Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Friday, July 20, 2012

Skripsi Teknik Elektro : Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Blog Dalam Pembelajaran Audio Video


Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Blog Dalam Pembelajaran Audio Video
Penelitian Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning ini dilatar belakangi dengan kurangnya minat belajar siswa terhadap mata diklat MDDE di SMK Negeri 7 Baleendah dikarenakan pembelajaran yang dilakukan hanya menggunakan pembelajaran konvebsional.
Tujuan penelitian Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning ini untuk mengetahui efektifitas penggunaan media pembelajaran e-learning berbasis blog yang diperoleh dengan peningkatan gain hasil pretest dan posttest.
Metode penelitian Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning yang digunakan adalah metode Research and Development dengan mengambil sampel sebanyak 30 orang siswa kelas X jurusan Teknik Audio Video SMK Negeri 7 Baleendah. Sebelum media pembelajaran diaplikasikan kepada siswa, dilaksanakan uji kelayakan terlebih dahulu oleh beberapa ahli yang kompenten. Hasil uji kelayakan menunjukan rata-rata persentase 78,2 % dengan tingkat pencapaian kualifikasi baik sehingga media tidak perlu direvisi. Setelah melalui uji kelayakan, media diujicobakan secara terbatas kapada siswa kelas X SMK Negeri 7 Baleendah.
Hasil penelitian Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning menunjukan adanya efektifitas dalam pembelajaran MDDE menggunakan media pembelajaran e-learning berbasis blog ini menunjukan hasil positif berdasarkan angket siswa yang menunjukan tingkat ketercapaian media 90,7% dengan kualifikasi baik, dan hasil angket guru yang menunjukan tingkat ketercapaian 94 % dengan kualifikasi baik. Ditinjau dari hasil pretest-posttest dengan rata-rata gain 0,42, dan 80% siswa memperoleh skor peningkatan gain dalam kategori sedang.
Dari hasil penelitian Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran e-learning  berbasis blog mampu meningkatkan hasil belajar siswa yang terukur dengan peningkatan gain hasil pretest-posttest serta mampu meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata diklat MDDE berdasarkan hasil angket siswa dengan kualifikasi baik.

Kata Kunci :  Research and Development (R&D), Media Pembelajaran, E-Learning, Blog
Daftar Isis_te_0707068_table_of_content.pdf
Bab Is_te_0707068_chapter1.pdf
Bab IIs_te_0707068_chapter2.pdf
Bab IIIs_te_0707068_chapter3.pdf
Bab IVs_te_0707068_chapter4.pdf
Bab Vs_te_0707068_chapter5.pdf
Daftar Pustakas_te_0707068_bibliography.pdf



Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment