Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Wednesday, April 12, 2017

Jasa Buat Skripsi: download Skripsi Manajemen:Analisis kelompok acuan terhadap keputusan pembelian: Studi pada konsumen sepeda motor Yamaha di Kota Malang

Abstract

INDONESIA:
Manusia selalu berusaha untuk bisa diterima dalam suatu kelompok, untuk bisa diterima manusia akan menyesuaikan diri dengan kelompoknya, sehingga produk yang akan dibeli cenderung mengikuti apa yang dibeli oleh anggota kelompoknya yang lain. Salah satu yang akan mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian adalah kelompok acuan. Kelompok acuan akan mempengaruhi seseorang melalui fungsinya sebagai pembawa ekspresi nilai, pengaruh normatif dan pengaruh informasi. Komunikasi pemasaran sebuah produk sering dijumpai menggunakan selebriti sebagai endoser yang berperan sebagai kelompok acuan bagi konsumen, bahkan perusahaan rela mengeluarkan biaya yang besar untuk mengontrak seorang selebriti menjadi endoser. hal ini menunjukan pentingnya kelompok acuan bagi strategi pemasaran suatu produk.
Tujuan penelitian adalah mengetahui dan mengakaji pengaruh kelompok acuan terhadap keputusan pembelian baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian eksplanatori (ekplanatory research), dengan pegambilan sampel menggunakan teknik Accidental sampling (berdasarkan kebetulan), jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 120 responden. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, data yang dikumpulkan merupakan data primer dan data skunder dengan teknik observasi, wawancara, dan angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok acuan (kelompok persahabatan, kelompok kerja dan selebriti) berpengaruh simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian sebesar 17,8% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti, dan kelompok persahabatan adalah variabel dominan dengan kontribusi 10,368%.
ENGLISH:
People have always tried to be accepted in a group, to be received humans will adjust to the group, so that the product purchased will tend to follow what was purchased by another group member. One that will affect cusumers in making purchasing decisions is the reference group. Reference group will affect a person's expression through its function as a carrier of values, normative influence and impact information. Marketing communication of a common product using celebrities as endoser which acts as the reference group for customers, even companies willing to pay expensive for a celebrity to be signed as a endorser. This shows the importance of the reference group for the marketing strategy of a product.
The objective of this research is to determine and assess the influence of the reference group toward the decision of purchasing either simultaneously or partially. This research uses explanatory research approach (ekplanatory research), with Accidental sampling technique (by coincidence), the number of samples in this study were a total of 120 respondents. The data analysis is using multiple linear regression analysis, the data collected are primary data with secondary data using observation techniques, interviews, and questionnaires.

The results showed that the reference group (friendship groups, work groups and celebrities) and partially on the simultaneous influence purchasing decisions by 17.8% while the rest is influence by other variables which is not examined, and the friendship group is predominant variable to contribute 10.368%.


BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
 Manusia adalah mahluk sosial dalam kehidupanya manusia cenderung hidup bersama orang lain secara tetap dan berkelanjutan. Semua orang dalam kehidupanya selalu merasa menjadi bagian dari suatu kelompok (Ristiyanti, 2005:147), maka dari itu di Indonesia sering dijumpai adanya kelompok-kelompok formal maupun non formal yang banyak dan bemacam-macam sebagai contoh adalah club motor, misalnya club Yamaha Jupiter, Yamaha Mio, Yamaha Vega dan lain sebagainya, yang mana dalam club tersebut beranggotakan orang-orang yang memiliki motor Yamaha terkait dan beberapa syarat lainnya, kelompok-kelompok tersebut merupakan kelompok informal. Manusia selalu berusaha untuk bisa diterima dalam suatu kelompok, untuk bisa diterima manusia harus menyesuaikan diri dengan kelompoknya, sehingga produk yang akan dibeli seseorang akan mengikuti apa yang dibeli oleh anggota kelompoknya yang lain. Salah satu yang akan mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian adalah kelompok acuan. Kelompok acuan akan mempengaruhi seseorang melalui fungsinya sebagai pembawa ekspresi nilai, pengaruh normatif dan pengaruh informasi (Sumarwan, 2002:257). 3 Konsumen dalam membuat keputusan pembelian cenderung membutuhkan banyak pertimbangan karena konsumen ingin mengambil keputusan yang tepat dalam pembelianya, terutama dalam hal pembelian sepeda motor yang membutuhkan uang relatif banyak. Dalam dunia pemasaran konsumen yang merasa kecewa dengan pembelian yang dilakukan sangatlah merugikan, karena konsumen yang kecewa akan melakukan beberapa tindakan: (1) diam dan kesal dan menyampaikan kekecewaanya kepada temannya, (2) berkirim surat ke tempat pembelian atau mendatangi toko untuk mengeluh dan minta ganti rugi, (3) berkirim surat dan mengeluh kepada surat kabar atau majalah, atau mengeluh kepada lembaga perlindungan konsumen (Sumarwan, 2002:245).
Menurut data yang dimiliki Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI) Yamaha merupakan merek motor yang memiliki market share mencapai 35,23 persen atau telah mendistibusikan 465.185 unit sepeda motor Yamaha di Indonesia di bulan januari dan februari tahun 2012, Meski hanya berada di posisi kedua market share nasional di bawah Honda, justru Yamaha yang mengalami peningkatan penjualan pada bulan Februari. Distribusi sepeda motor Yamaha mencapai 258.481 unit, naik dari 206.704 pada bulan Januari. hal tersebut tentu saja dipengaruhi oleh peran dari komunikator pemasaran. Komunikasi pemasaran sebuah produk sering dijumpai menggunakan selebriti sebagai endoser yang berperan sebagai kelompok acuan bagi konsumen, bahkan perusahaan rela mengeluarkan biaya yang besar untuk mengontrak seorang selebriti menjadi endoser. hal ini menunjukan pentingnya kelompok acuan bagi strategi 4 pemasaran suatu produk. Produk Yamaha juga menggunakan endoser dalam komunikasi pemasaran, yaitu Groub Band Slank untuk produk Yamaha Vega, Dedi Mizwar, Komeng Dedi Petet dan Jorge Lorenso untuk Yamaha Jupiter. Dalam mempromosikan suatu produk, selebriti bisa berfungsi untuk: (1) memberikan kesaksian, (2) memberikan dorongan dan penguat, (3) bertindak sebagai aktor dalam iklan, (4) bertindak sebagai juru bicara perusahaan (Sumarwan, 2002:252). Kelompok acuan berperan penting dalam strategi pemasaran produk-produk Yamaha, baik kelompok acuan yang berkaitan dengan konsumen ataupun kelompok acuan yang digunakan dalam komunikasi pemasaran. Sesuai dengan fungsinya kelompok acuan akan memberikan pengaruh kepada perilaku dan keputusan pempelian seorang konsumen.
1.2 Rumusan Masalah
 a. Apakah variabel-variabel kelompok acuan yang terdiri dari: kelompok persahabatan, kelompok kerja dan selebriti, secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha di kota Malang?
 b. Yang manakah di antara variabel-variabel kelompok acuan yang terdiri dari: kelompok persahabatan, kelompok kerja dan selebriti, variabel mana yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha di kota Malang?
 1.3 Tujuan Penelitian
 a. Untuk mengetahui dan mengkaji pengaruh antara kelompok persahabatan, kelompok kerja dan selebriti terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha di kota Malang baik secara simultan maupun secara parsial.
b. Untuk mengetahui yang manakah di antara variabel-variabel kelompok acuan yang terdiri dari: kelompok persahabatan, kelompok kerja dan selebriti, yang dominan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha di kota Malang.
1.4 Kegunaan Penelitian
1 Bagi Peneliti Menambah ilmu pengetahuan dalam rangka memperkaya wawasan ilmu manajemen pemasaran khususnya tentang kelompok acuan yang berhubungan dengan strategi pemasaran produk-produk Yamaha di kota malang. Dan juga untuk memenuhi tugas akhir perkulian program strata 1 yaitu berupa skripsi. Serta dapat menjadi pedoman pengetahuan untuk pengambilan keputusan dan wawasan dalam pengaplikasian dunia kerja.
 2 Bagi Akademik Penelitian ini dapat bermanfaat bagi pembaca, dapat menambah ilmu pengetahuaan pembaca dan dapat dijadikan bahan referensi dimasa yang akan datang.
1.5 Batasan Penelitian

 Ruang lingkup penelitian ini adalah terbatas pada kelompok acuan (kelompok persahabatan, kelompok kerja dan selebriti) dalam mempengaruhi keputusan pembelian. 

Untuk Mendownload Skripsi "Skripsi Manajemen :Analisis kelompok acuan terhadap keputusan pembelian: Studi pada konsumen sepeda motor Yamaha di Kota Malang."Untuk Mendownload skripsi ini silakan klik link dibawah ini


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment