Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Wednesday, April 12, 2017

Jasa Buat Skripsi: download Skripsi Manajemen:Penataan ulang office layout Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim Malang melalui metode activity relationship chart

Abstract

INDONESIA:
Penataan Ulang office layout diperlukan dalam mengatur ruangan yang ada di Fakultas Ekonomi Univesitas Islam Negri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang agar pekerjaan kantor dapat berjalan dengan tertib dan lancar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui office layout yang sesuai melalui metode Activity Relationship Chart di Faklultas Ekonomi Universitas Islam Negri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.
Dalam mendesain ulang office layout berdasarkan metode Activity Relationship Chart model analisis data yang digunakan adalah pertama, menentukan derajat hubungan antar ruangan mulai dari lantai 1 sampai lantai 3 yang digambarkan dalam peta hubungan aktivitas. Kedua, membuat Activity Relationship Diagram dengan cara mengisi work sheet atau lembaran kerja yang digunakan sebagai landasan untuk perencanaan tata letak. Ketiga, membuat Activity Template Block Diagram. Tahap terakhir, yaitu menyesuaikan tata letak yang akan dirancang dengan mempertimbangkan penjelasan tiap-tiap template tersebut.
Dari analisis data melalui metode Activity Relationship Chart menghasilkan office layout usulan dimana ruangan Pembantu Dekan I yang Semula berada di lantai 2 pindah ke lantai 1 menempati ruangan Pemabantu Dekan 2, dan ruangan Pembantu Dekan 2 pindah ke lantai 2 menempati ruangan Pembantu Dekan 1. Selanjutnya ruangan Jurusan Perbankan ditempati Pembantu Dekan 1, Ruangan Pembantu Dekan 1 ditempati sebagai ruangan Departemen Manajemen dan Ruangan Jurusan Manajemen ditempati sebagai Ruang Departemen Perbankan. Dan untuk lantai 3 tidak ada perubahan office layout.
ENGLISH:
Redesign of office layout is needed to manage the room of Economics’ Faculty of The State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang in order to the work office can be done smoothly. The purpose of this research is to know “Office Layout”that appropriates, with using Activity Relationship Chartmethod in Economics’ Faculty of The State Islamic university of Maulana Malik Ibrahim Malang.
In designing the office layout is based on Activity Relationship Chart method, the model of data analyze used are first is, to determine the degree of relationship between the rooms start from first floor until third floor that is depicted in the map activity relationships. Second it, create Activity Relationship Diagram by filling out a work sheet or work sheet which is used as the basis for planning the layout. Third it, make the Activity Template Block Diagram. The last stage, is adjust the layout that will be designed by considering the explanation of each template.

From the analyzing data that use Activity Relationship Chart can product the proposal of office layout where the room of Vice Dean I at the beginning in second floor moveing to first floor occupy in Vice Dean II room, and the room of Vice Dean II move to second floor occupy in Vice Dean I room. Afterward, the room of department banking is occupied by Vice Dean I, the room of Vice Dean I is occupied as room Management Department and the room of Management Department is occupied as the department banking room. And there isn’t change office layout of third floor.

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
 Dewasa ini, kedudukan dan peranan kantor berkembang dengan pesat dan sangat menentukan keberhasilan suatu organisasi dalam rangka mencapai tujuan. Perusahaan swasta ataupun pemerintah memandang penataan office layout sebagai suatu hal yang penting sehingga office layout merupakan salah satu hal yang paling penting dalam memasuki sebuah perusahaan, dan sudah menjadi kebiasaan manusia bila memperhatikan sesuatu terutama fisiknya. Kebiasaan ini juga belaku bila kita memperhatikan suatu kantor maka secara tidak langsung kantor tersebut dituntut menciptakan suasana yang baik, dan teratur, sehinga orang yang melihat mendapat kenyamanan pada penataan tata letak kantor tersebut. Kantor yang menyenangkan adalah tempat yang tidak membosankan, nyaman, bersih, indah dan teratur sehingga dapat mendukung peningkatan mutu kegiatan perkantoran dan tercapainya tujuan perkantoran. Pada dasarnya office layout berhubungan langsung dengan manajemen perkantoran.
Dengan demikian kantor merupakan tempat diselengarakanya aktifitas-aktifitas yang berkaitan dengan informasi untuk memperlancar kegiatan diberbagai unit dan merupakan proses untuk menanganai informasi mulai dari penerimaan, mengumpulkan, mengelola, menyimpan dan mendistribusikan (mengumpulkan) informasi (Sukoco; 2007). Dalam menata tata ruang kantor (office layout) harus memperhatikan berapa Jurusan yang ada dalam organisasi, fasilitas yang digunakan, berapa jumlah karyawan yang ada dalam setiap Jurusan,tipe tata letak yang digunakan, serta memperhatikan azas-azas penataan ruang kantor. Hal itu bertujuan agar dengan penataan dan penggunaan ruang kantor yang tepat dan baik dapat menciptakan suasana kantor yang nyaman dan teratur, sehingga memberikan kesan yang baik tentang organisasi yang bersangkutan kepada pihak luar yang mengujungi kantor tersebut. Fakultas Ekonomi merupakan salah satu Fakultas yang berada di Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim Malang. Kantor Fakultas Ekonomi memilki 3 lantai dimana masing-masing lantai memilki peran dan fungsi yang berbeda, untuk lantai 1 Fakultas Ekonomi difungsikan sebagai kegiatan akademik, lantai 2 di fungsikan sebagai ruang dosen dan umum sedangkan lantai 3 difungsikan sebagai ruang laboratorium (ruang IT).
 Pada Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim Malang office layout dibuat dengan konsep tata ruang tertutup (tata ruang berkamar) dan tata ruang terbuka atau dengan kata lain dengan konsep tata ruang gabungan. Penggunaan konsep tersebut dimaksudkan agar para staf dan mahasiswa Fakultas Ekonomi dapat lebih mudah dalam penggurusan akademik dan administratif. Akan tetapi berdasarkan survey awal yang dilakukan peneliti menunjukan bahwa penataan ruangan yang ada di fakultas ekonomi kurang nyaman dan kurang teratur, sehingga diperlukan penataan kembali. Berdasarkan uraian diatas peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian di Fakultas Ekonomi tentang penataan ruangan office layout yang dilakukan oleh Fakultas Ekonomi. Utuk itu peneliti tertarik untuk mengambil judul: “ Penataan Ulang Office Layout Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim Malang Melalui Metode Activity Relationship Chart”.
1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang diuraikan diatas, maka dapat dirumuskan masalah secara spesifik sebagai berikut:
1. Bagaimana penataan office layout yang selama ini digunakan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negri (UIN) Maulana Malik IbrahimMalang?
2. Bagaimana penataan office layout yang sesuai melalui metode Activity Relationship Chart di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negri (UIN) Maulana Malik IbrahimMalang?
1.3 Tujuan Penelitian
1. Untuk mengetahui penataan office layout yang digunakan di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negri (UIN) Maulana Malik IbrahimMalang.
 2. Untuk mengetahui office layout yang sesuai dengan metode Activity Relationship ChartdiFakultas Ekonomi Universitas Islam Negri (UIN) Maulana Malik IbrahimMalang. .
1.4 Kegunaan Penelitian
 Peneliti melakukan penelitian ini dengan harapan dapat memberikan manfaat bagi:
1. Peneliti Menambah pengetahuan dan wawasan peneliti dalam kejelasan penerapan ilmu, terutama ilmu-ilmu manajemen operasional, khususnya tentang penataan office layout dan kesesuaiannya saat diterapkan dalam sebuah organisasi. Selain itu juga untuk bahan perbandingan antara teori yang didapat selama masa perkuliahan dengan praktek nyata yang diterapkan dalam perusahaan.
2. Pihak Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang Penelitian ini diharapkan mampu membantu Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negri (UIN) Maulana Malik Ibrahim dalam menghadapi masalah-masalah yang ada terkait dengan office layout.

3. Pihak Lain Khususnya kalangan akademis, penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan perbandingan atau referensi guna melakukan penelitian yang lebih mendalam.
Untuk Mendownload Skripsi "Skripsi Manajemen :Penataan ulang office layout Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim Malang melalui metode activity relationship chart"Untuk Mendownload skripsi ini silakan klik link dibawah ini


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment