Referensi Skripsi Terbaru | Download Skripsi Gratis

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Sunday, July 22, 2012

Skripsi PAUD : Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Metode Bermain Peran


Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Metode Bermain Peran

Latar Belakang Penelitian Penggunaan Metode Bermain Peran
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang di temukan di TK Al-Fitroh Suruur yaitu keterampilan anak yang masih rendah. Hal ini ditunjukan dari masih banyaknya anak yang kurang rasa saling berbagi kepada teman, menghargai karya teman, kurang peduli terhadap teman, kurangnya sikap bersabar dalam menunggu giliran. Dari permasalahan tersebut dituangkan ke dalam rumusan masalah yaitu, 1) Bagaimana kondisi objektif sekolah TK Al- Fitroh Suruur?, 2)Bagaimana gambaran umum keterampilan sosial anak di kelompok B TK Al-Fitroh Suruur?, 3)Bagaimana langkah-langkah metode bermain peran di kelompok B untuk meningkatkan keterampilan sosial anak ?, 4) Bagaimana peningkatan keterampilan sosial anak setelah menggunakan metode bermain peran?.

Tujuan Penelitian Penggunaan Metode Bermain Peran
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu, untuk memperbaiki pembelajaran di TK dalam meningkatkan keterampilan sosial anak.

Metode Penelitian Penggunaan Metode Bermain Peran
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan berkolaborasi bersama guru kelas. Subjek penelitian ini adalah murid TK Al-Fitroh Suruur kelompok B yang berusia 5-6 tahun, dengan jumlah murid sebanyak 12 orang. Data yang terkumpul berupa data hasil wawancara, observasi, catatan lapangan dan studi dokumentasi.

Hasil Penelitian Penggunaan Metode Bermain Peran
Hasil penelitian menunjukan meningkatnya keterampilan sosial anak  seperti : anak memberi bantuan kepada teman yang kesulitan menyelesaikan tugasnya, berbagi makan ketika temannya tidak membawa makanan, memberi pinjam pensil warna dan pensil tulis, tidak mengganggu teman yang sedang belajar, mengucapkan selamat ketika teman mendapat penghargaan dari guru, memberi semangat pada teman yang belum menyelesaikan tugas, anak memperhatikan teman bicara saat bercerita, anak dapat mengajak teman merapihkan meja bersama. Penelitian ini memiliki beberapa rekomendasi sebagai tindak lanjut yaitu,  Rekomendasi bagi guru metode pembelajaran sangat beragam untuk di gunakan, akan tetapi kita sebagai guru harus dapat memilih metode yang cocok untuk digunakan guna mencapai tujuan yang kita inginkan. Rekomendasi bagi peneliti diharapkan peneliti dalam menemukan masalah-masalah dilapangan dapat menggunakan metode bermain peran guna memperbaiki suatu permasalahan dilapangan.

Daftar Isis_paud_0702449_table_of_content.pdf
Bab Is_paud_0702449_chapter1.pdf
Bab IIs_paud_0702449_chapter2.pdf
Bab IIIs_paud_0702449_chapter3.pdf
Bab IVs_paud_0702449_chapter4.pdf
Bab Vs_paud_0702449_chapter5.pdf
Daftar Pustakas_paud_0702449_bibliography.pdf




Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment