Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Friday, July 13, 2012

Skripsi Administrasi Pendidikan : Kontribusi Penjaminan Mutu Akademik Terhadap Mutu Lulusan Jurusan Administrasi Pendidikan Fip Upi


Kontribusi Penjaminan Mutu Akademik Terhadap Mutu Lulusan Jurusan Administrasi Pendidikan Fip Upi

Penelitian ini berjudul “Kontribusi Penjaminan Mutu Akademik Terhadap Mutu Lulusan Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UPI ”. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah penjaminan mutu akademik dan mutu lulusan pada Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UPI dengan menggambarkan setiap variabel yang diteliti dan mencari seberapa besar kontribusi variabel X terhadap Y.

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mengetahui gambaran mengenai kontribusi penjaminan mutu akademik di Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UPI, (2) Mengetahui gambaran mengenai mutu lulusan di Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UPI, (3) Mengetahui seberapa besar kontribusi penjaminan mutu akademik terhadap mutu lulusan Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UPI.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan didukung oleh studi kepustakaan dengan alat pengumpul data menggunakan angket tertutup serta menggunakan angket dalam bentuk quisioner on-line dengan menggunakan lima skala (likert). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi SI Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UPI angkatan 2006 dan 2007 sebanyak 144 orang, sedangkan sampelnya adalah alumni/lulusan Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UPI angkatan 2006 dan 2007 yang berjumlah 59 alumni. 


Berdasarkan perhitungan WMS diperoleh skor rata-rata variabel X (penjaminan mutu akademik) sebesar 3.65 berada pada kategori baik. Sedangkan untuk variabel Y berada pada kategori cukup baik sebesar 3.42. Hubungan variabel X terhadap variabel Y pada Jurusan Administrasi pendidikan FIP UPI, memiliki hubungan yang positif dan cukup signifikan. Hal ini dapat dilihat dari analisis koefisien korelasi variabel X terhadap Y pada Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UPI , diperoleh nilai sebesar 0,541yang berada pada klasifikasi cukup kuat dan signifikan dengan koefisien determinasinya sebesar 29.27 % dan hasil analisis regresi adalah 7.48 + 0,85X.

Kesimpulan penelitian ini menyatakan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan antara penjaminan mutu akademik terhadap mutu lulusan Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UPI.

Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan rekomendasi (1),  Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UPI untuk menjamin proses dan mutu pembelajaran melalui monitoring dan evaluasi pembelajaran secara konsisten dan berkelanjutan sehingga pembelajaran berikutnya dapat berjalan lebih baik, (2) Peninjauan kurikulum dengan melibatkan stakeholder dari alumni, mahasiswa maupun pemakai lulusan sebagai feed back dalam meningkatkan mutu kurikulum secara berkelanjutan, (3) Meningkatkan akses/informasi seluas-luasnya dan meningkatkan kerja sama maupun kemitraan secara continue dengan pihak-pihak strategis pemakai lulusan (Dinas pendidikan kab/kota, provinsi dan nasional, lembaga swasta, sekolahan, lembaga diklat, yayasan, LSM dan sebagainya), (4) Bagi lulusan/alumni Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UPI untuk meningkatkan kapasitas diri (sofskill, entreupreneur, human relation dan sebagainya) agar lebih kreatif dan inovatif dalam mendapatkan pekerjaan maupun menciptakan lapangan pekerjaan baru.

aftar Isis_adp_0705057_table_of_content.pdf
Bab Is_adp_0705057_chapter1.pdf
Bab IIs_adp_0705057_chapter2.pdf
Bab IIIs_adp_0705057_chapter3.pdf
Bab IVs_adp_0705057_chapter4.pdf
Bab Vs_adp_0705057_chapter5.pdf
Daftar Pustakas_adp_0705057_bibliography.pdf



Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment