Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Tuesday, April 4, 2017

Skripsi: download Skripsi akutansi:Evaluasi sistem informasi akuntansi pada rumah sakit umum Lawang Medika

Abstract

INDONESIA:
Dalam era globalisasi dewasa ini, sebagian besar perusahaan yang bergerak dibidang jasa mengalami perkembangan yang sangat pesat, salah satunya yaitu pada rumah sakit. Diantara aktivitas yang ada aktivitas yang berhubungan dengan pelayanan jasa rawat jalan dan rawat inap merupakan aktivitas yang paling penting, karena pendapatan terbesar rumah sakit diperoleh dari hal tersebut. Untuk menjalankan kegiatannya dengan efektif dan efisien, sebuah rumah sakit memerlukan suatu sistem pengolahan data informasi yang mendukungnya, yaitu dengan adanya sistem informasi akuntansi yang memadai.
Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui sistem yang diterapkan dirumah sakit khususnya dalam pelayanan jasa rawat jalan dan rawat inap pada Rumah Sakit Umum Lawang Medika. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dalam penelitian ini ditemukan beberapa kelemahan dalam sistem yang selama ini digunakan dalam Rumah Sakit Umum Lawang Medika, kelemahan ini meliputi tugas dan wewenang yang dijabat ganda dalam satu bagian atau devisi, kurangnya dokumen yang memadai, serta tidak adanya job description yang jelas pada setiap unit/ devisi. Oleh sebab itu, peneliti merekomendasikan SIA yang terdiri dari struktur organisasi dan job description serta dokumen yang dibutuhkan dalam SIA. Disimpulkan bahwa dengan adanya sistem informasi akuntansi, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan informasi pada Rumah Sakit Umum Lawang Medika.
ENGLISH:
In today's era globalosasi, most companies engaged in the service has developed very rapidly, one of which is at the hospital. Among existing akitivitas activities associated with outpatient services and hospitalization is the most important activity, because most hospital revenue derived from it. To carry out its activities effectively and efficiently, a hospital requires a data processing system that supports information, namely the existence of an adequate system of accounting information.
The purpose of this study was to determine the system implemented in the hospital, especially in outpatient services and hospitalization in Lawang Medika General Hospital. This study used qualitative analysis methods of observation, interview and documentation.

In the present study found several weaknesses in the system that have been duganakan in Lawang Medika General Hospital , this includes duty drawback and that is held wewnang double in one section or division, lack of adequate documents, as well as the absence of a clear job description for each unit / division. Therefore, the researchers recommend SIA consisting of organizational structure and job description as well as the documents required in the AIS. It was concluded that the accounting information system, is expected to meet the needs of the information on General Hospital Lawang Medika 


 BAB I
PENDAHULUAN
1.1.  Latar Belakang
Institusi rumah sakit merupakan salah satu organisasi yang bergerak dalam bidang jasa yang melibatkan banyak pihak, seperti misalnya dokter, pasien, pegawai,dan masayarakat umum. Rumah sakit ini di kelompokan menjadi 2 yaitu Rumah Sakit yang dikelola pihak swasta (Private Hospital) dan Rumah Sakit yang dikelola oleh pemerintah (Publik Hospital) atau rumah sakitu mum. Selain itu, Rumah sakit merupakan suatu organisasi yang tujuannya tidak untuk memupuk laba sebesar-besarnya, melainkan untuk menjaga kelangsungan hidup masyarakat dan untuk meningkatkan mutu pelayanannya. Deddi Nordiawan (2006:26). Namun, di sisi lain rumah sakit juga tidak dapat terlepas dari kebutuhan pembiayaan yang sebagian besar digunakan untuk membeli peralatan medis, obat-obatan, jasa para tenaga medis, dan pembiayaan-pembiayaan lainnya.
Salah satu kebutuhan pembiayaan ini dapat diperoleh dari pelayanan jasa rawat inap, rawat jalan. Pelayanan jasa rawat inap, rawat jalan ini merupakan sumber pemasukan dana terbesar dari pendapatan rumah sakit. Dalam menjalankan kegiatan operasionalnya rumah sakit ini melakukan beberapa transaksi yang melibatkan entitas keuangan itusendiri. Transaksi keuangan yang dilakukan rumah sakit antaralain, penerimaan dana umum, pendapatan jasa pasien, penggajian, dan pembelian aktiva. Dalam melakukan 2 aktivitas transaksi keuangan pada bagian akuntansi ini maka pengendalian internal melalui sistem informasi akuntansi sangat dibutuhkan. Dengan menggunakan sistem informasi akuntansi di tunjukkan untuk bisa menghilangkan tindakan curang seperti korupsi, baik yang dilakukan oleh pihak internal maupun pihak eksternal. Akuntansi sebagai suatu sistem informasi mencakup kegiatan mengidentifikasi, menghimpun, memproses, dan mengkomunikasikan informasi ekonomi mengenai suatu organisasi keberbagai pihak. Sistem Informasi akuntansi merupakan bagian yang sangat penting dalam suatu sistem informasi perusahaan. Dalam suatu sistem informasi perusahaan, sistem informasi akuntansi merupakan suatu bagian dari sistem informasi yang lebih banyak berhubungan dengan data keuangan.
MenurutWidjajanto (2002: 14) Dan dengan adanya sistem informasi akuntansi yang memadai, menjadikan akuntan perusahaan dapat menyediakan informasi keuangan bagi setiap tingkatan manajemen, para pemilik atau pemegang saham, kreditu dan para pemakai laporan keuangan lain yang dijadikan dasar pengambilan keputusan ekonomi, Mulyadi(2001:05). Lebih rinci lagi, kebijakan dan prosedur yang digunakan secara langsung dimaksudkan untuk mencapai sasaran dan menjamin atau menyediakan laporan keuangan yang tepat serta menjamin ditaatinya atau dipatuhinya hokum dan peraturan hal ini disebut pengendalian internal. Kebutuhan akan informasi keuangan pada saat ini sangat penting dalam semua kegiatan, salah satunya adalah kegiatan bisnis. 3 Manfaat dari informasi keuangan yang didapatkan untuk kegiatan bisnis adalah sebagai dasar dari pengambilan keputusan dengan adanya sistem informasi akuntansi, penyajian informasi keuangan yang sangat dibutuhkan tersebut bisa dengan cepat di dapat, tepat waktu, akurat, dan relevan. Peranan sistem informasi akuntansi sangat besar bagi perusahaan karena merubah dari pencatatan transaksi yang “kurang tertib” menjadi pencatatan yang “sistemik” (akuntabel). Sistem informasi akuntansi dapat merepresentasikan semua informasi yang bersifat keuangan selama perusahaan tersebut berjalan.
Penggunaan bagan alur berupa flowcart dalam merancang sistem informasi sangat diperlukan sebagai alat bantu dasar dalam membangun sistem informasi akuntansi sebuah perusahaan. Sehubungan dengan penjelasan diatas yaitu salah satu pendapatan rumah sakit yang cukup besar adalah pendapatan dari pelayanan rawat jalan dan rawat inap dimana pelayanan rawat inap merupakan suatu peleyanan kesehatan bagi pasien yang dinyatakan oleh dokter untuk dirawat pada suatu rumah sakit, agar pasien tersebut memperoleh perawatan yang optimal hingga pasien sembuh didalam rawat jalan dan rawat inap ada prosedur yang berkaitan mengenai penginputan data pasien, dokumen- dokumen yang digunakan untuk menjalankan kegiatan rumah sakit memerlukan suatu sistem pengelolaan data informasi yang mendukungnya. Salah satu sistem yang dibutuhkan adalah sistem informasi akuntansi. Kesalahan sering terjadiya itu dalam kesalahan pemasukan dan pencatatan data pasien dalam kegiatan prosedur dan sistem pelayanan rawat jalan dan rawat inap. Dengan sistem 4 informasi yang memadai diharapkan data yang masuk maupun yang keluar dapat diproses dengan baik terutama pada kegiatan rawat jalan dan rawat inap rumah sakit tersebut. Dimana dalam pelayanan rawat jalan dan rawat inap sistem dan prosedur harus disusun sedemikian rupa sehingga terlihat langkahlangkah yang jelas dari segenap aktivitas mulai dari prosedur pendaftaran pasien, prosedur tindakan perawatan rawat jalan dan rawat inap sampai dengan prosedur pasien pulang.
Berdasarkan uraian diatas dalam penelitian ini penulis tertarik untuk mengangkat masalah tersebut dengan mengambil “Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Pada Rumah Sakit Umum Lawang Medika”
1.2.  Rumusan Masalah
 Bagaimana pelaksanaan sistem informasi akuntansi pelayanan rawat jalan dan rawat inap pada Rumah Sakit Umum Lawang Medika?

1.3. Tujuan Penelitian
1. Untuk mengetahui sistem yang diterapkan pada Rumah Sakit Umum Lawang Medika, khususnya dalam hal pelayanan rawat jalan dan rawat inap.
2. Untuk melihat sistem yang diterapkan di Rumah Sakit Umum Lawang Medika dengan dibandingkan dengan definisi teoritis yang dikemukakan oleh para ahli.
 3. Memberikan rekomendasi terhadap pelaksanaan sistem pelayanan rawat jalan dan rawat inap yang ada di Rumah Sakit Umum Lawang Medika .

1.4 Manfaat Penelitian
1. Perusahaan/ RumahSakit. Dari hasil ini diharapkan dapat digunakan untuk memberikan bahan pertimbangan dan masukan dalam perbaikan sistem pelayanan rawat jalan dan rawat inap perusahaan yang bersangkutan. Selain itu juga memberikan informasi dan pemikiran bagi pihak yang berkepentingan untuk mengembangkan sistem informasi akuntansi atas pelayanan rawat jalan dan rawat inap.
2. Penulis. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai aplikasi teori-teori telah didapat sehingga dapat memperluas wawasan pengetahuan.
3. Kontribusi Kebijakan. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dan perenungan atas kebijakan yang telah diterapkan pada masa lalu, kini maupun mendatang.

1.5 BatasanPenelitian

 Dalam penelitian ini objeknya terbatas pada suatu perusahaan atau rumah sakit saja yaitu Rumah Sakit Umum Lawang Medika yang difokuskan pada sistem informasi akuntansi pelayanan rawat jalan dan rawat inap menggunakan data primer yang diperoleh berdasarkan observasi, dan dokumentasi terkait saat pelayanan rawat jalan dan rawat inap. Sehingga penelitian ini bisa memberikan masukan terhadap sistem informasi akuntansi pada Rumah Sakit Umum Lawang Medika dan terkait dengan luasnya lingkup permasalahan dan waktu serta keterbatasan dalam penelitian yang dilakukan berkaitan dengan sistem pelayanan rawat jalan dan rawat inap, maka penelitian dibatasi pada kebijakan dan aplikasinya di dalam proses sistem pelayanan rawat jalan dan rawat inap
Untuk Mendownload Skripsi "Skripsi Akutansi Evaluasi sistem informasi akuntansi pada rumah sakit umum Lawang Medika." silakan klik link dibawah ini



Artikel Terkait: