Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Monday, April 10, 2017

Jasa Buat Skripsi: download Skripsi akutansi:Pengaruh motivasi terhadap prestasi kerja karyawan bagian produksi pada PT. Pesona Remaja Malang.

Abstract

INDONESIA:
Penelitian ini mengangkat permasalahan motivasi karyawan bagian produksi pada PT. Pesona Remaja, dengan tujuan melakukan analisis pengaruh variabel-variabel kebutuhan fisik (X1), kebutuhan rasa aman (X2), kebutuhan sosial (X3), kebutuhan penghargaan (X4), kebutuhan aktualisasi diri (X5). Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh variabel-variabel independent terhadap variabel dependent tersebut, dan variabel manakah yang dominan. Motivasi didefinisikan sebagai keadaaan dalam pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiatan-kegiatan tertentu guna mencapai suatu tujuan. Agar seseorang terdorong untuk melakukan sesuatu, maka perlu diketahui kekurangan yang ada dalam diri individu berupa kebutuhan. Penelitian ini mengacu pada teori hirarki kebutuhan Maslow dan teori Rao.
Studi ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksplanasi yaitu dengan menjelaskan adakah pengaruh motivasi terhadap prestasi kerja karyawan bagian produksi, dengan menetapkan populasi pada karyawan bagian produksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui: (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Kuesioner. Adapun instrument penelitian ini menggunakan kuesioner dengan memberikan skala likert 1 sampai 5. Dengan alat analisis melalui uji validitas, uji reliabilitas, regresi berganda, uji determinasi, uji F dan uji t.
Berdasarkan alat analisis diatas diperoleh bahwa motivasi berpengaruh secara simultan terhadapap prestasi kerja sebesar 0,92, dengan koefisien determinan (R2) melalui prosentase sebesar 91,8. Secara parsial dengan level of signifikan 1% semua variabel motivasi mempengaruhi secara signifikan terhadap prestasi kerja karyawan bagian produksi. Maka dalam penelitian ini variable yang paling dominant berpengaruh terhadap prestasi kerja adalah kebutuhan rasa aman (X2), sebab dalam hal ini dari variable kebutuhan rasa aman (X2) memiliki nilai beta terbesar dengan nilai sebesar 0,431.
ENGLISH:
This research discuses about motivation of production staff in PT. Pesona Remaja the objective of this research is to analyze the influence of physic need variables (X1), safety need (X2), social need (X3), appreciation need (X4), self actualizing need (X5). The aim of this research is to analyz the influence of independent variables on dependent variables, and which variable plays dominant. The motivation is defined as the personal condition of someone backing up the individual willing to do particular activities for reaching a purpose. In order someone being able to be motivated to do something, it need to know the weakness inside the individual that is need. This research refers to hierarchy need theory of Maslow and Rao.
This study uses quantitative research by explanation method it explain whether there is motivation effect toward the work achievement of production staff, by deciding the population of production staff. Collecting data technique is done through: (1) Observation, (2) Interview, (3) Questionnaire. Then the instrument of this research uses questioner by giving likert scale 1 to 5, with the analysis instrument validity test, reliability test, double regression, determinacy test, F test and t test.

Based on the instrument analysis above it shows that motivation has simultan influence on work achievement amount 0,92, by determinant coefficient (R2) with the percentage amount 91,8. Partially with significant level 1%. All motivation variables influences significantly on sftaff work achievement of production. So, in this research, the most dominant variable influencing the work achievement is safety need (X2), because in this case, safety need variable (X2) has the biggest beta value amount 0,431.

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
 Masalah Perkembangan teknologi yang semakin pesat, dimana manusia tetap memegang peranan yang menentukan dalam setiap kegiatan di dunia usaha. Oleh karena itu unsur manusia sangat diperlukan bagi perusahaan atau organisasi dalam pelaksanaan tugas usahanya. Setiap perusahaan atau organisasi yang bergerak di dalam dunia bisnis selalu mempunyai tujuan, antara lain; keuntungan (laba) dari usahanya, kontinuitas dan perluasan usaha. Sehingga jika di dalam perusahaan atau terdapat suatu kendala yang menghambat yaitu berupa suatu masalah maka akan dicari alternative pemecahannya. Kebijakan di bidang personalia merupakan salah satu kebijaksanaan penting yang harus diperhatikan dalam usaha untuk mencapai tujuan perusahaan atau organisasi.
 Organisasi atau perusahaan harus mempertimbangkan dengan cermat dan hati-hati karena hal tersebut berhubungan erat dengan operasi keseluruhan dan kelangsungan hidup perusahaan, disamping menyangkut karyawan sebagai manusia yang mempunyai harkat dan martabat. Setelah karyawan direkrut, diseleksi, dilatih dan dialokasikan pada pekerjaan tertentu, perusahaan harus memusatkan perhatian pada penciptaan kondisi yang mendukung prestasi kerja karyawannya, karena produktifitas yang tinggi akan selalu meningkat dan harus didukung oleh karyawan yang berkeinginan untuk berprestasi guna mencapai hasil terbaik dalam pelaksanan kerjanya.
Prestasi kerja karyawan merupakan salah satu indikator keberhasilan operasi perusahaan dalam pencapaian tujuannya. Salah satu usaha yang tepat untuk dilakukan agar mereka mau bekerja dengan giat adalah memberikan motivasi. Menurut Ranupandojo dan Husnan (1990:197), motivasi dirumuskan sebagai perilaku yang ditujukan pada sasaran. Motivsi berkaitan dengan tingkat usaha yang dilakukan oleh seseorang dalam mengejar suatu tujuan, motivasi berkaitan erat dengan kepuasan pekerja dan performansi pekerja.
Prestasi kerja adalah suatu hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya (Hasibuan:1991:105) Sedang timbulnya prestasi dipengaruhi oleh beberapa faktor pendorong, baik yang berasal dari luar individu maupun dari dalam individu. Daya perangsang, daya pendorong, motivasi yang mendorong karyawan untuk mau ikut bekerja dengan giat berbeda antara karyawan satu dengan lainnya. Perbedaan ini disebabkan oleh perbedaan motif, tujuan, dan kebutuhan dari masing-masing karyawan untuk bekerja. Untuk itu kebutuhan karyawan baik yang bersifat material maupun non materiil hendaknya dipenuhi sesuai dengan harapannya apabila prestasi kerja karyawan diharapkan tinggi. Melihat akan pentingnya pengaruh motivasi terhadap prestasi kerja karyawan, maka sudah sepatutnya motivasi diberikan kepada setiap organisasi, baik organisasi swasta maupun organisasi pemerintah. Sehingga pemberian motivasi adalah mutlak diperlukan untuk mendorong karyawan dalam berprestasi yang pada akhirnya akan memperlancar tugas-tugas perusahaan. Bertitik tolak dari pandangan di atas yang menyatakan motivasi mempunyai hubungan terhadap prestasi kerja karyawan, maka peneliti tertarik untuk meneliti pengaruh motivasi terhadap prestasi kerja karyawan.
 Adapun obyek yang peneliti pilih adalah PT. Pesona Remaja Malang. PT. Pesona Remaja Malang merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri garmen yang mempunyai tiga macam produk yaitu celana, jaket, dan kemeja yang semuanya terbuat dari bahan dasar jeans. PT. Pesona Remaja Malang juga berusaha memberikan hal terbaik kepada konsumen dalam pelayanannya, maka dari itu PT. Pesona Remaja Malang benar-benar memperhatikan kualitas produk yang dihasilkan para karyawannya. Hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti pada PT. Pesona Remaja Malang yang memiliki sekitar 256 orang karyawan. Dalam proses produksi setiap harinya selalu memberikan pengawasan dan pengevaluasian hasil kerja. Mulai dari masuk kerja setiap karyawan harus melalui cek clok di depan pintu masuk satpam. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan PT. pesona Remaja Malang menginginkan karyawannya untuk disiplin dalam masuk kerja. Karyawan yang terlambat akan mendapatkan sanksi berupa pemotongan gaji sehingga karyawan akan berfikir dua kali untuk terlambat bekerja. Pada bagian keamanan PT. Pesona Remaja Malang sangat memperhatikan sekali. Dimana perusahaan ini memiliki karyawan keamanan yang memadai untuk melakukan pengawasan keamanan di perusahaan. Mulai dari pintu masuk awal sampai pada bagian produksinya terdapat karyawan keamanan (satpam). Hal ini diharapkan dapat memberikan pengamanan dan pengawasan terhadap karyawan apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.
 Apalagi kalau ada karyawan yang tidak memakai kartu identitas atau orang lain yang memasuki kawasan pabrik tanpa ijin dulu, maka pihak keamanan akan menanyakan keperluannya dan meminta identitas orang tersebut. Pengawasan yang dilakukan oleh karyawan keamanan merupakan fungsi control dan rasa aman yang diberikan oleh perusahaan. Dengan jaminan keselamatan kerja ini karyawan dapat merasa aman untuk bekerja sehingga lebih meningkatkan semangatnya. Pada bagian administrasi dan keuangan, ruangannya terletak ditengah lokasi pabrik dimana memungkinkan untuk melakukan pekerjaan dengan tenang tanpa diganggu oleh pihak yang tidak berkepentingan. Bagian ini juga terdapat ruangan penerima tamu dan ruang show room untuk memajang new release produk dari PT. Pesona Remaja Malang. Bagian produksi berada di ruangan paling belakang diawali dengan ruang bagian cutting, diruang berikutnya ruang bagian designer kemudian bagian penjahitan, pengepakan, dan bagian gudang. Pada bagian gudang ini terdapat ruang parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan karyawan maupun kendaraan pabrik yang akan mengangkut hasil produksi. Hasil prodiksi ini akan diperiksa oleh bagian quality control apakah produk yang sudah dihasilkan memenuhi standar.
Karena apabila produk tersebut tidak memenuhi standar atau cacat produksi tentunya pemesan ataupun pengecer akan mengembalikan produk ini bahkan membatalkan pesanannya. Karena itu produk yang sudah sesuai dengan standar akan segera didistribusikan. Dengan pendistribusian yang cepat dan tepat akan meningkatkan penjualan dan diharapkan dengan penjualann yang bagus akan dapat meningkatkan laba perusahaan. Selain proses produksi yang sudah berjalan diatas, PT. Pesona Remaja Malang juga memperhatikan kinerja dari para karyawannya agar kualitas produk yang dihasilkan para karyawan tidak mengalami kemerosotan yaitu dengan cara memberikan motivasi kerja pada karyawan agar dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di perusahaan.
Dengan kualitas karyawan yang bagus akan meningkatkan prestasi kerja karyawan. Dengan kualitas karyawan yang tinggi, PT. Pesona Remaja Malang mengharapkan dapat meminimalisir kesalahan produksi yang nantinya diharapkan proses produksi dapat berjalan secara efektif dan efisien. PT. Pesona Remaja Malang dalam usahanya memberikan motivasi dan semangat kerja karyawannya dengan memberikan penghargaan dan bonus apabila karyawan dapat mencapai target produksinya. Selain itu perusahaan juga melakukan pendekatan efektif pada motivasi disegala segi, bukan berarti karyawan dituntut untuk bekerja lebih keras. Pendekatan ini berupa rancangan pekerjaan baru, seperti pekerjaan kelompok atas pekerjaan yang harus dilaksanakan, keikutsertaan karyawan dalam memecahkan masalah, membuat rencana dan mengendalikan pelaksanaan tugas pribadi serta penetapan sasaran oleh karyawan pada setiap tingkatan. Ternyata pendekatan ini cukup berhasil dan dapat meningkatkan mutu karyawan. Usaha ini dilakukan untuk merangsang karyawan agar bekerja lebih keras dan meningkatkan prestasi kerja karyawan. (Hasil wawancara dengan Kabag Personalia, 22/4/08) Dengan meningkatkan tata tertib, pelaksanaan kesehatan serta pengawasan yang lebih efektif kepada karyawan, maka motivasi karyawan diharapkan dapat meningkatkan prestasi kerja karyawan.
Dengan adanya pelaksanaan pemberian motivasi yang lebih baik maka dapat merangsang para karyawan untuk bekerja lebih giat untuk meningkatkan prestasi kerjanya. Dan berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti memutuskan untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Motivasi Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Bagian Produksi Pada PT. Pesona remaja malang”.
B.     Rumusan Masalah
 Dalam pelaksanaan kegiataannya, perusahaan tidak lepas dari permasalahan. Dari uraian diatas peniliti menggunakan teori motivasi menurut Maslow, maka perumusan masalahnya adalah sebagai berikut :
1. Apakah motivasi (kebutuhan fisik X1, kebutuhan rasa aman X2, kebutuhan sosial X3, kebutuhan penghargaan X4, kebutuhan aktualisasi diri X5) berpengaruh secara simultan terhadap variable prestasi kerja (Y) karyawan bagian produksi pada PT. Pesona Remaja Malang.
2. Apakah variable motivasi (kebutuhan fisik X1, kebutuhan rasa aman X2, kebutuhan social X3, kebutuhan penghargaan X4, kebutuhan aktualisasi diri X5) berpengaruh secara parsial terhadap variebel prestasi kerja (Y) karyawan bagian produksi pada PT. Pesona Remaja Malang.
 3. Variabel manakah yang berpengaruh dominan terhadap prestasi kerja (Y) karyawan bagian produksi pada PT. Pesona Remaja Malang.
C. Tujuan Penelitian
 1. Mengetahui pengaruh motivasi (kebutuhan fisik X1, kebutuhan rasa aman X2, kebutuhan social X3, kebutuhan penghargaan X4, kebutuhan aktualisasi diri X5) secara simultan terhadap prestasi kerja (Y) karyawan bagian produksi pada PT. Pesona Remaja Malang.
2. Mengetahui pengaruh motivasi (kebutuhan fisik X1, kebutuhan rasa aman X2, kebutuhan social X3, kebutuhan penghargaan X4, kebutuhan aktualisasi diri X5) secara parsial terhadap prestasi kerja (Y) karyawan bagian produksi pada PT. Pesona Remaja Malang.
 3. Mengetahui variable yang berpengaruh dominan terhadap prestasi kerja (Y) karyawan bagian produksi pada PT. Pesona Remaja Malang.
 D. Manfaat Penelitian
 Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pihak-pihak yang bersangkutan, antara lain :
1. Bagi PT. Pesona Remaja Malang. Sebagai bahan informasi bagi pimpinan perusahaan dalam menentukan kebijaksanaan pemberian motivasi kepada karyawan secara tepat guna mencapai produktivitas kerja perusahaan.
2. Bagi Peneliti Sebagai bahan pertimbangan khususnya untuk pengembangan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan upaya meningkatkan prestasi kerja karyawan.

 3. Bagi Almamater Untuk mendapatkan informasi dan wawasan dari lingkungan luar kampus, baik informasi yang positif maupun negatif. Yang nantinya bisa memberikan sumbangan pemikiran guna menyelesaikan masalah yang diteliti.
Untuk Mendownload Skripsi "Skripsi Akutansi :Pengaruh motivasi terhadap prestasi kerja karyawan bagian produksi pada PT. Pesona Remaja Malang..Untuk Mendownload skripsi ini silakan klik link dibawah ini


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment