Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Friday, July 20, 2012

Skripsi Teknik Elektro : Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Standar Kompetensi Rangkaian Elektronika Analog


Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Standar Kompetensi Rangkaian Elektronika Analog
Penelitian Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan teknik penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada Standar Kompetensi Menerapkan Rangkaian Elektronika Analog di kelas XI EPU 2 SMK Negeri 12 Bandung pada semester ganjil Tahun Ajaran 2011/2012.
Metode penelitian Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas pada model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dilatar belakangi oleh hasil observasi awal yang menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran memiliki beberapa kendala seperti kurangnya keaktifan dan keterbukaan siswa dalam mengungkapkan gagasan serta permasalahan yang dihadapinya. Interaksi antara siswa dan guru kurang baik sehingga menyebabkan kekakuan dalam transfer ilmu pada saat kegiatan belajar mengajar dan kesulitan yang dialami siswa tidak diketahui.
Tujuan penelitian Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) ini adalah dapat mengidentifikasi proses kegiatan pembelajaran, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa, sehingga dari hasil identifikasi tersebut peneliti bersama guru dapat menyusun rencana pembelajaran yang sesuai dalam meningkatkan kegiatan pembelajaran. Data tentang keaktifan diperoleh dari lembar observasi aktivitas siswa, aktivitas siswa, aspekafektif, dan aspek psikomotorik.
Sedangkan hasil belajar berdasarkantes sub sumatif dan tes formatif yang diperoleh dari pre-test dan pos-testpada setiap siklusnya. Adapun hasil penelitian Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) setelah dilakukan tindakan, observasi dan refleksi diperoleh peningkatan aktivitas siswa pada setiap siklus selama kegiatan pembelajaran berlangsung dari siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 46,21%  dengan kategori ‘hampir setengahnya’ meningkat menjadi 64,38% pada siklus III dengan kategori ‘sebagian besar’.Pada aspek kongnitif, yaitu dengan melaksanakan tes formatif pada setiap siklus. Untuk siklus I terdapat peningkatan pada pelaksanaan pre-test dan post-test, peningkatan gain ketercapaian aspek kongnitif pada siklus I ini memiliki nilai 13, pada siklus II menjadi 63,71 dengan presentase kenaikan 50,71% dari siklus I, dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 68,55 dengan presentase kenaikan 4,84% dari siklus II.
Pada penguasaan siswa dalam tes sub sumatif memperoleh rata-rata 77,50. Hal ini bisa diklasifikasikan dalam keadaan yang sangat baik dan sudah berhasil. Persentase siswa yang memperoleh nilai tes ≥ 70 adalah 84,38 %, sisanya yaitu 15,62 % mendaptkan nilai < 70.Jadi berdasarkan hasil analisa data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning baik untuk aspek afektif, psikomotor, dan kognitif sehingga dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Kata kunci :Contextual Teaching and Learning,CTL, kontekstual, PTK, hasil belajar siswa.

Daftar Isis_te_0700135_table_of_content.pdf
Bab Is_te_0700135_chapter1.pdf
Bab IIs_te_0700135_chapter2.pdf
Bab IIIs_te_0700135_chapter3.pdf
Bab IVs_te_0700135_chapter4.pdf
Bab Vs_te_0700135_chapter5.pdf
Daftar Pustakas_te_0700135_bibliography.pdf



Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment