Abstract
INDONESIA:
Kondisi adanya desain produk mempengaruhi kuat dalam minat beli konsumen. Karena desain produk pada kenyataannya mempunyai indikator yang mempengaruhi dalam hal minat beli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh desain produk dalam hal ini adalah Merek, Kemasan, Label pristisius,cepat, icon dan Pelayanan dalam minat beli Motor Suzuki Satria F U “Studi Kasus Pada Mahasiswa UIN Maliki Malang” baik secara parsial maupun secara simultan.
Pengujian ini dilakukan menggunakan regresi linier berganda dengan mempertimbangkan uji validitas dan reliabilitas serta mempertimbangkan uji asumsi klasik yaitu normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, autokorelasi dan Linieritas.
Dari hasil analisis secara simultan dengan level of significant 5% Desain Produk yang diwakili oleh variabel Merek, Kemasan, Label,prestisius,cepat,icon dan Pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel-variabel tersebut menjelaskan pengaruh dalam desain produk sebesar 66,9% sedangkan sisanya yaitu 33,1% dijelaskan oleh variabel lain di luar persamaan model. Secara parsial dengan level of significant 5% variabel Pelayanan mempengaruhi signifikan terhadap minat beli konsumen sedangkan variabel Merek, Kemasan, Label, prestisius cepat dan icon tidak berpengaruh secara parsial. Adapun variabel pelayanan dalam mempengaruhi minat beli dengan nilai signifikansi tidak lebih dari 0,05 yakni 0,002.
ENGLISH:
Conditions affecting the existence of strong product design in consumer buying interest . Due to the design of the product is in fact indicators that influence in terms of buying interest . This study aims to determine the effect of product design in this case is Brand , Packaging , Label pristisius , fast , and Services icon in buying interest Motor Suzuki Satria FU " Case Study On Student UIN Maliki " either partially or simultaneously .
The test is performed using multiple linear regression taking into account the validit y and reliability of the test as well as considering the classical assumption of normality, multicollinearity, heteroscedasticity , autocorrelation and linearity .
From the results of the simultaneous analysis of the 5 % level of significant product design represented by the variable Brands, Packaging, Label, pristisius, fast, icon and Services significantly influence the purchase decision . These variables explain the influence of the design of the product at 66.9 % while the remaining 33.1 % is explained by other variables outside the model equations . Partially the 5 % level of significant variable affecting significant services to the consumer buying interest while variable Brands, Packaging, Label, pristisius fast and partially icon has no effect. The service variable in influencing buying interest with a significance value of not more than 0.05 which is 0.002 .
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Mengingat perkembangan
teknologi yang makin dinamis, manusia dituntut dengan cepat dan tepat untuk
bertindak agar tidak kalah bersaing. Dengan Perkembangan usaha otomotif
kususnya di sektor industri motor, dewasa ini telah diwarnai dengan berbagai
macam persaingan disegala bidang otomotif yang mengakibatkan perubahan perilaku
konsumen di dalam mengambil keputusan untuk membeli suatu produk. Ditambah
dengan semakin sulitnya keadaan ekonomi dan semakin rendahnya daya beli
masyarakat menyebabkan jumlah permintaan sepeda motor meningkat drastis.
(Setiadi, 2003:14). Seseorang melakukan pembelian dipengaruhi oleh kebutuhan
pada waktu tertentu terhadap suatu produk yang mampu membangkitkan sekumpulan
motif yang unik dalam diri konsumen. Bagaimana motivasi konsumen untuk
bertindak akan dipengaruhi oleh persepsinya terhadap situasi tertentu yaitu
bagaimana individu memilih, mengorganisasikan dan menginterpretasikan
masukan-masukan informasi untuk menilai suatu objek sehingga menimbulkan sikap
konsumen yang mengarahkan orang-orang berperilaku secara konsisten terhadap
suatu objek yang menempatkan mereka dalam sebuah kerangka pikir untuk menyukai
(sikap positif) dan tidak menyukai (sikap negatif) dalam melakukan keputusan
pembelian (Setiadi, 2003:46). 2 Kondisi persaingan yang terjadi di lapangan
saat ini berkenaan dengan desain produk dan yang menjadi market lieder di
industri otomotif motor adalah Satria FU produk dari pabrikan suzuki yang
memenangkan persaingan dengan produk pesaing antara lain motor Vixion produk
dari pabrikan Yamaha, Kawasaki Attlit pabrikan dari Kawasaki .
Statemen di atas diperoleh dari fenomena yang terjadi di
lapangan,yang mana kebanyakan kalangan muda dalam hal ini mahasiswa Universitas
Islam Negeri Malang mempunyai value addet ketika memakai motor suzuki Satria
FU. Desain produk menurut Kotler (1999: 186) meliputi : merek, kemasan, label,
dan pelayanan. Dalam program pemasaran suatu produk, perusahaan harus memahami
sesuatu mengenai konsumen yaitu motivasi dalam kaitanya dengan pemasaran
sangatlah berpengaruh terhadap konsumen dalam mengambil keputusan dalam
pembelian suatu produk. Dengan pemahaman yang cukup mengenai motivasi konsumen,
perusahaan sepeda motor perlu mengetahui faktorfaktor yang memotivasi konsumen
dalam membeli sepeda motor. Hal tersebut dapat membantu perusahaan dalam
memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen sehingga konsumen merasa puas dan
perusahaan mendapat keuntungan. Saat ini banyak sekali bermunculan merek sepeda
motor dengan berbagai model, desain, memberikan kualitas yang bagus, dan harga
yang cukup bersaing spektakuler. Persaingan yang sangat ketat juga dapat
dilihat dari jumlah perusahaan yang ada dalam industri sepeda motor di
Indonesia yang menurut Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), diantaranya
anggota AISI yaitu 3 Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, Kymco, dan Piaggio, serta
71 perusahaan lainnya di luar keanggotaan AISI (Miranti, 2004:2).
Industri Sepeda Motor merupakan industri yang menghasilkan komoditi
strategis karena memiliki peran yang cukup vital sebagai komponen penunjang
dalam transportasi kehidupan sehari-hari.Industri ini memiliki ciri yang padat
modal, memilki skala ekonomis yang relativ besar padat energi. Seperti halnya
PT. Suzuki Tbk. merupakan salah satu perusahaan Sepeda Motor di Indonesia.Visi
PT. Suzuki Tbk adalah Membangun jaringan pemasaran dan pola manajemen di bidang
otomotif, sehingga menjadi perusahaan yang mempunyai reputasi terpercaya dan
terbaik di bidangnya. Sedangkan misinya yaitu melakukan pengembangan usaha di bidang
otomotif, Mensukseskan program pemerintah di bidang otomotif dan transportasi,
Memberikan manfaat bagi masyarakat luas dan pelanggan, Meningkatkan
kesejahteraan karyawan Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana
pengaruh desain produk pada motor Satria FU meningkatkan penjualan sepeda motor
Suzuki pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Malang. Hal ini dikarenakan
mahasiswa merupakan salah satu pangsa pasar yang potensial, yang menggunakan
sepeda motor merek Suzuki di kota Malang. Banyaknya tipe sepeda motor yang
beredar di lingkungan masyarakat merupakan masalah yang dihadapi oleh mahasiswa
yaitu bagaimana memilih sepeda motor yang sesuai dengan harapan dan memenuhi
keinginan, mengingat mahasiswa termasuk sebagai konsumen yang kritis dan sedang
mengalami proses pendewasaan mental dan intelektual.
disamping itu mahasiswa termasuk dalam segmen smart customer yang 4
membutuhkan banyak pertimbangan sebelum melakukan pembelian produk. Sebab bagi
mahasiswa memilih sepeda motor yang handal merupakan suatu hal yang penting
untuk menunjang aktivitas keseharian mereka, tentunya mahasiswa akan sangat
kritis memperhatikan merek sepeda motor bisa menguntungkan dan memuaskan bagi
mereka. Berangkat dari hal tersebut peneliti ingin melakukan penelitian dengan
judul “Analisis Desain Produk Dalam Mempengaruhi Minat beli Motor Suzuki Satria
FU “Studi Kasus Pada Mahasiswa UIN Maliki Malang”.
1.2
Rumusan
Masalah
Berdasarkan Latar Belakang,
maka dapat disusun suatu rumusan masalah,yaitu:
1. Apakah terdapat pengaruh desain produk terhadap minat beli
Sepeda motor suzuki Satria FU secara simultan?
2. Apakah terdapat pengaruh desain produk terhadap minat beli
sepeda motor suzuki Satria FU secara parsial?
1.3 Tujuan dan Kegunaan
Penelitian
1.3.1. Tujuan Penelitian
1. Untuk mengetahui pengaruh desain produk terhadap minat pembelian
sepeda motor suzuki satria FU secara Simultan.
2. Untuk mengetahui pengaruh desain produk terhadap minat pembelian
sepeda motor suzuki satria FU secara parsial.
1.3.2. Kegunaan Penelitian
1. Bagi peneliti, Bagi
peneliti, untuk menambah khasanah ilmu pengetahuan bidang ilmu manajemen
pemasaran, sarana merealisasikan teori yang yang sudah di dapat selama masa
kuliah dalam realita lapangan, dan sebagai syarat menyandang gelar sarjana.
2. Bagipenjual spedah motor suzuki satria fu,
hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan informasi dan masukan dalam
memecahkan persoalan yang digunakan sebagai bahan untuk pengambilan keputusan
dan sadar akan pentingnya kualitas produk. 3. Bagi perguruan tinggi, dapat
dijadikan sebagai referensi untuk penelitian selanjutnya. 4. Bagi masyarakat,
untuk menambah pengetahuan terkait spedah motor suzuki satria fu sehingga tidak
akan salah kaprah dalam pengambilan keputusan pembelian produk spedah motor
suzuki satria fu.
Untuk Mendownload Skripsi "Skripsi Manajemen :Analisis desain produk dalam mempengaruhi minat beli motor Suzuki Satria FU: Studi kasus pada mahasiswa UIN Maliki Malang. Untuk Mendownload skripsi ini silakan klik link dibawah ini
No comments:
Post a Comment