Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Thursday, April 6, 2017

Jasa Buat Skripsi: download Skripsi akutansi:Analisis sistem informasi akuntansi sumber daya manusia pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Dharma Kabupaten Pasuruan


Abstract

INDONESIA:
Penelitian ini merupakan studi kasus pada PDAM Tirta Dharma Kabupaten Pasuruan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis sistem informasi akuntansi sumber daya manusia pada PDAM Tirta Dharma Kabupaten Pasuruan sudah sesuai prinsip pengendalian intern yang baik. Serta menganalisis sistem penggajian yang ada pada PDAM Tirta Dharma Kabupaten Pasuruan yang kemungkinan adanya kelemahan-kelemahan terhadap pelaksanaan sistem penggajian, serta memberikan saran untuk membantu atas permasalahan yang ada.
Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan studi pustaka.
Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat mempermudah sistem informasi dalam mengelolah sumber daya manusia atas penggajian sehingga dapat meningkatkan kinerja pada PDAM Tirta Dharma Kabupaten Pasuruan. sistem informasi akuntansi penggajian yang telah dijalankan sudah efektif. Hal itu dapat dilihat dari fungsi-fungsi, struktur organisasi, dan dokumentasi sudah sesuai dengan teori yang telah didapat pada masa perkuliahan
ENGLISH:
This research is a case study on PDAM Tirta Dharma Pasuruan. The purpose of this study is to determine and analyze the accounting information system of human resources at PDAM Tirta Dharma, whether it has a internal control. In addition, it also analyzes the existing payroll system at PDAM Tirta Dharma Pasuruan which may have weaknesses, and proposes some advices to help the existing problems.
The study is a descriptive research. Data collection techniques consist of observation, interview and literature study.

The results of the study are expected to facilitate the information systems in managing the human resources payroll so that it can improve the performance of the PDAM Tirta Dharma Pasuruan. The implemented payroll accounting information system has been effective. It can be seen from the functions, organizational structure, and the documentation which are in accordance with the theories from the lectures.

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
 Menuju perdagangan bebas perkembangan perekonomian di Indonesia yang semakin meningkat serta perusahaan-perusahaan yang semakin besar, adanya persaingan antara para perusahaan baik perusahaan besar maupun perusahaan kecil dikarenakan meningkatnya mutu dan kualitas dari masingmasing perusahaan sehingga menimbulkan berbagai macam persoalan didalam mengelola dan mengembangkan perusahaan tersebut. Dalam meningkatkan dan mengembangkan kualitas tersebut perusahaan dapat menggunakan sistem manajemen yang baik yang dimana manajemen tersebut mampu memimpin perusahaan dan mengambil ahli serta mengambil tindakan yang paling tepat untuk mencapai tujuan yang lebih efesien, efektif dan ekonomis. Agar setiap perusahaan melaksanakan seluruh aktivitas usahanya lebih mudah dan cepat maka manajemen memerlukan suatu informasi yang sangat terjamin kualitasnya sehingga dapat mendukung tujuan yang telah direncanakan oleh perusahaan tersebut. Sehingga informasi yang dibutuhkan perusahaan dapat terpenuhi dengan cepat dan terjamin keabsahannya. Dimana informasi yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan dalam pengambilan keputusan sangat berhubungan dengan sistem informasi akuntansi yaitu data keuangan yang ada didalam perusahaan baik data yang didalam maupun yang diluar perusahaan selama hal tersebut berhubungan dengan perusahaan itu. Agar data tersebut dapat secara langsung digunakan oleh pihak manajemen yang bersangkutan maka data tersebut 2 haruslah bersifat akurat sehingga dapat digunakannya suatu sistem informasi akuntansi yang sangat dapat membantu perkembangan didalam pengambilan keputusan di suatu perusahaan. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) merupakan perusahaan yang dikelola oleh Pemerintah Daerah yang dalam pengoperasiannya sebagai badan pelayanan masyarakat. PDAM sebagai organisasi sektor publik berfokus untuk memenuhi kepuasan masyarakat melalui penyediaan barang dan pelayanan publik yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Mengingat air merupakan kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari, air memiliki peranan penting untuk mendukung kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. Tersedianya air yang memadai akan mendorong perkembangan sektor pembangunan di masyarakat.
 Program penyediaan air yang dilakukan oleh PDAM baik di daerah perkotaan maupun di pedesaan mempunyai tujuan untuk memberikan pelayanan pada masyarakat untuk mendapatkan air bersih yang sehat dan memadai untuk keperluan rumah tangga maupun industri. Sehingga menunjang perkembangan ekonomi dan derajat kesehatan penduduk. Akuntansi merupakan suatu sistem untuk menghasilkan informasi keuangan yang digunakan oleh para pemakainya dalam proses pengambilan keputusan bisnisnya. Tujuan informasi tersebut adalah memberikan petunjuk dalam memilih tindakan yang paling baik dalam mengalokasikan sumber daya yang langka pada aktivitas bisnis dan ekonomi. Dalam hubungannya dengan akuntansi, akuntansi sumber daya manusia muncul disebabkan kegagalan prinsipprinsip akuntansi dalam memberikan informasi yang relevan kepada pihak manajemen dan investor, dengan memperlakukan biaya-biaya sumber daya 3 manusia sebagai beban. Akuntansi sumber daya manusia mengacu pada definisi yang dikembangkan oleh Komite Asosiasi Akuntansi Amerika. Komite tersebut menggambarkan bahwa akuntansi sumber daya manusia merupakan proses pengidentifikasian dan pengukuran data mengenai sumber daya manusia serta pengkomunikasian informasi ini ke pihak-pihak yang berkepentingan. Perkembangan dunia usaha dewasa ini menunjukkan kemajuan yang sangat pesat, sehingga untuk dapat bersaing dan bertahan harus memanfaatkan faktor produksi yang tersedia seoptimal mungkin. Tenaga kerja atau karyawan merupakan salah satu faktor produksi dalam perusahaan. Semakin besar pertumbuhan suatu perusahaan, semakin banyak pula tenaga kerja yang diperlukan sehingga semakin rumit. Untuk menangani hal tersebut dalam suatu perusahaan terdapat bagian personalia yang bertugas khusus untuk menangani masalah-masalah karyawan dari pengangkatan karyawan, penetapan tarif gaji dan upah sampai penghentian karyawan dari pekerjaannya. Dalam perusahaan adanya tantangan di bidang administrasi atau manajemen, tentu akan aktif mencari cara untuk dapat meningkatkan aktivitas kerja mereka sehingga usaha dalam peningkatan prestasi kerja ini dilakukan antara lain melalui upaya meningkatkan kemampuan untuk membuat suatu keputusan yang lebih bermutu.
 Hal ini terbukti dikarenakan perencanaan didalam meningkatan mutu keputusan yang dibuat oleh manajer akan memudahkannya meyakinkan orang lain tentang pengambilan keputusan yang sistematis sehingga memberikan pengaruh positif terhadap kesejahteraan dari karyawan dalam melaksanakan aktivitas pekerjaan. Dalam pengambilan keputusan dapat memakan 4 waktu yang cukup panjang bagi para manajer meskipun dalam pelaksanaan (implementasi) dari keputusan kebijakan yang dibuat akan terlibat secara terus menerus dalam pembuatan suatu keputusan agar lebih efektif dan efisien. Sumber daya manusia merupakan salah satu sumber daya yang tidak dapat dilepaskan dari pengelolaan suatu bisnis. Keberadaan sumber daya ini merupakan suatu keharusan bagi setiap bisnis. Manusia dalam keberadaannya pada suatu bisnis memegang peranan yang sangat penting, baik dalam pelaksanaan maupun dalam pencapaian target dari bisnis itu sendiri. Seiring dengan perkembangan dunia usaha yang kian pesat, peranan Sumber Daya Manusia (SDM) dirasakan semakin penting bagi suatu organisasi. Kualitas sumber daya manusia organisasi sangat menentukan berhasil atau tidaknya pencapaian tujuan organisasi. Sumber daya manusia adalah sumber daya organisasi yang paling vital dan diakui sebagai aset yang paling berharga bagi badan usaha. SDM yang berkualitas yang berlandaskan semangat profesionalisme dalam menangani bisnis merupakan kunci sukses yang utama bagi suatu organisasi dan juga merupakan suatu nilai tersendiri bagi suatu organisasi. Banyak organisasi yang ada pada dasarnya berpendapat bahwa SDM merupakan bagian dari aset organisasi, karena SDM yang dimilikinya telah terbukti mampu meningkatkan kinerja organisasi tersebut. Selama ini telah banyak organisasi besar menyadari sepenuhnya peranan dominan sumber daya manusia sebagai salah satu faktor utama penunjang keberhasilan organisasi. Bagi suatu perusahaan secara keseluruhan sumber daya manusia merupakan kekayaan yang sangat berharga. Kehilangan atau kepindahan sumber 5 daya manusia yang profesional bagi suatu perusahaan merupakan suatu kerugian yang besar karena hal tersebut akan membuang biaya yang telah dikeluarkan oleh perusahaan untuk membina atau mendidik sumber daya manusia yang diperolehnya itu.
Kerugian lainnya adalah hilangnya kesempatan memanfaatkan sumber daya manusia tersebut untuk meningkatkan keuntungan yang bisa diperoleh perusahaan yang mungkin dapat juga mengancam kelangsungan hidup perusahaan yang belum mempunyai sistem perekrutan serta pendidikan sumber daya manusia yang baik. Pada beberapa dasawarsa terakhir, telah terjadi perkembangan pemikiran yang luar biasa dalam bidang manajemen sumberdaya manusia (SDM). Para pakar banyak yang menganjurkan, agar SDM suatu organisasi perusahaan tidak lagi dipandang sebagai faktor produksi yang bisa dieksploitasi sedemikian rupa sebagaimana mesin atau faktor produksi lain. Hal ini karena SDM mempunyai karakteristik yang berbeda dengan faktor produksi lain.
Karakteristik yang menjadikan SDM berbeda adalah karena SDM secara kodrati dilengkapi dengan perasaan dan harapan-harapan. Dengan perencanaan dan pengendalian sumber daya manusia akan membantu pihak manajemen untuk : 1. Mengembangkan, mengalokasikan, menghemat, memanfaatkan, dan mengevaluasi sumber daya manusia dengan baik dan apakah sudah sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai, 2. Memudahkan pengambilan keputusan yang berkaitan dengan sumber daya manusia.  Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka penelitian ini merupakan upaya untuk turut memberikan sumbangan pemikiran tentang sumber daya manusia dan bagi perkembangan akuntansi khususnya akuntansi sumber daya manusia dalam hal perlakuan dan pengukurannya. Atas dasar permasalahan tersebut, penulis mengambil judul ” Analisis Sistem Informasi Akuntansi Sumber Daya Manusia pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Dharma Kabupaten Pasuruan”.
1.2  Rumusan Masalah
 Penelitian Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan diatas maka permasalahan yang ingin dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan sistem informasi akuntansi sumber daya manusia pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Dharma Kabupaten Pasuruan?
1.3  Tujuan Penelitian
 Berdasarkan rumusan masalah yang telah ditemukan diatas, tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan sistem informasi akuntansi sumber daya manusia di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Pasuruan.
 1.4 Manfaat Penelitian
1. Bagi Peneliti
 Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan akuntansi sumber daya manusia serta pengalaman meneliti.
2. Bagi Perusahaan
 Penelitian ini diharapkan dapat memberikan salah satu masukan dalam pelaksanaan, untuk menganalisis sistem yang telah diterapkan demi kemajuan dan kelangsungan hidup pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Pasuruan.
3. Bagi Pihak Lain
 Penelitian ini diharapkan dapat memberikan salah satu referensi dan sumbangan pemikiran bagi penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan masalah ini.
1.4  Batasan Penelitian

Pada dasarnya agar permasalahan yang telah dirumuskan diatas tidak menyimpang terlalu jauh, maka penelitian ini hanya membatasi masalah tentang digunakannya Akuntansi Sumber Daya Manusia atau tidak di perusahaan, dan untuk menilai Sistem Informasi Akuntansi, maka permasalahan difokuskan pada lingkup fungsi, prosedur dan laporan yang dihasilkan oleh sistem informasi akuntansi sumber daya manusia perusahaan.
Untuk Mendownload Skripsi "Skripsi Akutansi : Analisis sistem informasi akuntansi sumber daya manusia pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Dharma Kabupaten PasuruanUntuk Mendownload skripsi ini silakan klik link dibawah ini


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment