Referensi Skripsi Terbaru | Download Skripsi Gratis

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Wednesday, July 18, 2012

Skripsi Paud : Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Kerja Kelompok Pada Mata Elajaran Ips Tentang Teknologi Produksi Komunikasi Dan Transportas


Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Kerja Kelompok Pada Mata Elajaran Ips Tentang Teknologi Produksi Komunikasi Dan Transportasi
Penelitian Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Kerja Kelompok ini dilatar belakangi berdasarkan pengamatan pembelajaran IPS selama ini dirasakan belum optimal, karena selama ini pembelajaran guru cenderung lebih sering menggunakan metode ceramah saja dengan alasan bahwa mata pelajaran IPS lebih banyak memuat konsep – konsep yang harus dipahami siswa. Sehingga pembelajaran yang berlangsung lebih menonjolkan tingkat hapalan, padahal berdasarkan hasil wawancara, peneliti menemukan bahwa siswa kelas IV SDN Kedongdong I menganggap pelajaran IPS cenderung membosankan karena hanya mendengarkan paparan materi dari guru dan trlalu banyak hapalan. Selain itu juga terlihat dari ulangan semester satu tahun ajaran 2011/2012 yang hanya sekitar 52% siswa kelas IV SDN Kedongdong I mendapat nilai di atas KKM yang telah ditentukan.
Metode penelitian Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Kerja Kelompok yang digunakan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas    ( PTK ) PTK dilaksanakan melalui empat tahap. Empat tahap itu adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi instrumen tes yang berupa tes tertulis dan instrumen non tes yang berupa lembar observasi dan wawancara. Data yang terkumpul dengan menggunakan instrumen tersebut diolah dan dianalisis. Teknik analisis yang digunakan ada yang bersifat kualitatif dan ada yang bersifat kuantitatif.
Analisis penelitian Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Kerja Kelompok kualitatif yang digunakan adalah triangulasi, sementara analisis kuantitatif menggunakan statistik sederhana. Peningkatan pada siklus III mengalami peningkatan yang sangat baik, hal ini terlihat adanya peningkatan nilai rata – rata siklus III lebih tinggi dari siklus I, siklus II, karena pada siklus III nilai rata – rata kerja kelompok memperoleh nilai sangat baik dan memuaskan. Pemahaman guru dan siswa dalam metode pembelajaran ini sangat mempengaruhi tingkat keberhasilan siswa dan guru, sehingga harus ada kesepahaman pada pelaksanaan pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Kerja Kelompok dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode kerja kelompok pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi, mengalami perbaikan yang di signifikan. Pada siklus I aktivitas guru mendapatkan kategori kurang. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan kategori cukup. Pada siklus III aktivitas guru di kategorikan sangat baik. Hasil penelitian ini diharapkan bisa memberikan pengaruh positif terhadap upaya meningkatkan hasil belajar khususnya pada mata pelajaran IPS dan pelajaran yang lainnya.

Kata kunci: teknologi produksi, komunikasi dan transportasi.

Daftar Isis_pgsd_0803151_table_of_content.pdf
Bab Is_pgsd_0803151_chapter1.pdf
Bab IIs_pgsd_0803151_chapter2.pdf
Bab IIIs_pgsd_0803151_chapter3.pdf
Bab IVs_pgsd_0803151_chapter4.pdf
Bab Vs_pgsd_0803151_chapter5.pdf
Daftar Pustakas_pgsd_0803151_bibliography.pdf


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment