Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Tuesday, April 4, 2017

Jasa Buat Skripsi: download Skripsi akutansi:Implementasi metode activity-based costing untuk penentuan harga pokok produksi pada Giat Printing Malang

Abstract

INDONESIA:
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan pada Giat Printing Malang. Penelitian ini mempunyai tujuan utama yaitu untuk memberikan gambaran tentang konsep Activity Based Costing yang akan dapat menghasilkan perhitungan harga pokok produksi dengan lebih akurat.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Dokumentasi yaitu teknik dengan cara mengumpulkan data melalui dokumen-dokumen perusahaan mengenai data yang terkait dengan Harga Pokok Produksi. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah Harga Pokok Produksi pada Giat Printing Malang. Obyek penelitian dalam penelitian ini adalah data-data yang berhubungan dengan penentuan Harga Pokok Produksi.
Harga Pokok Produksi dengan metode tradisional diperoleh hasil untuk Kertas Sigaret adalah sebesar Rp 213.500,15 dan untuk Kemasan Rokok sebesar Rp1.536.547,74. Harga Pokok Produksi menggunakan Activity-Based Costing System diperoleh hasil Harga Pokok Produksi untuk Kertas Sigaret adalah sebesar Rp 199.544,74 dan untuk Kemasan Rokok sebesar Rp1.618.341,93.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Activity-Based Costing System apabila dibandingkan dengan metode tradisional maka memberikan hasil yang lebih besar pada kemasan rokok dan lebih rendah pada kertas sigaret. Perbedaan yang terjadi disebabkan karena pembebanan biaya overhead pada masing-masing produk. Pada metode tradisional biaya overhead pada masing-masing produk hanya dibebankan pada satu cost driver saja yaitu jumlah unit produksi. Pada Activity-Based Costing System biaya overhead pada masing-masing produk dibebankan pada beberapa cost driver sehingga Activity-Based Costing System mampu mengalokasikan biaya aktivitas ke setiap produk secara tepat berdasar konsumsi masing-masing aktivitas.
ENGLISH:
This research is a qualitative descriptive study conducted on Giat Printing Malang. The main objective of this study is to provide an overview of the concept of Activity Based Costing will be able to produce a calculation of the cost of production more accurately.
Data collection methods used in this study is documentation. Documentation is a technique by collecting data through company documents regarding the data associated with the Cost of Production. Research subjects in this study is the Cost of Production at Active Printing Malang. The research object in this study is the data associated with the determination of the Cost of Production. Cost of Production with the results obtained by the traditional method for Cigarette Paper is Rp 213,500.15 and for Cigarette Packaging for Rp 1.536.547, 74. Cost of Production using Activity-Based Costing System obtained results for Paper of cigarettes Production cost is Rp 199,544.74 and Packaging for Cigarettes by Rp1.618.341,93.


The results showed that the Activity-Based Costing System when compared with the traditional method gives greater yields on cigarette packs and lower in cigarette paper. Differences that occur due to the overhead of loading on each product. In traditional methods of overhead costs for each product is only charged to only one cost driver is the number of production units. In Activity-Based Costing System overhead on each product charged at some cost driver that Activity-Based Costing System is able to allocate costs to each activity based on the exact product consumption each activity.

BAB 1
PENDAHULUAN
1.1.  Latar belakang
Tidak banyak orang yang memahami bahwa harga pokok produk dan jasa merupakan refleksi kemampuan suatu organisasi dalam memproduksi barang dan jasa. Semakin tinggi kemampuan mengelola biaya (cost), maka akan semakin baik produk dan jasa yang ditawarkan pada pelanggan baik dari sisi harga maupun kualitas. Harga pokok mempunyai peranan yang sangat penting dalam menentukan harga jual produk. Penetapan biaya yang lebih tepat akan menghasilkan harga pokok produksi/jasa yang lebih akurat. Oleh karena itu, perusahaan harus benarbenar serius menangani harga pokok produksinya. Dalam perhitungan biaya produk untuk menentukan harga pokok produksi/ jasa masih banyak perusahaan yang menggunakan system tradisional metode full costing (Mulyadi, 2001 :83). Dewasa ini mayoritas perusahaan masih menggunakan metode tradisional dalam penetapan biayanya. Pembebanan biaya produksi ini dilakukan atas biaya langsung dan tidak langsung yang berhubungan dengan produk atau jasa yang dihasilkan. Pembebanan biaya tersebut dilakukan dengan berdasarkan pembebanan secara menyeluruh atau per departemen. Metode ini tidak sesuai dengan jenis produk atau jasa yang bervariatif, sehingga memberikan informasi biaya yang terdistorsi atau tidak akurat dalam pembebanan. Hal ini dapat memunculkan undercosting atau overcosting pada produk yang dijual karena tidak mencerminkan biaya yang sebenarnya dan hal ini akan berpengaruh pada laba 2 perusahaan. Distorsi biaya juga akan berdampak pada kesalahan penetuan biaya, pengambilan keputusan, perencanaan, dan pengendalian perusahaan. Inilah yang mendasari dikembangkannya metode Activity Based Costing (ABC). Metode Activity Based Costing (ABC) adalah suatu metode perhitungan yang sederhana untuk menentukan harga pokok produk/jasa dengan dasar bahwa aktivitaslah yang menyebabkan biaya itu timbul, bukan dari produk dan produklah yang mengkonsumsi aktivitas.
Dalam Activity Based Costing (ABC), biaya-biaya tidak dapat langsung dapat ditentukan melalui aktivitas yang dilaluinya dan biaya untuk masing-masing aktivitas tesebut kemudian dibebankan produk atas dasar konsumsi yang masing-masing produk pada aktivitas. Sistem Activity Based Costing dapat menyediakan informasi perhitungan biaya yang lebih baik dan dapat membantu manajemen mengelola perusahaan secara efisien serta memperoleh pemahaman yang lebih baik atas keunggulan kompetitif, kekuatan, dan kelemahan perusahaan. Sehingga dengan metode Activity Based Costing dapat menyajikan informasi harga pokok produk/jasa secara cermat dan akurat bagi kepentingan manajemen. Salah satu perusahaan yang masih menggunakan metode tradisional dalam perhitungan harga pokok produksinya adalah Giat Printing.
Giat Printing merupakan usaha perseorangan yang bergerak dalam bidang percetakan. Usaha ini berlokasi di Jalan Kol. Sugiono no. 40-41 Gadang Malang. Produk yang dihasilkan adalah kemasan rokok dan AMBRI (kertas sigaret). Dalam menentukan harga pokok produksi setiap produk, Giat Printing hanya 3 memasukkan komponen biaya bahan dan biaya tenaga kerja langsung serta membebankan biaya overhead dengan menggunakan satu pemicu biaya saja yakni unit produksi. Dan hal tersebut dapat menyebabkan distorsi dalam pembebanan dan memberikan informasi yang kurang akurat.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka dalam penelitian ini penulis tertarik untuk menyusun skripsi dengan judul “Implementasi Metode ActivityBased Costing untuk Penentuan Harga Pokok Produksi Pada Giat Printing Malang”
1.2.  RumusanMasalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan sebelumnya, maka masalah yang dapat dirumuskan adalah: “Bagaimana penerapan metode Activity Based Costing terhadap perhitungan harga pokok produksi padaGiat Printing Malang?”
1.3. TujuanPenelitiandanKegunaanPenelitian
A. TujuanPenelitian
 Dari rumusan masalah diatas maka penelitian ini mempunyai tujuan: Untuk memberikan gambaran tentang konsep Activity Based Costing yang akan dapat menghasilkan perhitungan harga pokok produksi dengan lebih akurat.
B. KegunaanPenelitian
Penulisan hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi berbagai kalanganya itu, sebagai berikut :
a. Hasil penelitian ini dapat diharapkan dapat berguna bagi perusahaan sebagai masukan untuk meningkatkan kinerja dan menentukan suatu strategi perusahaan khususnya dalam mengoptimalkan fungsi dan peranan informasi.
b. Dapat menjadi sarana untuk mengembangkan potensi diri atau wawasan khusus yang berkaitan dengan materi yang disajikan.

c. Sebagai bahan bacaaan atau literature bagi penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan penelitian ini.
Untuk Mendownload Skripsi "Skripsi Akutansi Implementasi metode activity-based costing untuk penentuan harga pokok produksi pada Giat Printing Malang." silakan klik link dibawah ini



Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment