Referensi Skripsi Terbaru | Download Skripsi Gratis

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Sunday, July 22, 2012

gembangan Kebutuhan Taman Penitipan Anak ( TPA) Di Universitas Pendidikan Indonesia


Pengembangan Kebutuhan Taman Penitipan Anak ( TPA) Di Universitas Pendidikan Indonesia: 
Penelitian Survey di Kampus Bumi Siliwangi Universitas Pendidikan Indonesia
Latar Belakang Penelitian Pengembangan Kebutuhan Taman Penitipan Anak
Penelitian Pengembangan Kebutuhan Taman Penitipan Anak ini dilatarbelakangi oleh adanya kemunculan, pertumbuhan dan perkembangan yang pesat dari sebuah lembaga pendidikan untuk anak usia dini saat ini, yakni lembaga taman penitipan anak. Perkembangan di zaman era globalisasi dan modern yang membawa pengaruh cukup besar terhadap gaya dan pola hidup setiap individu yang ada. Dalam era globalisasi yang menuntut kemajuan, tidak hanya pria yang melakukan beragam aktifitas, namun para wanita pun kini turut terjun dan mengambil bagian dalam melakukan aktifitas-aktifitas yang kemudian menjadikan dirinya sibuk di luar rumah.
Data statistik menunjukkan bahwa ”pada tahun 2006 diperoleh angka jumlah ibu/istri yang bekerja mencapai 52,28%” (BPS, 2006). Hal ini yang kemudian mengakibatkan penurunan dan tidak terlaksananya salah satu ciri dari keberfungsian keluarga yakni pemberian perawatan dan pengasuhan terhadap anak didalam keluarga. Kondisi ini diperburuk ketika orangtua tidak menemukan sanak saudara ataupun pengasuh yang dapat membantu dirinya untuk melakukan perawatan dan pengasuhan terhadap anak-anak mereka sementara waktu ketika dirinya beraktifitas.Taman Penitipan Anak mungkin saja dapat menjadi bagian dalam hal perawatan dan pegasuhan sementara waktu ini. Namun taman penitipan anak yang seperti apa yang pada akhirnya akan dimanfaatkan orangtua untuk membantu menggantikan sementara waktu perannya tersebut, inilah yang kemudian menjadi dasar dalam penelitian ini untuk mengidentifikasi kebutuhan yang benar-benar diperlukan di sebuah taman penitipan anak. Universitas Pendidikan Indonesia Indonesia Bandung memiliki jumlah civitas akademika yang cukup besar (termasuk didalamnya yang menjadi orangtua dan memiliki beragam aktifitas) dan memiliki taman penitipan anak di lingkungan Universitas Pendidikan Indonesia. 

Metode Penelitian Pengembangan Kebutuhan Taman Penitipan Anak
Penelitian Pengembangan Kebutuhan Taman Penitipan Anak ini menggunakan metode penelitian survei. Dengan melakukan penyebaran angket kepada 15 pengguna Taman Penitipan Anak Taman Isola UPI dan 150 responden civitas akademika di Universitas Pendidikan Indonesia.
Hasil Penelitian Pengembangan Kebutuhan Taman Penitipan Anak
Hasil dari peneltian Pengembangan Kebutuhan Taman Penitipan Anak ini adalah pengidentifikasian kebutuhan taman penitipan anak dari segi program layanan, sistem administrasi, profil tenaga kerja, dan juga sarana dan prasarana yang harus dimiliki oleh sebuah taman penitipan anak. Selain itu hasil penelitian ini berupa informasi tentang profil taman penitipan anak dan pengembangan taman penitipan anak ”Taman Isola” yang terus mengalami peningkatan mutu dan kualitas dari setiap elemen kebutuhan taman penitipan anak tersebut.

Daftar Isis_paud_0701403_table_of_content.pdf
Bab Is_paud_0701403_chapter1.pdf
Bab IIs_paud_0701403_chapter2.pdf
Bab IIIs_paud_0701403_chapter3.pdf
Bab IVs_paud_0701403_chapter4.pdf
Bab Vs_paud_0701403_chapter5.pdf
Daftar Pustakas_paud_0701403_bibliography.pdf


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment