Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Wednesday, September 11, 2013

Download Skripsi Gratis Matematika : Sistem Informasi Jurusan Matematika Berbasis Fuzzy Database Model Tahani


Allah melengkapi penciptaan manusia dengan akal tidak lain adalah supaya mereka mau berpikir. Dengan berpikir maka diharapkan manusia semakin menyadari bahwa ilmu Allah sangatlah luas, semakin manusia mengetahui ilmu Allah maka hendaknya manusia mengakui kelemahan dirinya dan semakin mendekatkan diri kepada penciptaNya.
Fuzzy database adalah salah satu sistem database yang terlebih dahulu ditentukan derajat keanggotaan dari masing-masing variabelnya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data mahasiswa Jurusan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Malang yang sudah lulus, dari angkatan 1997 sampai dengan angkatan 2001. Dengan adanya sistem database diharapkan akan semakin mudah mendapatkan informasi mahasiswa yang sesuai dengan variabel yang kita inginkan.
Penelitian ini dilakukan di Jurusan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Malang. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian diskriptif dengan pendekatan kualitatif, data yang digunakan adalah data sekunder dengan teknik pengumpulan data. Data yang digunakan adalah Indeks Prestasi Mahasiswa, Mata Studi, Masa Tunggu Kerja sebagai variabel fuzzy, sedangkan Nomor Induk Mahasiswa, Nama Mahasiswa, Tanggal Lulus sebagai variabel non fuzzynya.
Percobaan proses fuzzy database dengan model Tahani dapat dilakukan setelah data tersebut di atas telah terkumpul. Hasil penelitian ini merupakan pendeskripsian langkah-langkah dalam melakukan proses fuzzy database sampai pada hasil rekomendasi dari beberapa percobaan. Langkah-langkah dalam fuzzy database model Tahani adalah analisis kebutuhan sistem, menentukan input dan output data, menentukan fungsi keanggotaan dari himpunan fuzzy dengan mencari derajat keanggotaan dari masing-masing variabelnya, pembentukan query, dan diperoleh rekomendasi.
Hasil dari proses query tersebut dapat dihasilkan beberapa kondisi sesuai dengan variabel yang diinginkan. Sebagai salah satu hasil query yang berdasarkan variabel IPK cumlaude dan masa tunggu kerja cepat dan tanggal lulus dari 82 mahasiswa jurusan matematika adalah 3 mahasiswa terekomendasi yaitu: peringkat pertama: Ahmad Toyib, dengan IPK 3.57, masa tunggu kerja 1 bulan, dan tanggal lulus 12 Maret 2005, kedua: Niswatun Hasanah dengan IPK 3, 67, masa tunggu kerja 3 bulan, dan tanggal lulus 16 Oktober 2003, dan ketiga: Annisa Rahmawati, dengan IPK 3.40, masa tunggu kerja 2 bulan, dan tanggal lulus 26 Nopember 2005. Untuk hasil yang lebih kompleks maka disarankan variabel yang digunakan juga ditambah lebih banyak lagi. Disarankan menggunakan model fuzzy database yang lain untuk mendapatkan variasi prosedur dan hasil yang diinginkan.


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment