Referensi Skripsi Terbaru | Download Skripsi Gratis

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Friday, September 13, 2013

Download Skripsi Gratis Matematika : Aplikasi Metode Mamdani untuk Menentukan Waktu Tempuh Tercepat


Pemilihan rute perjalan dengan waktu tempuh tercepat merupakan permasalah yang sederhana dan mendasar untuk setiap melakukan perjalanan. Pada skripsi ini penulis memilih rute perjalanan dari Kampus Universitas Islam Negeri Malang menuju Alun-alun Kota Malang, karena berkenaan dengan setiap mahasiswa dan seringkali berkompetisi dengan sesama teman sehingga penulis ingin membahas secara teoritis. Hal tersebut akan menjadi sulit jika seseorang yang akan melakukan perjalanan tidak mengetahui kondisi jalan dan waktu serta biaya yang menjadi pertimbangan utama. Waktu tempuh tercepat dalam melakukan perjalanan dipengaruhi oleh tingkat kepadatan dan panjang rute.
Data tingkat kepadatan dan panjang ruas jalan dipilih yang telah tertera pada data dokumentasi Dinas Perhubungan Kota Malang. Sebenarnya masih terdapat banyak alternatif tetapi tidak dalam pembahasan ini karena tidak didukung oleh data pelengkap yang dibutuhkan.
Logika fuzzy merupakan hasil perluasan dari logika yang kemukakan oleh Zadeh pada tahun 1965 dengan memodifikasi teori himpunan yang mana setiap anggotanya memiliki derajat keanggotaan yang bernilai kontinu antara 0 sampai 1 dan logika sendiri adalah cabang matematika. Aplikasi logika fuzzy sudah mulai dirasakan di beberapa bidang, salah satu aplikasi terpentingnya adalah untuk membantu manusia dalam melakukan pengambilan keputusan. Metode Mamdani merupakan serangkaian langkah-langkah untuk mendapatkan output yang objektif yaitu dengan membentuk himpunan fuzzy, aplikasi fungsi implikasi, komposisi aturan dan deffuzzy.
Prediksi kondisi masing-masing rute dinyatakan dengan bentuk himpunan fuzzy yang merepresentasikan ketidakpastian kondisi suatu rute dan metode yang digunakan dalam menentukan waktu tercepat adalah metode Mamdani dengan alat bantu hitung software Matlab 6. Waktu tempuh yang dihasilkan pada masing-masing rute, akan dibandingkan dan dipilih rute yang memiliki waktu tempuh teminimal (terkecil).
Hasil penelitian ini yaitu rute yang memiliki waktu tempuh paling cepat terdapat pada rute 5 dengan melalui jalan Sumber Sari, Veteran, Bandung, Brigjen Slamet Riyadi, dan Jend. Basuki Rahmat. Sedangkan rute yang memiliki waktu tempuh paling lama adalah rute 41 dengan melalui jalan Gajayana, MT. Haryono, Sukarno Hatta, Panjaitan, Jakarta, Gede, Simp. Wilis, Wilis, Besar Ijen, Ijen, Kawi, dan A. Rahman Hakim.


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment