Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Saturday, April 8, 2017

Jasa Buat Skripsi: download Skripsi akutansi:Evaluasi dan perancangan sistem informasi akuntansi keuangan pada pusat kajian zakat dan wakaf (eL-Zawa) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Abstract

INDONESIA:
Penelitian ini bertujuan mengevaluasi sistem informasi akuntansi yang diterapkan pada Pusat Kajian Zakat dan Wakaf (el-Zawa) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Pembahasan dilakukan dengan cara membadingkan antara teori yang dikemukakan para ahli dengan pelaksanaan yang ada di el-Zawa, serta memberikan rekomendasi perbaikan terhadap sistem informasi akuntansi yang ada di el-Zawa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, tujuannya adalah menggambarkan secara sistematis tentang fokus penelitian. Data diperoleh melalui observasi ke lokasi penelitian, wawancara, dan evaluasi terhadap dokumen yang terkait dengan sistem informasi akuntansi. Data diperoleh dalam bentuk profil singkat el-Zawa, struktur organisasi, Job Description, Standart Operational Procedure (SOP) el-Zawa, formulir-formulir yang terkait dokumentasi transaksi, laporan keuangan dan dokumen lainnya yang diperlukan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum sistem informasi akuntansi yang ada di el-Zawa ada, namun sistem tersebut belum terdokumentasi dengan baik, serta ada beberapa perbaikan yang harus dilakukan, diantaranya, penyesuaian struktur organisasi dengan uraian job description, pemisahaan tugas, wewenang dan tanggung jawab yang jelas, flowchart. Jurnal, penerapan kode rekening, kebijakan akuntansi, serta penyesuaian pencatatan transaksi dan penyajiannya dengan akuntansi zakat ED PSAK109 dan PSAK yang relevan lainnya.
ENGLISH:
Research aims to evaluate system of financial accounting information applied in Pusat Kajian Zakat dan Wakaf (el-Zawa) State Islamic University Maulana Malik Ibrahim Malang. The analysis is conducted by comparing between theory which is suggested by several professionals and the practices which is implemented in el-Zawa, as well as giving recommendation of reparation toward of financial accounting information system in el-Zawa State Islamic University Maulana Malik Ibrahim Malan
This study uses descriptive qualitative method, in order to describe about the focus of study systematically. The data is obatained by observing the location of research, interviewing, and evaluating toward the document which is related to system of financial accounting information. The data includes of el-Zawa’s profile, structure of organization, job description, Standard Operational Procedure (SOP) of el-Zawa, documentation of transaction, financial report and other relevant documents.

The result of this study shows that system of financial accounting information in el- Zawa has been operated in general. However, the documentation of the system is not not well. There are several Improvements that should be done, such us adjustment of organization structure and job description,segregation of duty, clear authority and responsibility, flowchart, standard journal, application of chart account, accounting authority, and adjustment of transaction recording and also the presentation comply with zakat accountancy ED PASAK109 and other relevant PSAK.



BAB I
PENDAHULUAN
1.1.  Latar Belakang
Zakat merupakan rukun Islam yang ketiga bukan hanya dimaknai sebagai kewajiban konseptual muslim semata, namun dalam hal ini zakat merupakan kewajiban dan tanggung jawab moral umat Islam dalam upaya menghapus ketimpangan sosial ekonomi yang terjadi. Dilihat dari sisi moral, zakat sendiri memiliki banyak hikmah baik terhadap si kaya, si miskin maupun masyarakat umum (Sulaiman,2012:217). Bagi kawula miskin dengan menerima zakat , zakat tersebut dapat menjadi pendapatan dan dapat digunakan untuk memenhi kebutuhan ekonomisnya, sedangkan bagi kawula kaya mengeluarkan sebagian hartanya untuk berzakat merupakan untuk menghindari dan menghilangkan sifat yang tercela yakni kikir dan sifat tercela lainnya, serta untuk mendidik untuk berperilaku murah hati. “ Ambillah zakat dari sebagian harta mereka dengan zakat itu untuk membersihkan dan menyucikan mereka” (AtTaubah:103). Sedangkan manfaat bagi masyarakat umum dengan adanya zakat yang disalurkan kepada golongan fakir miskin maka secara tidak langsung dapat mencegah adanya tindakan kriminalitas yang mungkin terjadi ,sehingga memungkinkan untuk meminimalisir dari kejahatan-kejahataan kriminal. Lembaga Amil Zakat merupakan organisasi nirlaba yang bergerak dalam mengelola dana umat. Secara umum dana yang dihimpun dalam Lembaga 2 Amil Zakat (LAZ) terdiri dari dana zakat, dana infak dan dana sedekah. Seperti halnya organisasi yang lain, LAZ juga memiliki pertanggungjawaban, salah satunya adalah menyampaikan informasi yang berkaitan dengan organisasi.
Persayaratan menjadi amil yang utama adalah memiliki kriteria sebagaimana sifat Rosulullah, yakni shidiq, amanah, tablighdan fathonah (Mahmudi, 2009:7). Implementasi untuk kriteria tersebut dapat berupa dalam banyak hal, yang salah satunya dalam menyampaikan informasi yang benar dengan cara yang tepat. Dalam hal ini salah satu informasi yang disampaikan oleh LAZ adalah informasi keuangan, yakni informasi penerimaaan, pendistribusian dan pendayagunaan dana zakat. Penyampaian informasi secara transparan merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban Lembaga Amil Zakat, salah satu contohnya adalah transaparansi dalam penyajian laporan keuangan.Dengan diberlakukannya PSAK 109, diharapkan lembaga Amil Zakat dapat menerapkannya didalam penyusunan laporan keuangannya, sehingga dapat menghasilkan laporan keuangan yang dapat diandalkan.Namun masih banyak LAZ yang masih kesulitan dalam menyusun laporan keuangan yang sesuai dengan PSAK 109. Kendala yang utama dalam penerapan PSAK 109 adalah apabila LAZ masih menggunakan sistem pencatatan yang manual, apa lagi jika perputaran keuangan dalam LAZ tersebut kompleks, maka pencatatan manual akan menyulitkan LAZ dalam menyusun laporan keuangan yang sesuai dengan PSAK 109. 3 Pusat Kajian Zakat dan Wakaf “el-Zawa” merupakan salah satu lembaga yang mengkhususkan diri untuk menangani penghimpunan, pendayagunaan, dan penyaluran dana Zakat, infak dan sedekah yang lahir ditengah lingkungan civitas akademika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Sejarah perkembangan el-Zawa UIN Maliki Malang bermula dari seminar dan Expo zakat Asia Tenggara oleh Fakultas Syari’ah UIN Maliki Malang bekerjasama dengan Institut Manajemen Zakat (IMZ) Jakarta dan Universitas Teknologi Mara Malaysia pada tanggal 22 November 2006 (el-Zawa, 2013). Sebagai LAZ yang tumbuh lingkungan civitas akademika, ruang lingkup Penghimpunan dana zakat, infak dan sedekah serta wakaf diperoleh dari zakat profesi dosen dan karyawan UIN Malang, sedangkan untuk penghimpunan dana Infak dan Sedekah dilakukan dengan berbagai penghimpunan, yakni seperti penghimpunan pada momen-momen besar kampus seperti wisuda, temu wali mahasiswa dan yang lainnya. Selain itu juga el-zawa memiliki kotak amal yang tersebar disudut-sudut kampus UIN Malang, dengan harapan warga UIN Malang dapat mengeluarkan sebagian dari hartanya untuk diinfakan kedalam kotak amal tersebut.Sedangkan untuk wakaf dapat berupa wakaf tunai yang diamanahkan kepada el-Zawa. Sejak resmi berdiri pada tahun 2007, el-Zawa dalam aktivitasnya telah banyak melakukan bentuk pendayagunaan dan penyaluran dana zakat, infak dan sedekah tersebut dalam berbagai bentuk. Penyaluran dana umat tersebut dilakukan dengan berbagai bentuk, bentuk penyaluran dana tersebut tidak hanya dalam bentuk yang konsumtif,tetapi juga dalam bentuk produktif pula. 4 Melihat kompleksitas aktivitas yang dilakukan el-Zawa tersebut maka diperlukan sistem informasi yang memadai agar informasi yang ada tersampaikan dengan baik kepada pihak-pihak yang bersangkutan. Informasi – informasi yang disampaikan haruslah informasi yang dapat mencerminkan keadaan dan aktivitas yang dilakukkannya. Penyajian informasi keuangan salah satunya harus transaparan dan informasi yang disampaikan merupakan informasi yang benar dan akuntabel.
Urgensi dalam penyampaian laporan yang memadai kepada pengguna informasi atau pihak-pihak yang berkaitan, hal ini perlu dilakukan oleh pihak pengelola el-Zawa.Pihak-pihak yang berkaitan dalam hal ini adalah para muzaki (dosen dan karyawan UIN Malang), donatur, dan seluruh civitas akademika UIN Malang, pihak-pihak tersebut berhak mendapatkan informasi yang tepat atas aktivitas yang dilakukan el-Zawa. Sejauh ini el-Zawa dalam penyusunan laporan keuangan masih menggunakan sistem pencatatan manual, sehingga dengan kompleksitas yang ada pencatatan secara manual dirasa kurang efisien serta sangat memungkinkan terjadi kesalahan atau kelalaian dalam mendokumentasikan transaksi yang terjadi.Dengan adanya permasalahan tersebut maka perlu adanya suatu sisitem informasi akuntansi keuangan yang dapat menghasilkan informasi keuangan yang diolah dari data kegiatan dan data penyaluran dengan sistem terkomputerisasi. Sehingga hal tersebut akan memudahkan bagi el-Zawa dalam menyajikan laporan keuangan yang sesuai dengan PSAK 109. Penelitian serupa yang telah dilakukan oleh bebepa peneliti sebelumnyapertama penelitian yang berjudul “Sistem Informasi UPZ (Unit 5 Pengumpul Zakat) Terintegrasi Berbasis Web. (Studi Kasus: BAZNAS Kota Tasikmalaya)” yang dilakukan oleh Ghufroni, Wisandani dan Sukmawati(2014) menyimpulkan bahwa berdasarakan penelitian yang telah dilakukan, telah berhasil dibuat sistem informasi BAZNAS Kota Tasiskmalaya dam sistem informasi ini telah mengimplementasikan teknologi web untuk mengintegrasikan setiap unit pengumpul zakat, sehingga informasi dari setiap YPZ bisa diakses oleh masyarakat dimana saja.
Kedua penelitian yang dilakukan oleh Kholil (2014) yang berjudul “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Pada LAZ Portal Infak Yogyakarta” menyimpulkan bahwa Untuk menganalisis sistem informasi akuntansi pada LAZ Portal Infak Yogyakarta dilakukan dengan menganalisis kebutuhan klebihan dan kekurangan sistem yang adam kemudian akan diketahui sistem infomasi keuangan apa yang sesuai untuk LAZ Portal Infak Yogyakarta. Ketiga Sedangkan Bahesti (2014) yang merupakan salah satu mahasiswa Universitas Jember dengan penelitian serupa yang berjudul “Penerapan Sistem Informasi AkuntansiBerdasarkan PSAK No.109 pada Lembaga Amil Zakat Infak dan Shadaqoh MuhammadiyahCabang Kabupaten Jember” menyimpulkan hasil penelitiannya permasalahan yang ditemukan pada LAZISMU melalui observasi langsung maupun wawancara telah berhasil dipecahkan dan terealisasi, yakni , LAZISMU dapat mengorganisir dan memutakhirkan data muzakki dan mustahiq, dan LAZISMU juga mampu membuat laporan keuangan yang sesuai dengan PSAK 109. Serta SIMAZIS telah diselaraskan dengan sistem akuntansi LAZISMU 6 Keempat, penelitian yang dilakukan oleh Ali dan Muhaemin (2010) dengan judul “Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Zakat Studi kasus: Lembaga Sosial Alhikmah Jakarta” menyimpulkan bahwa sebelumnya pelayanandan pengelolaan ZIS masih menggunakan publikasi melalui brosur dan pengelolaan simpan pinjam masih belum tertata menggunakan sistem informasi berbasis database. Sebagai upaya perbaikan peningkatan layanan kepada para muzakki dan memudahkan distribusi ZIS dalam pengelolaan simpan pinjam, dalam penelitan terebut bermaksud melakukan perancangan sistem informasi pengeloloaan Zakat agar tercipta efektifitas dan efisiensi pengelolaan ZIS dan simpan Pinjam, diharapkan dampaknya dapat meningkatkan kepercayaan para muzakki dan menghindari overlap sasaran penerima zakat.Kelima, penelitian yang dilakukan oleh Rosiyadi (2005)yang berjudul “Analisis dan Perancangan Sistem Komputerisasi Pengumpulan dan Penyerahan Zakat, Infak dan Shodaqoh pada BAZIS Kabupaten Tasikmalaya” menyimpulkan hasil penelitiannya bahwa Perubahan sistem pengolahan data pengumpulandan penyerahan zakat, infak dan shodaqoh darisistem manual ke dalam sistem komputer serta diterapkannya prosedur pengumpulan danpenyerahan zakat, infak dan shodaqoh yanglebih mudah.Selain itu juga terdapat Penggunaan kode transaksi yang berbeda darizakat Fitrah, zakat Maal, Infak dan Shodaqohsehingga memudahkan dalam penelusuran data-datanya. Dibentuknya Bagian EDP pada setiap KantorBAZIS DKM, Desa, Kecamatan dan Kabupaten.
Berdasarkan latar belakang yang telah disampaikan dan tingginya kebutuhan Sistem Informasi Akuntansi (SIA)di Pusat Kajian Zakat dan Wakaf “el-Zawa” UIN Malang maka penelitian yang berjudul “ Evaluasi dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Keuangan pada Pusat Kajian Zakat dan Wakaf “el-Zawa” UIN Maulana Malik Ibrahim Malang” ini bermaksud untuk merancangkan sistem informasi akuntansi keuangan dalam penyajian laporan keuangan yang sesuai dengan PSAK 109. Penelitian ini penting dilaksanakan karena akan membantu el-Zawa dalam mengelola transaksi agar lebih efektif dan efisien sehingga dapat menghasilkan laporan keuangan yang dapat diandalkan, karena sejauh ini pengelolaan transaksi di el-Zawa masih menggunakan sistem pencatatan manual.
1.2.  Rumusan Masalah
 Berdasarkan uraian di atas, maka pokok permasalahan dalam penelitian ini akan dirumuskan dalam bentuk pertanyaan yakni “Bagaimana perancangan sistem informasi akuntansi untuk efisiensi dan efektivitas dalam penyajian laporan keuangan pada Pusat Kajian Zakat dan Wakaf “el-Zawa”UIN Maulana Malik Ibrahim Malang? ”
1.3.Tujuan Penelitian
 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancangkan sistem informasi akuntansi keuangan pada Pusat Kajian Zakat dan Wakaf “el-Zawa” UIN Maulana Malik Ibrahim Malang untuk efisiensi dan efektivitas dalam penyajian laporan keuangan yang sesuai dengan PSAK 109. ‘
 1.4. Manfaat Penelitian
 1.4.1. Manfaat Praktis
 Manfaat praktis dari penelitian ini adalah untuk memudahkan bagi Pusat Kajian Zakat dan Wakaf “el-Zawa” UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dalam penyusunan laporan keuangan, sehingga dapat mengelola transaksinya secara efektif dan efisien dan dapat menyajikan laporan keuangan kepada para pengguna laporan keuangannya secara tepat dan dapat diandalkan.
 1.4.2. Manfaat Teoritis
Manfaat teoritis dari penelitian ini adalah untuk menambah wawasan tentang perancangan sistem infomasi akuntansi keuangan yang sesuai untuk Lembaga Amil Zakat (LAZ).Serta dapat juga menjadi referensi serta bahan diskusi untuk pengembangan keilmuan khususnya di bidang sistem informasi akuntansi.
Untuk Mendownload Skripsi "Skripsi Akutansi : Evaluasi dan perancangan sistem informasi akuntansi keuangan pada pusat kajian zakat dan wakaf (eL-Zawa) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. .Untuk Mendownload skripsi ini silakan klik link dibawah ini


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment