Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Tuesday, April 18, 2017

Jasa Buat Skripsi: download Skripsi Manajemen:Analisis insentif dalam meningkatkan produktivitas karyawan: Studi pada PT. Petrowidada, Gresik, Jawa Timur

Abstract

INDONESIA:
Program Insentif di PT Petrowidada bertujuan untuk meningkatkan produktivitas karyawannya, tetapi terjadi penyimpangan antara tujuan awal dan apa yang telah dicapai,banyak karyawan yang masih terlambat datang bekerja, hal ini dirasa cukup menjadi sesuatu yang perlu dibenahi karena presensi keterlambatan dapat menggangu penilaian produktivitas karyawan sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem dan pengelolaan insentif pada PT Petrowidada, salah satu anak perusahaan dari PT Petrokimia Gresik JawaTimur.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik dengan pengamatan langsung pada sistem yang sedang berjalan disertai wawancara dengan pelaksana yang terlibat dan para pekerja yang merasakan hasil program insentif yang dijalankan oleh perusahaan sendiri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif.
Hasil penelitian ini adalah insentif memang mempengaruhi produktifitas karyawan, dan alasan mengapa karyawan sering telat datang ke kantor dikarenakan alasan klasik.yaitu letak tempat tinggal yang jauh, kepentingan keluarga, dan macet. bukan karena kegagalan berjalannya program insentif .Saran yang dapat diberikan adalah memberi fasilitas transportasi pribadi bagi yang rumahnya jauh, dan juga sangsi yang lebih tegas agar tercipta kedisiplinan yang serasi.
ENGLISH:
Incentive program in PT. Petrowidada aims to improve employee productivity, however, there are deviations between the original goal and what has been achieved. Many employees still come late to work. It can be considered as a matter that needs to be fixed because late records may disrupt the employee productivity self evaluation. The purpose of this study is to know the incentives system and management in PT Petrowidada, a subsidiary of PT Petrokimia Gresik in East Java.
This study is an analytic descriptive study by a direct observation on a running system along with an interview with the involved executives and workers who experience the result of incentives program run by the company itself. This study uses a qualitative research method.

The result of this study shows that incentives indeed affect the employee productivity. The reasons of why employees come late to work are common reasons such as the distant location from work place, family's matter, and traffic jam. It is not caused by the failure of incentives program. As suggestions, the company should provide private transportation facilities for the employees who live far from the company and give a stricter sanction to create a balanced disciplinary

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
 Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan suatu perusahaan, begitu juga dengan karyawan yang merupakan salah satu pelaku dalam menentukan dari suatu perusahaan tersebut, dalam hal ini karyawan haruslah benar benar mempunyai kemampuan dan keahlian di bidangnya masing masing, kemampuan karyawan dalam menanggapi masalah perusahaan tersebut sangat penting, salah satunya sumberdaya manusia sebagai faktor yang penting dalam perusahaan, harusnya perusahaan memberikan suatu perhatian kepada karyawan, dengan demikian akan memberi semangat bagi kinerja seorang karyawan, keberhasilan perusahaan juga akan tercapai karena prestasi yang baik oleh kemampuan seorang karyawan dalam perusahaan itu, insentif penting juga bagi perusahaan karena mencerminkan upaya suatu perusahaan untuk mempertahankan sumberdaya manusianya, pemberian kompensasi baik berupa pengupahan dan balas jasa jika tidak dilaksanakan secara tepat maka perusahaan akan kehilangan para karyawannya. (Sairi Erfani. 2007;304) Insentif memiliki dua aspek kepentingan, yaitu untuk perusahaan dan untuk karyawan itu sendiri. Bagi perusahaan, insentif dilaksanakan dengan maksud untuk mempertahankan karyawan yang berprestasi dan memotivasi karyawan yang kurang berprestasi. Bagi karyawan, selain mendorong mereka untuk bekerja lebih giat, pemberian insentif dimaksudkan untuk meningkatkan 2 kesejahteraan karyawan. Apabila kesejahteraan karyawan tercukupi maka karyawan akan lebih baik dan diharapkan berpengaruh pula terhadap produktivitasnya. Berdasarkan uraian diatas, dapat dilihat bahwa insentif memiliki peran yang cukup vital dalam pengelolaan sumber daya manusia di perusahaan terutama menyangkut produktivitas karyawan. Sebab prestasi kerja merupakan hasil dari perilaku kerja dapat dimotivasi melalui system pemberian insentif yang adil bagi karyawan. Prestasi yang efektif dalam bekerja tidak muncul begitu saja, dia ada karena ada hubungan timbale balik karena begitu pentingnya maka bagi kebanyakan orang insentif mempunyai kekuatan mempengaruhi perilaku keanggotaan mereka dan produktivitas.
 Produktivitas yang tinggi menunjukkan kepuasan yang paling nyata dirasakan oleh seseorang yang mempunyai motif keberhasilan yang tinggi.Kepuasan biasanya terletak pada produktivitas yang tinggi, bukan pada imbalan yang diterima seperti dalam bentuk upah dan gaji.Selain itu, produktivitas karyawan yang tinggi berpengaruh positif terhadap kinerja organisasi secara keseluruhan. Menerima upah dan gaji merupakan alat yang memungkinkan memuaskan kebutuhannya dengan lebih baik, akan tetapi maknanya bukan sekadar alat pemuas kebutuhannya. Akan tetapi, sebagai umpan balik atas penilaian atasannya terhadap produktivitasnya. Apabila dikaitkan dengan organisasi, produktivitas sangat penting diperhatikan karena apabila produktivitas yang dicapai karyawan kurang mendapat perhatian, akan dapat berakibat pada hal-hal yang tidak diinginkan, 3 seperti hasil kerja yang tidak maksimal. Untuk itu, pimpinan perusahaan harus benar-benar memberikan perhatian terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas karyawan, salah satunya yaitu pemberian insentif bagi karyawan.( Skripsi Achmad Fahruddin Ichsan, 2009) PT. Petrowidada yang berlokasi di Gresik merupakan salah satu anak perusahaan PT. Petrokimia Gresik yang bergerak dibidang industry kimia dan merupakan satu satunya industri di Indonesia penghasil Phthalic Anhydride yang merupakan bahan kimia sebagai bahan baku bagi industry bahan plastic dan bahan pembuat cat. Pada PT Petrowidada, pemberian insentif dirasa sangat penting dalam mendukung kesejahteraan dan prestasi karyawan di perusahaan tersebut.Insentif adalah hal yang sangat intens yang dibutuhkan oleh para karyawan dalam perusahaan tersebut, karena dari situlah para karyawan merasa dihargai secara penuh dan merasa lebih diperhatikan. Pada PT. Petrowidada, pemberian insentif dilaksanakan sebagaimana umumnya perusahaan memberikan insentif pada para karyawannya, bentuk insentif itu juga bermacam-macam, seperti kompensasi cuti besar, penghargaan masa kerja yang dinilai dari seberapa lama karyawan mengapdi pada perusahaan “ biasanya berupa cincin penghargaan”, ada juga bermacam-macam bonus, tunjangan hariraya, uang lembur, uang makan, jaminan kesehatan dan juga hingga mencapai level promosi jabatan. Pemberian insentif ini, semata-mata untuk menunjukkan dan menghargai produktivitas dan pengabdian para karyawan, juga 4 untuk merangsang produktivitas mereka sehingga bisa bekerja sesuai yang diinginkan perusahaan. Walaupun pemberian insentif telah dilakukan, tetapi masih saja ada karyawan yang belum bisa memenuhi tuntutan perusahaan dalam meningkatkan produktivitasnya. Hal ini dirasa tidak sesuai dengan tujuan pemberian insentif dari perusahaan (Wawancara dengan bapak Haris, staf PGA PT. Petrowidada, 30 Oktober 2012) Melihat pengaruh yang sangat penting antara Pemberian Insentif dengan produktivitas karyawan, maka penulis tertarik mengambil judul “Analisis insentif dalam meningkatkan produktivitas karyawan (studi pada PT Petrowidada Gresik Jawa Timur”.


1.2 RumusanMasalah
1. Bagaimanakah sistem insentif yang dilakukan di PT. Petrowidada Gresik?
 2. Apakah pemberian insentif dapat meningkatkan produktivitas karyawan pada PT. Petrowidada Gresik.
1.3 TujuanPenelitian
 1. Untuk mengetahui bagaimanakah sistem insentif yang di jalankan di PT. Petrowidada Gresik
2. Untuk mengetahui apakah pemberian insentif dapat meningkatkan produktivitas karyawan pada PT. Petrowidada Gresik
 1.4 BatasanPeneltian
Adapun masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini hanya membahas teori tentang Insentif yang merupakan inti dari tercapainya suatu produktivitas yang maksimal baik pimpinan maupunbawahan. Selain teori tentang insentif, juga akan dibahas mengenai teori kinerja, dimana tingkat produktivitas pada seorang karyawan sebagai acuan penilaian dalam menentukan bahwa seorang karyawan itu dikatakan optimal dan produktif atau tidak. Pembahasan masalah di fokuskan dalam pengaturan insentif yang ideal dan efektif .baik itu insentif materiil dan non materiil bagi setiap karyawan.
 1.5 Manfaat Penelitian
 Penelitian yang dilakukan oleh penulis diharapkan dapat memberikan manfaat serta menambah wawasan dan pengetahuan, antara lain bagi :
 1. Bagi peneliti Penelitian ini diharapkan bias memeberikan penambahan ilmu pengetahuan bagi peneliti yang terkait tentang bagaimana hubungan antara Insentif dan produktivitas kerja dalam suatu organisasi, bagaimana proses pengolahan system insentif dalam sebuah organisasi, serta seberapa besar pengaruh pemberian insentif terhadap produktivitas karyawan. Dan juga untuk memenuhi tugas akhir perkulian program strata 1 yaitu berupa skripsi. Serta dapat menjadi pedoman pengetahuan untuk pengambilan keputusan dan wawasan dalam pengaplikasian dunia kerja.
 2. Bagi PT Petrowidada Semoga penelitian ini dapat dijadikan pertimbangan dalam penerapan pengelolaan pemberian insentif bagi karyawan. Dan juga dapat dijadikan bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan para karyawan.

3. Bagi pihak lain Penelitian ini dapat bermanfaat bagi pembaca, dapat menambah ilmu pengetahuaan pembaca dan dapat dijadikan bahan referensi dimasa yang akan datang bagi semua pihak yang membutuhkan wawasan lebih khususnya tentang insentif dan produktivitas.
Untuk Mendownload Skripsi "Skripsi Manajemen :Analisis insentif dalam meningkatkan produktivitas karyawan: Studi pada PT. Petrowidada, Gresik, Jawa TimurUntuk Mendownload skripsi ini silakan klik link dibawah ini


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment