There was an error in this gadget

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Friday, July 20, 2012

Skripsi Teknik Elektro : Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor (Numbered Heads Together) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa


Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor (Numbered Heads Together) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa: 
Penelitian Pada Standar Kompetensi Menafsirkan Gambar Teknik Listrik Siswa Kelas X SMKN 4 Bandung
          Pada skripsi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor ini telah dilakukan suatu penelitian tentang perbandingan penerapan Model Pembelajaran Konvensional dan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) yang biasa disebut model kepala bernomor pada Standar Kompetensi Menafsirkan Gambar Teknik Listrik di SMKN 4 Bandung, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui model pembelajaran manakah yang dapat menghasilkan hasil belajar atau penguasaan siswa yang lebih baik diantara keduanya.

          Model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT adalah suatu tipe pembelajaran dengan berkelompok yang anggota kelompoknya diberi nomor. Menurut Anita Lie (2002), teknik dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT memberi kemudahan dalam pembagian tugas. Dalam tekniknya, siswa belajar melaksanakan tanggung jawab pribadinya dalam saling keterkaitan dengan rekan-rekan kelompoknya.

          Metode yang digunakan dalam penelitian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor ini adalah metode eksperimen semu. Penelitian dilakukan dengan memberikan dua perlakuan yang berbeda terhadap dua kelompok siswa. Kelompok eksperimen pertama mendapatkan pengajaran dengan menggunakan model Kooperatif Tipe NHT dan kelompok kedua mendapatkan pengajaran dengan model  Konvensional sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Microsoft Excel 2007 dan perhitungan manual.

          Hasil penelitian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar yang signifikan antara model pembelajaran konvensional (0,54) dan model Kooperatif Tipe NHT (0,63) dengan thitung = 3,180, sehingga diperoleh thitung > ttabel (95%)(54) (2,00).
          Berdasarkan hasil penelitian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT lebih baik dibandingkan dengan Model Pembelajaran Konvensional dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Daftar Isis_pte_0706939_table_of_content.pdf
Bab Is_pte_0706939_chapter1.pdf
Bab IIs_pte_0706939_chapter2.pdf
Bab IIIs_pte_0706939_chapter3.pdf
Bab IVs_pte_0706939_chapter4.pdf
Bab Vs_pte_0706939_chapter5.pdf
Daftar Pustakas_pte_0706939_bibliography.pdf


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment