Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Wednesday, April 5, 2017

Jasa Buat Skripsi: download Skripsi akutansi:Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi sisa hasil usaha (SHU) pada koperasi: Studi kasus pada Koperasi Karyawan (Kokar) Sari Madu PG. Kebun Agung Malang tahun 2003-2014


Abstract

INDONESIA:
Mempertahankan kelangsungan hidup koperasi pasti akan ada masalah- masalah yang akan terjadi yang nantinya akan berpengaruh terhadap pertumbuhan koperasi itu sendiri. Seperti halnya kinerja keuangan dan persaingan usaha yang ada dalam koperasi, kedua Faktor tersebut dapat mempengaruhi pertumbuhan Sisa Hasil Usaha (SHU). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan dan persaingan yang ada pada Sisa Hasil Usaha (SHU) koperasi. Dari latar belakang itulah sehingga penelitian ini dilakukan dengan judul “Analisis Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Sisa Hasil Usaha (SHU) Pada Koperasi (Studi Kaus Pada Koperasi Karyawan (KOPKAR) Sari Madu PG. Kebun Agung Malang Tahun 2003-2013)”.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dimana tujuanya adalah untuk menggambarkan secara sistematis dengan angka-angka tentang fokus penelitian yang meliputi rasio likuiditas, solvabilitas, profitabilitas dan persaingan. Objek penelitian hanya satu koperasi. Data dikumpulkan dengan cara dokumentasi dan penyebaran kuesioner.
Dari hasil penelitian menunjukkan variabel likuiditas, solvabilitas, profitabilitas dan pesaing berpengaruh terhadap Sisa Hasil Usaha . Hal ini dapat dilihat hasil perolehan analisis data nilai sig. variabel likuiditas sebesar 0.006 < 0.05, solvabilitas sebesar 0.005 < 0.05, profitabilitas 0.010 < 0.05 dan pesaing sebesar 0.000 < 0.05. dapat ditarik kesimpulan bahwa likuiditas, solvabilitas, profitabilitas, dan pesaing berpengaruh terhadap Sisa Hasil Usaha (SHU) Pada Koperasi Karyawan (KOPKAR) Sari Madu Malang.
ENGLISH:
Maintain the viability of cooperatives is sure there will be problems that will occur that will affect the growth of the cooperative itself. As well as the financial performance and business rivalries that exist within the cooperative, both of these factors can affect the growth of the rest of the business results (SHU). The purpose of this research is to know the influence of the financial performance and the competition that exists in the rest of the business results (SHU) cooperative. From the background that's so that this research was conducted under the title "an analysis of the factors that Affect the rest of the business results (SHU) on Cooperatives (Study On Cooperative Employee Sweatshirt (KOPKAR) Sari Madu PG. Gardens Of the unfortunate 2003-2013)".
This research uses a quantitative approach in which tujuanya was to describe systematically with numbers of research focus include the ratio of solvency, liquidity, profitability and competition. The object of research is only one of the cooperative. Data were collected by means of documentation and dissemination of the questionnaire.

Results showed a variable of liquidity, solvency, profitability and influence on the rest of the competitors ' business results. It can be seen the results tally the value of GIS data analysis. liquidity variables of 0.006, solvency of 0.05 < 0,005 < 0.05, the profitability of 0.010 and competitors of 0.05 < 0000 < 0.05. can be drawn the conclusion that the liquidity, solvency, profitability, and influence on the rest of the competitors ' business results (SHU) on the Employee Cooperative (KOPKAR) Sari Madu Malang.

BAB 1
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
 Koperasi di Indonesia dari tahun ke tahun mengalami perkembangan yang sangat pesat. Pertumbuhan tersebut dilihat dari banyaknya masyarakat yang memakai jasa koperasi untuk memperoleh modal untuk mengembangkan usahanya. Koperasi telah banyak membantu pemerintah dalam hal penyaluran modal kepada masyarakat. Di sisi lain koperasi juga mempunyai peranan penting untuk membantu pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Koperasi juga merupakan suatu organisasi kerakyatan yang mempunyai ciri-ciri demokratis, kebersamaan dan kekeluargaan.
Pada dasarnya koperasi dikelola dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan para anggotanya dan masyarakat secara keseluruhan. Sekalipun koperasi tidak mengutamakan keuntungan, usaha-usaha yang dikelola oleh koperasi harus dipertahankan demi kelangsungan hidupnya dan meningkatkan kemampuan usahanya. Sebagai badan usaha, koperasi adalah sebuah perusahaan yang harus mampu berdiri sendiri menjalankan kegiatan usahanya untuk memperoleh laba. Hanya saja pengkoperasian Indonesia tidak mengenal istilah “laba” akan tetapi sisa hasil usaha (SHU). Berdasarkan UU No. 17 Tahun 2012 Selisih Hasil Usaha adalah surplus hasil usaha atau defisit hasil usaha yang diperoleh dari hasil usaha atau pendapatan koperasi dalam satu tahun buku setelah dikurangi dengan pengeluaran atas berbagai beban usaha. 2 Pada umunya sebuah koperasi akan dianggap berhasil dan semakin berhasil jika sisa hasil usaha yang dihasilkan jumlahnya besar dan meningkat setiap tahunya. Sehingga dapat memperkuat stuktur finansial pada koperasi itu sendiri. Untuk mewujudkan hal itu, seringkali koperasi menghadapi beberapa masalah dan kendala. Masalah dan kendala yang di hadapi dapat menyebabkan kinerja dari koperasi itu sendiri kurang berhasil atau gagalnya kegiatan usaha dari usaha tersebut.
Menurut Mulia (2012) Terdapat dua kelompok masalah yang pada umumnya terjadi pada koperasi yaitu faktor dari dalam organisasi dan luar organisasi. Pertama, dari dalam organisasi yaitu kinerja Koperasi. Kinerja adalah merujuk pada tingkat pencapaian atau prestasi dari perusahaan dalam periode waktu tertentu misalnya kinerja Keuangan (Rahayu, 2009:337). Masalah kinerja keuangan pada koperasi nantinya akan mempengaruhi besar kecilnya Sisa Hasil Usaha (SHU) yang diperoleh oleh koperasi. Kedua, masalah yang muncul dari segi persaingan usaha. Pertumbuhan koperasi yang sangat pesat membuat banyak persaingan antar koperasi. Kehadiran perusahaan lain dapat mengakibatkan persaingan menjadi ketat dan pada akhirnya akan berimbas kepada ketidakstabilan laba yang di peroleh perusahaan (Kartika, 2012:2). Berdasarkan pembahasan diatas peneliti memilih Koperasi Karyawan Sari Madu PG. Kebon Agung Malang yang bergerak dalam bidang ekonomi. Pemilihan objek Penelitian ini dilakukan karena Koperasi Karyawan Sari Madu PG. Kebon Agung Malang perkembangan usaha dalam bidangnya sangat bagus dan lokasi koperasi yang sangat strategis.
Dilihat dari Sisa Hasil Usaha (SHU) yang diperoleh pada Buku 3 Laporan Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang penulis peroleh Koperasi Karyawan Sari Madu PG. Kebon Agung Malang yang bertempat di kota Malang ini. Perkembangan Sisa Hasil Usaha (SHU) Koperasi Karyawan (KOPKAR) Sari Madu PG. Kebon Agung Malang tersebut mengalami peningkatan secara terus-menerus. Seperti halnya kenaikan SHU yang di alami oleh koperasi dari tahun 2011-2013 sebagai berikut: Tabel 1.1 Sisa Hasil Usaha (SHU) Koperasi Karyawan (KOPKAR) Sari Madu dari Tahun 2011-2013 No Tahun Total SHU KOPKAR 1 2011 Rp. 520.085.463,00 2 2012 Rp. 549.606.839,00 3 2013 Rp.562.653.945,00 Sumber: Laporan RAT KOPKAR Sari Madu Berdasarkan penelitian terdahulu yang meneliti tentang Pengaruh pertumbuhan modal koperasi dan kinerja koperasi terhadap perkembangan Sisa Hasil Usaha (SHU) Pada Koperasi Pegawai (Mulia:2012) dan penelitian (Nur:2010) dengan menggunakan variable Kinerja Koperasi dan variabel pesaing, kedua variabel tersebut berpengaruh terhadap pertumbuhan Sisa Hasil Usaha (SHU).
Dari penjelasan tersebut modal koperasi dan kinerja koperasi merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi sisa hasil usaha dan maka dari itu peneliti mengambil judul “Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Sisa Hasil Usaha (SHU) pada Koperasi Karyawan Sari Madu PG. Kebon Agung Malang”.
1.2  Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, sebagai rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Apakah analisis likuiditas, solvabilitas dan profitabilitas berpengaruh terhadap Sisa Hasil Usaha (SHU) pada Koperasi Karyawan Sari Madu PG. Kebon Agung Malang ?
2. Apakah pesaing berpengaruh terhadap Sisa Hasil Usaha (SHU) pada Koperasi Karyawan Sari Madu PG. Kebon Agung Malang?
 1.3 Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah diatas tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu:
 1. Mengetahui pengaruh Faktor-faktor yang terdiri dari likuiditas, solvabilitas, profitabilitas terhadap Sisa Hasil Usaha (SHU) pada Koperasi Karyawan Sari Madu PG. Kebon Agung Malang
2. Mengetahui pengaruh faktor pesaing terhadap Sisa Hasil Usaha (SHU) pada Koperasi Karyawan Sari Madu PG. Kebon Agung Malang.
1.4 Manfaat Penelitian
Manfaat ynag diharapkan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
 a. Bagi Koperasi
 1. Diharapkan dapat menjadi sumbangan pemikiran bagi pihak koperasi untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam menjalankan usaha Koperasi Karyawan Sari Madu PG. Kebon Agung Malang tersebut
2. Diharapkan dapat memperoleh masukan-masukan yang berguna untuk membantu memecahkan masalah yang timbul dalam menjalankan usahanya.
b. Bagi UIN Maulana Malik Ibrahim
1. Dapat memberikan tambahan pemikiran dan pengetahuan
2. Dapat dijadikan tambahan bacaan ilmiah kepustakaan dalam rangka meningkatkan ilmu pengetahuan serta bahan referensi untuk penelitian selanjutnya.
c. Bagi Akademik
1. Dapat digunakan sebagai referensi lebih lanjut tentang analisis lingkungan internal dan eksternal di Koperasi Karyawan yang dapat dijadikan perbandingan antara teori dengan realita yang ada.
d. Bagi peneliti
1. Sebagai bentuk aplikasi teori dengan kenyataan yang berkembang didalam masyarakat.
 2. Sebagai studi perbandingan antara teori yang ada dengan kenyataan yang berkembang dan sekaligus menambah pengalaman.

 1.5 Batasan Penelitian

Batasan masalah tersebut adalah objek penelitian Koperasi Karyawan Sari Madu PG. Kebon Agung Malang dengan menganalisis factor-faktor yang mempengaruhi perkembangan usaha yang dijalankan, dan terbatas dalam menganalisis laporan keuangan pada Koperasi Karyawan Sari Madu PG. Kebon Agung Malang tersebut. Dengan keterbatasan peneliti dalam berbagai hal baik yang berkaitan dengan waktu, tenaga, biaya, referensi, dan kemampuan agar diperoleh hasil yang optimal, maka penelitian ini hanya difokuskan terhadap satu obyek penelitian pada Koperasi Karyawan Sari Madu PG. Kebon Agung Malang.
Untuk Mendownload Skripsi "Skripsi Akutansi Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi sisa hasil usaha (SHU) pada koperasi: Studi kasus pada Koperasi Karyawan (Kokar) Sari Madu PG. Kebun Agung Malang tahun 2003-2014." silakan klik link dibawah ini


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment