). Hal ini memiliki arti bahwa pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap produktivitas kerja pegawai negeri sipil di lingkungan Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (PPPGL) cukup kuat. Hasil determinasi dapat diketahui pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap produktivitas kerja sebesar (23,71%) dan sisanya sebesar (76,29%) merupakan variabel-variabel lain yang turut mendukung produktivitas kerja di Lingkungan Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (PPPGL) yang tidak diteliti oleh penulis. Sedangkan untuk mencari signifikansi yaitu dengan uji t yang berdasarkan  perhitungan α = 0,05 dan n = 68, uji satu pihak; dk = n-2 = 68-2 = 66 sehingga diperoleh t tabel 1,671. Ternyata t hitung lebih besar dari t tabel  (t hitung > t tabel ) atau 4,5294 > 1,671 maka Ho ditolak, artinya Ada pengaruh yang signifikan dan positif antara pendidikan dan pelatihan terhadap produktivitas kerja pegawai negeri sipil di Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (PPPGL).



Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment