Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Monday, April 10, 2017

Jasa Buat Skripsi: download Skripsi akutansi:Pengaruh pelayanan terhadap kepuasan nasabah unit simpan pinjam Koperasi Agro Niaga (KAN) Jabung, Malang

Abstract

INDONESIA:
Pelayanan merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan dari sebuah perusahaan, baik yang bergerak dalam bidang produksi barang maupun jasa, Banyaknya keluhan yang dirasakan menjadi hal yang sangat menarik untuk diteliti. Terlebih saat ini Koperasi Agro Niaga Jabung menjadi salah satu Koperasi yang terbaik dalam Propinsi Jawa Timur, dan telah mendapatkan beberapa penghargaan baik tingkat regional, maupun tingkat nasional. Oleh karena itupenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pelayanan yang terdiri dari bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati terhadap kepuasan nasabah unit simpan pinjam di KAN Jabung Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Adapun jumlah sampel sebanyak 94 orang yang dieroleh dari rumus Slovin, sedangkan tekhnik pengembilan sample menggunakan sampel acak sederhana. Variabel bebasanya terdiri dari bukti fisik (X1), keandalan (X2), daya tanggap (X3), jaminan (X4), empati (X5). Pengujian instrument menggunakan uji validitas, ui reliabelitas dan uji asumsi klasik. Sedangkan metode anaisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji F dan t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bukti fisik (X1), keandalan (X2), daya tanggap (X3), jaminan (X4) dan empati (X5) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuaan nasabah unit simpan pinjam KAN Jabung. Dari perhitungan F hitung 12,049 > F Tabel 2,30 dengan nilai p sebesar 0,000 ≤ 0,05. Selain itu nilai Adjusted R Square yang sebesar 0,373 yang berarti besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah 37,3%. Dan uji parsial (uji t) diketahui bahwa variabel jaminan (X4) t hitung 2,519 > t tabel 1,980, tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat (Y), sedangkan empati (X5) variabel bukti fisik (X1) keandalan (X2) dan daya tanggap (X3) berpengaruh secara signifikan dengan perhitungan, bukti fisik (X1) sebesar 0,085 < t tabel 1,980, keandalan (X2) sebesar 1,532 < t tabel 1,980 dan daya tanggap (X3) sebesar 1,013 > t tabel 1,980. empati (X5) t hitung1,502 > t tabel 1,980
ENGLISH:
The service is one of determinant factor from a company, both in the field production of goods and service, the number of sigh felt become very interesting matter to be researched. Particularly in this time Co-Operation of Agro Niaga Jabung become one of the best Co-operations in East Java Province, and has gotten some good appreciation in regional, and national. Therefore, the objective of this research to know the influence of service which consist of physical evidence, reliability, attention, guarantee and empathy to client’s satisfaction of saving and loan unit at KAN Jabung Malang.
This research is quantitative research with survey method. While the amount of sample is 94 people which are obtained from Slovin formula, while the gathered sample technique use sample random modesty. Free variable consist of physical evidence (X1), reliability (X2), attention (X3), guarantee (X4) and empathy (X5). The instrument test use validities test, reliabilities test and classic assumption test, while the data analysis method use double linier regency with F and t test.

The result of the research show that physical evidence variable (X1), reliability (X2), attention (X3), guarantees (X4) and empathy (X5), stimultally has significant effect to client’s satisfaction saving and loan unit at KAN Jabung. From the calculation f count 12,049> F table 2,30 with p value is 0,000 ≤ 0,05. Beside that the value of Adjusted R Square is 0,373 it means free variable has big influence to bound variable that is 37,3%. And partial test (t test) is known that guarantee variable (X4) t count 2,519 > t table 1,980, have significant influence to bound variable (Y), while empathy (X5) physical evidence variable (X1), reliability (X2), and attention (X3) do not influence significantly with calculation, physical evidence (x1) is 0,085 < t table 1,980, reliability (X2) is 1,532 < t table 1,980 and attention (X3) is 1,013 > t table 1,980. Empathy (X5) t count 1,502 > t table 1,980.


BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
 Dewasa ini semakin disadari bahwa, dengan semakin bertambahnya persaingan antar perusahaan yang satu dengan yang lainnya, baik perusahaan yang bergerak dalam produk dan jasa. Maka semakin disadari pula bahwa pelayanan merupakan salah satu cara atau jurus yang ampuh, agar dapat menarik minat dari konsumen dalam keputusan pembelian sehingga tujuan dari perusahaan dapat tercapai. Sebagaimana dalam konsep dan tujuan pemasaran, pandangan tradisional dari pemasaran adalah seringkali hanya menfokuskan pada produktifitas dan profitabilitas dari sebuah perusahaan. Seringkali mengabaikan aspek kualitas dari pelayanan, persepsi ini harus segera diubah, karena hal tersebut secara lambat laun akan mempercepat kehancuran dari perusahaan. Pentingnya pelayanan bagi sebuah perusahaan merupakan hal yang mempunyai nilai tersendiri bagi konsumen, untuk melakukan pembelian ulang sehingga menjadi seorang pelanggan yang loyal terhadap perusahaan. Pelayanan dan kepuasan konsumen merupakan satu kesatuan yang sulit dipisahkan.
Kepuasan pelanggan menurut Oliver dalam Irawan (2002 : 3) adalah hasil dari penilaian pelanggan bahwa produk atau jasa pelayanan telah memberikan tingkat kenikmatan dimana tingkat pemenuhan ini bisa lebih atau kurang. Peningkatan pelayanan merupakan salah satu strategi pemasaran yang ditekankan pada pemenuhan keinginan dan kebutuhan dari pelanggan. Untuk menciptakan layanan yang baik dan bermutu, sebuah perusahaan/lembaga harus menawarkan layanan yang mampu diterima atau dirasakan pelanggan sesuai dengan atau melebihi apa yang diharapkan pelanggan. Semakin tinggi pelayanan yang dirasakan dibanding harapannya, pelanggan tentu akan semakin puas. Kepuasan yang dirasakan pelanggan, akan berdampak positif bagi perusahaan (lembaga), diantaranya akan mendorong terciptanya loyalitas pelanggan dan reputasi perusahaan akan semakin positif di mata masyarakat pada umumnya dan pelanggan pada khususnya. Oleh karena itu, setiap perusahaan perlu berupaya memahami nilai-nilai yang diharapkan pelanggan dan atas dasar itu kemudian berusaha memenuhi harapan tersebut semaksimal mungkin. Menurut Tjiptono (2000:25) cara yang dapat ditempuh untuk memahami harapan pelanggan dan kebutuhan pelanggan antara lain dengan melakukan pemantauan kepuasan pelanggan (misalnya dengan observasi, survei, ghost shooping, lost customer analysis). Kepuasan pelanggan sendiri terdapat apa yang ia rasakan atau diperoleh baik dari barang atau jasa, melainkan ia merasa puas atau kepuasan yang dia inginkan merasa diperoleh dari barang yang dikonsumsi (pasca konsumsi/pembelian), dengan kepuasan yang ia peroleh, pelanggan merencanakan pembelian ulang. Seperti ia dialami oleh para pelanggan/pengguna mobil Toyota merasa puas, dengan mengendarai mobil, sebanyak 75% dari pelanggan yang ada merencanakan pembelian ulang terhadap produk tersebut (Kotler , 1997: 36). Jasa pelayanan yang diberikan suatu perusahaan atau lembaga berpengaruh langsung terhadap kepuasan pelanggan. Dimana pelanggan umumnya mengharapkan produk berupa barang atau jasa yang dikonsumsi dapat diterima dan dinikmatinya dengan pelayanan yang baik atau memuaskan. Oleh karena itu, suatu lembaga jasa pelayanan diharapkan dapat meningkatkan kinerjanya, dimulai dengan mengetahui sejauh mana tingkat kepuasan yang diperoleh pelanggan.
Unit Simpan Pinjam KAN Jabung merupakan suatu lembaga yang bergerak dalam bidang keuangan yang sekaligus sebagai penunjang secara langsung usaha inti KAN Jabung. Yang bertujuan memberikan pelayanan kepada masyarakat sekitar koperasi baik angota dan bukan anggota, berupa jasa pelayanan Unit Simpan Pinjam. Komitmen untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat sekitar baik anggota dan bukan anggota. Salah satunya adalah memberikandana bagi peternak untuk membeli sapi, perbaikan kandang, sewa lahan dan kebutuhan konsumsi (bagi anggota), dan juga memberikan simpana atau pinjaman baik kepada anggota dan non anggota. Pelayanan merupakan suatu kegiatan atau urutan yang terjadi salam interaksi langsung antara orang satu dengan orang lainnya, baik dalam bentuk fisik atau non fisik (jasa). Dalam kamus besar bahasa Indonesia, diterangkan masalah pelayanan sebagai sebuah usaha untuk melayani kebutuhan orang lain. Sedangkan melayani ialah membantu menyiapkan (mengurus) apa yang diperlukan oleh orang lain. Adapun pelayanan sendiri merupakan citra yang baik, atau nilai tambah yang diperoleh atau yang ditimbulkan dari persepsi konsumen. Bentuk dalam mewujudkan tentang kepuasan pelanggan, bukanlah hal yang sangat mudah dilakukan oleh lembaga/organisasi penyedia jasa. Kepuasan pelanggan tidak akan tercapai dalam jangka waktu yang sebentar, malainkan membutuhkan waktu yang sangat lama. Dalam mewujudkan masalah kepuasan pelanggan hanya dapat dilakukan dengan cara berbagai strategi (Nasution, 2004:127).
Kepuasan pelanggan adalah merupakan sebuah respon dari pelanggan terhadap evaluasi ketidak sesuaian atau diskonfirmasi yang dirasakan antara harapan sebelumnya (etika dalam kerja), dan sebuah kinerja produk yang dirasakan setelah purna pemakaian (Tjiptono, 2004:146). Kepuasan merupakan sebuah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja produk (hasil) yang dirasakan dengan harapannya. Jadi sebuah tingkat kepuasan merupakan fungsi dari perbedaaan antara kinerja yang dirasakan (perceived performance) dan sebuah harapan (expanations) (Kotler, 2000:50). Sihombing, (2003:4) yang dikutip dari Kotler mendifinisikan tentang masalah kepuasan pelanggan adalah rasa puas atau kecewa yang dirasakan (alami) oleh konsumen setelah membandingkan antara harapan dengan kenyataan yang rasakan. Sedangkan Chandra dan widyantara, (2001:87) memberikan sebuah pengertian tentang kepuasan pelanggan sebagai hasil evaluasi parka pembelian/konsumsi dimana sebuah alternatif setidaknya memenuhi atau melebih dari harapan. Dari pengertian yang ada dapat dipahami bahwa peran pelayanan yang baik merupakan hal yang sangat diperlukan atau sangat berpengaruh kepada kepuasan konsumen sendiri, tanpa adanya sebuah pelayanan yang benar produk atau jasa akan kurang diminati oleh konsumen. Oleh karerna itu pelayanan meliputi reliabilitas (reliability), daya tanggap (responsveness), jaminan (assurance), empati (empathy) serta bukti fisik (tangible) (Tjiptono, 2005: 133). Unit Simpan Pinjam Koperasi Agro Niaga (KAN) Jabung, merupakan salah satu dari sekian banyak USP dan KSP yang memberikan jasa simpanan maupun pinjaman. Dan merupakan salah satu unit yang dimiliki oleh Koperasi Agro Niaga (KAN) Jabung yang bergerak dalam bidang jasa yaitu simpan pinjam. Melihat perkembangan dan pertumbuhan Unit Simpan Pinjam tersebut, bisa dikatakan masih banyak kekurangan baik dari segi manajemen dan pegawai sendiri.
Tidak sedikit para pelanggan atau konsumen yang mengeluhkan masalah pelayanan yang diberikan oleh pihak Unit Simpan Pinjam (USP) KAN Jabung. Unit Simpan Pinjam yang baik dapat diukur dari keberhasilannya dalam menyajikan pelayanan yang bermutu kepada masyarakat baik yang anggota maupun bukan anggota. Semakin baik pelayanannya, semakin tinggi penghargaan yang diberikan kepada Unit Simpan Pinjam dari pelanggan. Sebagai lembaga yang bergerak dibidang jasa dan berorientasi pada konsumen, maka Unit Simpan Pinjam (USP) KAN Jabung dituntut untuk memajukan pelayanan dengan terus melakukan perbaikan kinerjanya. Upaya perbaikan atau penyempurnaan terhadap faktor-faktor layanan akan dapat membantu memberikan kepuasan dan nilai tambah serta membawa citra baik bagi Unit Simpan Pinjam. Jika ditinjau dari sisi pelanggan, diakui bahwa latar belakang konsumen yang berbeda baik dari segi pendapatan (ekonomi), pendidikan, sosial, dll dapat membentuk persepsi dan harapan terhadap jasa Unit Simpan Pinjam (USP) KAN Jabung.
Oleh karena itu aspek persepsi dan harapan pelanggan harus dapat ditanggkap secara cermat oleh pihak Unit Simpan Pinjam, agar dapat menampilkan kinerja sebagai salah satu upaya memberikan jasa pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan dan keingginan pelanggan. Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian yang lebih lanjut lagi mengenai masalah pelayanan yang berikan oleh pihak Unit Simpan Pinjam (USP) KAN Jabung Malang. Oleh karena itu peneliti mengambil judul “Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasaan Pelanggan Unit Simpan Pinjam Koperasi Agro Niaga (KAN) Jabung Malang”
B. RUMUSAN MASALAH
 1. Apakah pelayanan yang terdiri dari keandalan (reliability) (X1), daya tanggap (responsiveness) (X2), jaminan (assurance) (X3), dan empati (empathy) (X4), serta bukti fisik (tangibles) (X5) yang diberikan oleh Unit Simpan Pinjam Jabung berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan Unit Simpan Pinjam Jabung?
2. Apakah pelayanan yang terdiri dari keandalan (reliability) (X1), daya tanggap (responsiveness) (X2), jaminan (assurance) (X3), dan empati (empathy) (X4), serta bukti fisik (tangibles) (X5) yang diberikan oleh Unit Simpan Pinjam Jabung berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan Unit Simpan Pinjam Jabung?
3. Variabel pelayanan apakah yang mempengaruhi paling dominan terhadap kepuasan nasabah Unit Simpan Pinjam KAN Jabung?
C. TUJUAN PENELITIAN
 1. Mengetahui pelayanan yang terdiri dari keandalan (reliability) (X1), daya tanggap (responsiveness) (X2), jaminan (assurance) (X3), dan empati (empathy) (X4), serta bukti fisik (tangibles) (X5) yang diberikan oleh Unit Simpan Pinjam Jabung berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan Unit Simpan Pinjam Jabung
2. Mengetahui pelayanan yang terdiri dari keandalan (reliability) (X1), daya tanggap (responsiveness) (X2), jaminan (assurance) (X3), dan empati (empathy) (X4), serta bukti fisik (tangibles) (X5) yang diberikan oleh Unit Simpan Pinjam Jabung berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan Unit Simpan Pinjam Jabung
3. Untuk mengetahui variabel pelayanan apakah yang mempengaruhi paling dominan terhadap kepuasan nasabah Unit Simpan Pinjam KAN Jabung
D. KONTRIBUSI PENELITIAN
 Adapun kontribusi yang diharapkan dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Bagi Peneliti
 a. Sebagai aplikasi dari ilmu yang diperoleh selama dibangku perkuliahan
b. Untuk lebih memperluas wawasan, pengetahuan dan pengalaman penulis untuk berfikir lebih kritis dan sistimatis dalam menghadapi permasalahan yang terjadi.
 2. Bagi Ilmu Pengetahuan
 a. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menambah khasanah keilmuan dalam bidang manajemen, khususnya konsentrasi pemasaran (marketing).
b. Penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai bahan referensi untuk pengembangan penelitian selanjutnya.
3. Bagi Perusahaan
 a. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan sebuah informasi yang berguna bagi perusahaan.

b. Sebagai alat pertimbangan untuk mengevaluasi strategi pemasaran perusahaan yang selama ini diaplikasikan, dalam hal ini prilaku konsumen
Untuk Mendownload Skripsi "Skripsi Akutansi :Pengaruh pelayanan terhadap kepuasan nasabah unit simpan pinjam Koperasi Agro Niaga (KAN) Jabung, Malang.Untuk Mendownload skripsi ini silakan klik link dibawah ini


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment