Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Sunday, April 23, 2017

Jasa Buat Skripsi: download Skripsi Manajemen:Implementasi sistem kompensasi sebagai penunjang kedisiplinan kerja karyawan: Studi kasus PG. Kebon Agung Malang

Abstract

INDONESIA:
Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan aset utama yang besar pengaruhnya terhadap kemajuan suatu perusahaan. Sistem kompensasi sebagai salah satu fungsi penting dalam Manajemen Sumber Daya Manusia yang dapat menunjang kedisiplinan kerja karyawan. Sistem kompensasi terdiri dari : 1) Sistem waktu, 2) Sistem hasil, dan 3) Sistem borongan. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana sistem kompensasi yang diterapkan pada PG. Kebon Agung Malang dan bagaimana kedisiplinan kerja pada PG. Kebon Agung Malang.
Penelitian ini dilakukan di PG. Kebon Agung Malang dengan menggunakan pendekatan secara kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara.
Hasil penelitiannya adalah bahwa sistem kompensasi yang diterapkan pada PG. Kebon Agung Malang adalah menggunakan sistem waktu, dimana besarnya kompensasi diterapkan berdasarkan standar waktu, yaitu : jam, hari, minggu, atau bulan. Kedisiplinan kerja karyawan pada PG. Kebon Agung Malang menunjukkan bahwa para karyawan telah mentaati peraturan yang telah ditetapkan. Semua terbukti berdasarkan kedisiplinan kerja karyawan pada saat datang, istirahat, dan pulang kerja secara tepat waktu (on time), pemakaian seragam kerja yang sesuai dengan peraturan yang ditetapkan, pemarkiran kendaraan yang teratur di tempat parkir yang telah disediakan oleh perusahaan, tingkat absensi yang rendah, para karyawan tidak mengabaikan tugas atau pekerjaan yang diberikan oleh atasan, dan tidak merokok di tempat kerja.
ENGLISH:
Human resource is the main asset which has big influence on the company’s progress. Compensation system as one of important functions in human resource management can support employees’ work discipline. Compensation system consists of (1) timing system, (2) outcome system, and (3) bulk system. Based on them, this research was conducted to determine how the compensation system applied by PG. Kebon Agung Malang and how work discipline at PG. Kebon Agung Malang is.
This research was conducted in PG. Kebon Agung Malang by using qualitative approach. The type of research is case study. Data collection techniques use documentation, observation and interview.


The research result is the compensation system applied in PG. Kebon Agung Malang is timing system in which the amount of compensation is applied based on timing standard; they are hour, day, week or month. Work discipline of the employees in PG. Kebon Agung Malang shows that the employees have obeyed the applied rules. This is proved based on employees’ work discipline when they come, take a rest and go home on time, wearing uniforms suitable with the applied rules, parking vehicles in the parking area provided by company, the low absenteeism, the employees do not neglect the task or job that is given by the employer, and do no smoke in the workplace.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan aset utama yang besar pengaruhnya terhadap kemajuan suatu perusahaan. Untuk mencapai apa yang telah menjadi tujuan perusahaan yang telah ditetapkan, maka perusahaan harus mampu membentuk karyawan yang berdisiplin kerja yang tinggi dan berani melihat perubahan sebagai suatu tantangan yang harus dihadapi. Sistem kompensasi sebagai salah satu fungsi penting dalam Manajemen Sumber Daya Manusia(MSDM) yang dapat menunjang kedisiplinan kerja karyawan.Pada dasarnya kompensasi merupakan sesuatu yang diterima karyawan sebagai pengganti kontribusi jasa mereka pada perusahaan (Rivai, 2004:357). Menurut Hasibuan (2001:124) sistem kompensasi terdiri dari:(1) Sistem waktu, (2) Sistem hasil (output), dan (3) Sistem borongan. Dalam sistem waktu, besarnya kompensasi (gaji, upah) ditetapkan berdasarkan standar waktu seperti jam, hari, minggu, ataubulan.Dalam sistem hasil besarnya kompensasi atau upah ditetapkan atas kesatuan unit yang dihasilkan pekerja seperti per potong, meter, liter, dan kilogram. Sistem borongan adalah suatu cara pengupahan yang penetapan besarnya jasa didasarkan atas volume pekerjaan dan lama mengerjakannya.
 Sedangkan disiplin kerja dapat dilihat sebagai sesuatu yang besar manfaatnya, baik bagi kepentingan organisasi maupun bagi para karyawan. Bagi organisasi adanya disiplin kerja akan menjamin terpeliharanya tata tertib dan kelancaran pelaksanaan tugas, sehingga diperoleh hasil yang optimal. Adapun bagi karyawan akan diperoleh suasana kerja yang menyenangkan sehingga akan menambah semangat kerja dalam melaksanakan pekerjaannya. Dengan demikian, karyawan dapat melaksanakan tugasnya dengan penuh kesadaran serta dapat mengembangkan tenaga dan pikirannya semaksimal mungkin demi terwujudnya tujuan organisasi.Untuk mewujudkan tujuan perusahaan, yang pertama harus segera dibangun dan ditegakkan di perusahaan tersebut adalah kedisiplinan kerja karyawannya.Jadi, kedisiplinan merupakan kunci keberhasilan suatu perusahaan dalam mencapai tujuan. Menurut Singodimedjo (2000) dalam Sutrisno (2002:89-92) faktor yang mempengaruhi disiplin pegawai adalah besar kecilnya pemberian kompensasi, ada tidaknya keteladaan pimpinan dalam perusahaan, ada tidaknya aturan pasti yang dapat dijadikan pegangan, keberanian pimpinan dalam mengambil tindakan, ada tidaknya pengawasan pimpinan, ada tidaknya perhatian kepada para karyawan, diciptakan kebiasaan-kebiasaan yang mendukung tegaknya disiplin. Masalah penerapan sistem kompensasi yang tidak tepat atau salah, dampaknya sangat luas terutama bagi perusahaan dan karyawan. Jika perusahaan salah dalam menerapkan sistem kompensasi maka karyawan akan meninggalkan perusahaan, meningkatnya keluhan-keluhan, menyebabkan mogok kerja, mengarah tindakantindakan fisik dan psikologis, seperti meningkatnya derajat ketidakhadiran dan melanggar kedisiplinan kerja yang telah ditetapkan. Yang pada gilirannya akan menurunkan kesehatan karyawan yang semakin parah.
Agar dalam penerapan sistem kompensasi tepat serta memberikan kepuasan baik semua pihak baik perusahaan maupun karyawan, Islam sebagai agama yang bersifat Rahmatalil’Alamin menawarkan suatu penyelesaian yang sangat baik atas masalah- masalah penerapan sistem kompensasi agar kepentingan kedua pihak baik organisasi maupun karyawan bisa terselamatkan. Setiap pihak memperoleh bagian yang sah dari kerja sama mereka tanpa adanya ketidakadilan dari pihak lain. Prinsip pemerataan terhadap semua makhluk tercantum dalam surat Al-Baqarah: 279 yang artinya maka bagimu pokok hartamu; kamu tidak menganiaya dan tidak (pula) dianiaya. Penelitian yang akandilakukan sama dengan penelitian Syuryadi (2003) yang berjudul Penerapan Sistem Kompensasi untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan PT. Asuransi Syari’ah MubarakahMalang.
 Hasil penelitiannya menunjukkan Asuransi Syari’ah Mubarakah Cabang Malang telah berupaya menerapkan sistem kompensasi.Namun baru komisi yang mampu meningkatkan motivasi kerja karyawan, sedangkan faktor lainnya yaitu gaji, tunjangan, dan bonus terbukti belum mampu meningkatkan motivasi kerja karyawan. Penelitian ini sangat penting dilakukan pada PG. Kebon Agung Malang, karena untuk mengetahui bagaimana sistem kompensasi yang diterapkan pada PG. Kebon Agung Malangdan untuk mengetahui kedisiplinan kerja karyawan pada PG. Kebon Agung Malang. Berdasarkan uraian latar belakang tersebut diatas, maka penulisan tugas akhir ini peneliti mengambil judul ‘’Implementasi Sistem Kompensasi Sebagai Penunjang Kedisiplinan Kerja Karyawan (Studi Kasus PG. Kebon Agung Malang)’’.
1.2  Rumusan Masalah
 Berdasarkan uraian di atas, maka terdapat beberapa permasalahan pokok yang akan ditinjau dalam penelitian ini, yaitu:
1. Bagaimana sistem kompensasi yang diterapkan pada PG. Kebon Agung Malang ?
2. Bagaimana kedisiplinan kerja karyawan pada PG. Kebon Agung Malang ?
 1.3 Tujuan Penelitian
 Berdasarkan perumusan masalah yang telah dipaparkan di atas, maka tujuan dari penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui sistem kompensasi yang diterapkan pada PG. Kebon Agung Malang.
 2. Untuk mengetahui kedisiplinan kerja karyawan pada PG. Kebon Agung Malang.
 1.4 Manfaat Penelitian
 Manfaat penelitian yang dimaksud adalah sebagai berikut :
 1. Bagi Penulis
 a. Sebagai bukti bahwa mahasiswa melaksanakan penelitian sebagai tugas akhir di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
b. Dapat menambah pengetahuan di bidang Manajemen Sumber Daya Manusia khususnya mengenaiimplementasisistem kompensasi dan kedisiplinan kerja karyawan pada PG. Kebon Agung Malang.
2. Bagi Akademik
a. Sebagai masukan dalam upaya meningkatkan kemampuan, kreativitas, kematangan serta menimbulkan kedewasaan diri.
b. Penelitian ini bermanfaat meningkatkan pemahaman mahasiswa atas pengalaman yang diperoleh melalui adanya tambahan ketrampilan dan pengetahuan.
 3. Bagi Perusahaan
 a. Hasil penelitian ini dapat dijadikan pertimbangan perusahaan dalam menerapkan sistem kompensasi dan kedisilinan kerja bagi para karyawannya.
1.5 Batasan Masalah
 Terkait dengan luasnya lingkup, permasalahan dan waktu serta keterbatasan peneliti yang dilakukan dengan sistem kompensasi, maka penelitian dibatasi pada penerapan sistem kompensasi dan kedisiplinan kerja karyawan pada PG. Kebon Agung Malang tahun 2013.
Untuk Mendownload Skripsi "Skripsi Manajemen :Implementasi sistem kompensasi sebagai penunjang kedisiplinan kerja karyawan: Studi kasus PG. Kebon Agung MalangUntuk Mendownload skripsi ini silakan klik link dibawah ini


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment