Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Tuesday, April 4, 2017

Skripsi: download Skripsi akutansi:Analisis sistem pengendalian intern siklus pendapatan pada PT Sinar Media Tiga Malang untuk menunjang aktivitas perusahaan

Abstract

INDONESIA:
Umumnya setiap perusahaan mempunyai tujuan yang sama, yaitu memperoleh laba yang maksimum dalam rangka mempertahankan kelangsungan hidupnya. Kebutuhan akan berbagai alat pemenuhan kebutuhan akan meningkat. Dengan demikian, perusahaan dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan keinginan konsumen tersebut agar dapat mempertahankan dan meningkatkan pangsa pasar sehingga tujuan utama perusahaan dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pengendalian intern siklus pendapatan yang diterapkan oleh PT Sinar Media Tiga Malang, apakah dapat memenuhi standar yang diterapkan oleh perusahaan.
Metode penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Analisis yang dilakukan meliputi fungsi-fungsi yang terkait, dokumen yang digunakan, jaringan prosedur yang membentuk sistem dan pengendalian internal yang membentuk sistem pengendalian intern siklus pendapatan.Hasil penelitian menunjukkan, dalam kegiatan pengendalian intern siklus pendapatan PT Sinar Media Tiga Malang masih terdapat kelemahan-kelemahan yaitu1) Karyawan kurang dapat melaksanakan tugas dan wewenangnya dengan baik dan sesuai standar 2) Masih terdapat perangkapan tugas oleh karyawan dan ketidak jelasan tugas dan wewenang, 3) Kurang efisiennya alur siklus pendapatan yang ada pada perusahaan. Sehingga direkomendasikan harus ada evaluasi serta perhatian dari setiap unit kerja di PT Sinar Media Tiga agar kedepannya dapat menekan dan meminimalisir kecurangan serta pengeluaran perusahaan, sehingga dapat memajukan perusahaan secara optimal.

ENGLISH:
Generally every company has the same goal , which is to obtain maximum profit in order to survive . The need for a variety of tools to meet the needs will increase . Thus , the company is required to keep abreast of these consumer desires in order to maintain and increase the market share that the company's main objectives will be achieved . This study aims to determine the revenue cycle internal control system implemented by PT Sinar Media Three Malang , whether it can meet the standards adopted by the company .
The research method was descriptive qualitative research using primary data and secondary data . Analysis was conducted on the related functions , documents used , the procedures that make up the network and internal control systems that form the internal control system revenue cycle research shows , the revenue cycle internal control activities of PT Sinar Media Three Malang still shortcomings is 1 ) employees are less able to carry out the duties and responsibilities properly and according to the standard 2 ) there are still doubelts duty by employees and lack of clarity in the duties and authority , 3 ) Less efficient flow of existing revenue cycle at the company . Recommended so that there should be an evaluation and care of each work unit PT Sinar Media Three that can suppress and minimize future fraud and corporate spending , so as to promote the company optimally .
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
 Era globalisasi dunia usaha saat ini dihadapkan pada situasi atau kondisi persaingan yang semakin ketat yang menuntut perusahaan untuk menjalankan usahanya dengan lebih efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan perusahaan. Pada umumnya setiap perusahaan mempunyai tujuan yang sama, yaitu memperoleh laba yang maksimum dalam rangka mempertahankan kelangsungan hidupnya. Hal ini dapat memberikan dampak terhadap taraf kehidupan masyarakat. Kebutuhan akan berbagai alat pemenuhan kebutuhan akan meningkat, peningkatan ini akan diikuti pula dengan adanya permintaan terhadap kualitas dan harga barang.
Dengan demikian, perusahaan dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan keinginan konsumen tersebut agar dapat mempertahankan dan meningkatkan pangsa pasar sehingga tujuan utama perusahaan dapat tercapai. Perkembangan globalisasi sekarang ini menyebabkan persaingan usaha antar perusahaan semakin ketat. Perusahaan dituntut untuk memberikan pelayanan terbaik agar dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan kepada perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan harus mempertimbangkan strategi yang tepat untuk diterapkan dalam menghadapi segala tantangan tersebut. Pengertian sistem menurut Widjajanto (2008 : 2) adalah “sesuatu yang memiliki bagian-bagian yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu melalui tiga tahapan yaitu input, proses dan output.”Penerapan sistem 2 pengendalian intern siklus pendapatan dapat menunjang kelancaran aktivitas perusahaan, sehingga memperkecil kemungkinan terjadinya kesalahan atau kecurangan, serta kelalaian yang dapat merugikan perusahaan. Hal ini dimaksudkan agar dapat mencapai prinsip efisiensi, efektifitas dan ekonomis. Setiap perusahaan memiliki sistem operasional yang berbeda-beda dalam melakukan bisnis usahanya.
Namun, secara umum perusahaan harus memiliki sistem operasional yang tepat di setiap fungsi yang dijalankan. Sistem operasional yang baik ini merupakan salah satu kunci dalam proses pengendalian manajemen. Sistem informasi akuntansi merupakan salah satu jenis sistem informasi yang diperlukan oleh perusahaan dalam menangani kegiatan operasionalnya sehari-hari untuk menghasilkan informasi-informasi akuntansi serta informasi lainnya mengenai proses bisnis perusahaan yang diperlukan oleh manajemen dan pihak-pihak terkait lainnya sehubungan dengan pengambilan keputusan dan kebijakan-kebijakan lainnya. Menurut Astuti (2008: 15), informasi adalah gagasan, fakta, karya imajinatif seseorang yang dikomunikasikan, menambah pengetahuan penerima informasi, mengurangi ketidakpastian, sehingga bertambah keyakinan penerima informasi dan dapat mengambil keputusan, serta dalam berbagai format bentuk. Sejalan dengan tingginya tingkat persaingan, perkembangan perekonomian dan kemajuan teknologi maka, peranan informasi menjadi sangat penting demi kemajuan perusahaan. Informasi yang cepat, akurat dan berdaya guna merupakan sarana bagi pihak manajemen dalam mengelola perusahaan dan sebagai pelaporan bagi pihak-pihak yang berkepentingan. Guna mendapatkan informasi ini 3 diperlukan suatu sistem akuntansi berupa formulir-formulir, catatan-catatan, prosedur-prosedur, dan alat-alat yang digunakan untuk mengelola data mengenai usaha suatu kesatuan ekonomis.
Menurut Azhar Susanto (2007: 46) pengertian Informasi adalah Informasi adalah hasil pengolahan data yang memberikan arti dan manfaat.Dari definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa informasi adalah gagasan, fakta, karya imajinatif yang diperoleh dari hasil pengolahan data yang memberikan arti dan manfaat. Informasi akuntansi merupakan bagian terpenting dari seluruh informasi yang diperlukan oleh manajemen. Informasi akuntansi terutama berhubungan dengan data keuangan dari suatu perusahaan. Agar data keuangan yang ada dapat dimanfaatkan oleh pihak manajemen maupun pihak diluar perusahaan, maka data tersebut perlu disusun dalam bentuk-bentuk yang sesuai. Di perlukan suatu sistem yang mengatur arus dan pengolahan data akuntansi dalam perusahaan untuk dapat menghasilkan informasi yang sesuai dan dalam bentuk yang sesuai juga. Sistem dan prosedur merupakan bagian integral tugas manajemen, sehingga tampak adanya keterkaitan antara pertimbangan-pertimbangan dalam pengambilan keputusan dengan sistem dan prosedur. Sistem akuntansi yang efektif memerlukan persetujuan dan dukungan dari semua tingkat manajemen, untuk itu diperlukan pendelegasian wewenang dan tanggung jawab agar efisiensi dapat tercapai dan tentunya dengan sistem akuntansi yang efektif dan akan memperkuat struktur pengendalian intern atas harta, hutang, modal, pendapatan dan beban perusahaan. 4 Pada perusahaan, siklus pendapatan merupakan hal yang sangat kritikal karena merupakan pusat bisnis dan penerimaan pendapatan terbesar yang diperoleh. Pengendalian intern dalam siklus pendapatan mempunyai peranan yang cukup besar. PT Sinar Media Tiga Malang atau yang biasa disebut dengan PT SIMETRI Malang merupakan perusahaan perseroan yang bergerak dalam bidang usaha jasa pemasangan alat GPS dan software alat kasir. Pengendalian intern pada PT.Sinar Media Tiga masih ada kekurangan dalam pengaturan tugas dan wewenang setiap pegawai, karena masih ada perangkapan dalam tugas setiap pegawainya.
 Hal tersebut dapat mengurangi kinerja pegawai dan dapat memperbesar kemungkinan kecurangan pegawai dalam kegiatan operasional perusahaan. Siklus pendapatan tidak hanya mengenai adanya suatu pendapatan atau laba saja, namun lebih kepada proses dimulainya suatu transaksi penjualan produk beserta seluruh pencatatannya sampai pada akhirnya diakui sebagai suatu pendapatan perusahaan. Semua itu memerlukan sistem dan metode yang baik agar siklus pendapatan pun dapat berjalan dengan baik. Salah satu cara untuk mengetahui siklus pendapatan telah berjalan dengan baik atau tidak adalah dengan melakukan evaluasi terhadap pengendalian internal dari siklus pendapatan perusahaan tersebut.
Berdasarkan hal tersebut diatas penulis tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut dan dituangkan kedalam skripsi dengan judul :“Analisis Sistem Pengendalian Intern Siklus Pendapatan Pada PT. Sinar Media Tiga untuk Menunjang Aktivitas Perusahaan”
1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas, maka penulis mencoba merumuskan pertanyaan penelitian sebagai bahan untuk diteliti dan dianalisis adalah :
1. Bagaimana siklus pendapatan pada PT Sinar Media Tiga Malang?
2. Bagaimana sistem pengendalian intern untuk siklus pendapatan pada PT Sinar Media Tiga Malang ?
3. Bagaimanakah sistem pengendalian intern yang efektif dan efisien untuk siklus pendapatan pada PT Sinar Media Tiga Malang?
 1.3 Tujuan Penelitian
 Sesuai dengan latar belakang dan rumusan masalah penelitian di atas maka tujuan dari penelitian ini adalah :
1. Untuk mengetahui siklus pendapatan pada PT Sinar Media Tiga Malang.
 2. Untuk mengetahui sistem pengendalian intern untuk siklus pendapatan pada PT Sinar Media Tiga Malang.
3. Untuk mengetahui sistem pengendalian intern yang efektif dan efisien untuk siklus pendapatan pada PT Sinar Media Tiga Malang.
1.4 Manfaat Penelitian
 Hasil penelitian ini diharap mampu memberikan kontribusi ilmiah bagi berbagai pihak. Dan secara global akan memberikan kontribusi kepada:
1. Perusahaan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk memberikan bahan pertimbangan dan masukan dalam perbaikan pengendalian intern pada siklus pendapatan perusahaan yang bersangkutan. Selain itu juga memberikan informasi dan pemikiran bagi pihak yang berkepentingan untuk mengembangkan pengendalian intern atas siklus pendapatan.
 2. Penulis. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai aplikasi teori-teori yang telah didapat sehingga dapat memperluas wawasan pengetahuan.
 3. Mahasiswa Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai acuan untuk menyusun skripsi serta dapat memperluas wawasan pengetahuan.
1.5 Batasan Penelitian

Penelitian ini subyeknya terbatas pada satu perusahaan saja dan difokuskan pada sistem pengendalian intern pada siklus pendapatan dengan menggunakan data primer dan sekunder yang diperoleh berdasarkan observasi, wawancara dan kepustakaan terkait dengan sistem pengendalian intern pada siklus pendapatan di PT Sinar Media Tiga Malang.
Untuk Mendownload Skripsi "Skripsi Akutansi : Analisis sistem pengendalian intern siklus pendapatan pada PT Sinar Media Tiga Malang untuk menunjang aktivitas perusahaan." silakan klik link dibawah ini

g aktivitas perusahaan

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment