Referensi Skripsi Terbaru | Download Skripsi Gratis

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Sunday, July 22, 2012

Skripsi PAUD : Efektivitas Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Taman Kanak-Kanak


Efektivitas Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Taman Kanak-Kanak
Latar Belakang Penelitian Penggunaan Media Permainan Ular Tangga
Penelitian Penggunaan Media Permainan Ular Tangga ini dilatarbelakangi oleh observasi awal terhadap guru di Taman Kanak-kanak  Islam Siti Khadijah IV Kota Bandung, penggunaan media permainan ular tangga belum pernah digunakan dalam aktivitas pembelajaran khususnya dalam mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak. Metode yang digunakan untuk mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak di Taman Kanak-kanak tersebut hanya menggunakan metode konvensional berupa buku paket berhitung, majalah, lembar kerja, bernyanyi dan tanya jawab. Sehingga anak-anak kurang merespon dalam menerima yang disampaikan oleh guru.
Rumusan masalah dalam penelitian Penggunaan Media Permainan Ular Tangga ini adalah (1) bagaimana profil awal kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak Taman Kanak-kanak kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, (2) bagaimana profil akhir kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak Taman Kanak-kanak kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, (3) bagaimana efektivitas penggunaan media permainan ular tangga dalam mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak Taman Kanak-kanak pada kelompok B di TK Islam Siti Khadijah IV tahun ajaran 2011/2012.
Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian Penggunaan Media Permainan Ular Tangga ini adalah untuk mengetahui (1) profil awal kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak Taman Kanak-kanak di kelompok eksperimen dan kelompok, (2) profil akhir kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak Taman Kanak-kanak kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, (3) efektivitas penggunaan media permainan ular tangga dalam mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak Taman Kanak-kanak pada kelompok B di TK Islam Siti Khadijah IV tahun ajaran 2011/2012.
Metode Penelitian
Metode penelitian Penggunaan Media Permainan Ular Tangga yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Subjek penelitiannya, yaitu anak kelompok B1 sebanyak 11 anak dan kelompok B2 sebanyak 11 anak di TK Islam siti Khadijah IV Kota Bandung. Adapun data yang diperoleh merupakan hasil observasi, dokumentasi serta tes yang dilakukan kepada setiap subjek yang diberikan yang diberikan pada saat pre-test dan post-test dan diuji dengan menggunakan Uji-t dengan bantuan SPSS Versi 18.0.
Hasil Penelitian
Hasil penelitian Penggunaan Media Permainan Ular Tangga menunjukkan bahwa penggunaan media permainan ular tangga efektif mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak. Hal ini dibuktikan dengan skor kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok ekperimen peningkatannya lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Kesimpulannya adalah penggunaan media permainan ular tangga efektif dalam mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak Taman Kanak-kanak. Saran yang peneliti ajukan, hendaknya penelitian berikutnya dapat melakukan penelitian mengenai penggunaan media permainan ular
aftar Isis_paud_0803563_table_of_content.pdf
Bab Is_paud_0803563_chapter1.pdf
Bab IIs_paud_0803563_chapter2.pdf
Bab IIIs_paud_0803563_chapter3.pdf
Bab IVs_paud_0803563_chapter4.pdf
Bab Vs_paud_0803563_chapter5.pdf
Daftar Pustakas_paud_0803563_bibliography.pdf



Artikel Terkait:

1 comment:

Suwito Intarso said...

Sangat sangat terima kasih saya menemukan blog ini,saat ini sedang membantu istri membuat skripsi S1 PAUD, sekali lagi terima kasih. Blog ini sudah saya simpan.

Post a Comment