Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Friday, July 20, 2012

Skripsi Teknik Elektro : Pengembangan Media Open Couoseware Sebagai Penunjang Pembelajaran Sensor Dan Transouser


Pengembangan Media Open Couoseware Sebagai Penunjang Pembelajaran Sensor Dan Transouser
          Penelitian Pengembangan Media Open Couoseware ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran sensor dan transduser khususnya mengenai dasar-dasar sensor.
          Selain tujuan tersebut, penelitian Pengembangan Media Open Couoseware ini juga bertujuan mengembangkan media pembelajaran Open courseware berbasis blog dan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran ini terhadap siswa.
          Metode Penelitian Pengembangan Media Open Couoseware  yang digunakan merupakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan pendekatan berupa deskriptif dan evaluatif dengan tahapan sampai pada uji terbatas saja.
          Subyek penelitian Pengembangan Media Open Couoseware terdiri dari 30 orang siswa  Program Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Majalaya. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket, observasi, wawancara dan tes berupa pretest dan posttest. Pengolahan data dilakukan menghitung perolehan angket dengan deskriptif persentase dan menghitung data pretest posttest dengan uji gain dan uji rata-rata pihak kanan menggunakan software Microsoft Excel  dan perhitungan manual.
          Hasil penelitian Pengembangan Media Open Couoseware menunjukan bahwa (1) Hasil temuan yang diperoleh ternyata guru jarang menggunakan media dalam mata pelajaran sensor dan transduser. Hal ini bertolak belakang dengan karakteristik siswa yang lebih memahami materi jika menggunakan media pembelajaran. (2) Media pembelajaran yang dihasilkan merupakan media pembelajaran Open courseware berbasis blog dengan domain alamat .blogspot.com dan dikemas dalam alamat website sensor-transduser-smkn1.blogspot.com. (3) Media pembelajaran Open courseware berbasis blog ini mampu meningkatkan pemahaman siswa dalam kategori baik, hal ini berdasarkan hasil yang didapatkan bahwa siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 78,83 dan dengan hasil peningkatan (gain) mencapai rata-rata 0,50. (4) Oleh karenanya media pembelajaran Open courseware berbasis blog ini memiliki pengaruh signifikan karena penggunaannya efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, terbukti pada perhitungan uji proporsi pihak kanan bahwa Zhitung lebih besar dari pada Ztabel. Sehingga terjadi penolakan pada H0 dan peneriman H1 yang berarti bahwa siswa memiliki tingkat pemahaman yang tinggi dan media ini bersifat efektif.
Daftar Isis_te_0705751_table_of_content.pdf
Bab Is_te_0705751_chapter1.pdf
Bab IIs_te_0705751_chapter2.pdf
Bab IIIs_te_0705751_chapter3.pdf
Bab IVs_te_0705751_chapter4.pdf
Bab Vs_te_0705751_chapter5.pdf
Daftar Pustakas_te_0705751_bibliography.pdf



Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment