Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Tuesday, May 9, 2017

Jasa Buat Skripsi: download Skripsi Manajemen:Efektivitas tagline Aqua dan pengaruhnya pada brand awareness dan keputusan pembelian Aqua di Kota Malang

Abstract

INDONESIA:
Aqua sebagai pemimpin brand AMDK terus berkomunikasi, salah satunya melalui tagline. Diharapkan dengan tagline mampu mengingat dan memberikan kesan pada merek Aqua serta untuk memastikan konsumen menerima produk Aqua. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini betujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas tagline Aqua “#AdaAqua” dan Pengaruh efektivitas tagline Aqua (X) terhadap brand awareness (Y1) dan Keputusan pembelian (Y2), baik secara langsung maupun tidak langsung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 151 responden. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan karakteristik responden dari kalangan muda yang mengetahui iklan tagline Aqua “#AdaAqua”. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan skala likert dan metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tagline Aqua “#AdaAqua” 92% efektif. Kemudian secara hipotesis simultan, efektivitas tagline berpengaruh signifikan terhadap brand awareness sebesar 41,9%. Sedangkan brand awareness secara hipotesis simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 46,6%. Secara hipotesis parsial dua variabel (mudah diingat dan sederhana) yang berpengaruh pada brand awareness. Satu variabel (terpercaya) berpengaruh negatif dan tiga variabel (asli, provokatif dan bisa dikampanyekan) tidak berpengaruh terhadap brand awareness. Dari analisis jalur (path analysis) terdapat pengaruh antara variabel mudah diingat dan sederhana terhadap keputusan pembelian melalui brand awareness.
ENGLISH:
Aqua as a leader brand of bottled water continue to communicate, one of which uses tagline. Tagline is expected to be able to remember and give the impression of Aqua brand as well as to ensure that customer receives Aqua’s product. Based on these,this study aims to determine how far an effectiveness of Aqua tagline “#AdaAqua” and The Effect of Aqua tagline effectiveness (X) on brand awareness (Y1) and purchase decision (Y2), either directly or indirectly.
This study uses descriptive quantitative approach. The number of samples used in this study are 151 respondents. The sampling method used in this studyis purposeful sampling with characteristics of respondents from young people who know the advertisement of Aqua tagline “#AdaAqua”. The Instrument used in this study is likert scale and analytical method used is path analysis.
The result showed that Aqua tagline “#AdaAqua” 92% is effective. Then simultaneous hypothetically, the effectiveness tagline significantlyeffects on brand brand awareness 41,9%. Mean while, brand awareness simultaneous hypothetically effects purchase decision 46,6%. Partial hypothetically, two variables (memorable and simple) effect on brand awareness. One variable (believable) has negative effect and three variables (original, provocative and campaignable) have no effect on brand awareness. From path analysis, there are some effects between easy variable and simple variable on purchase decision through brand awareness.



BAB I
PENDAHULUAN
 Pada bab pertama ini membahas tentang fenomena atau masalah yang melatarbelakangi peneliti tertarik untuk meneliti dan menentukan judul. Bab ini juga menjabarkan masalah, tujuan dan manfaat dari penelitian. Berikut penjelasan masing-masing sub bab:
1.1.  Latar Belakang
 Masalah Semakin tumbuhnya jumlah penduduk Indonesia semakin meningkat pula kebutuhan air bersih, peningkatan kebutuhan air bersih tersebut rata-rata sebesar 4,48% per tahun (Badan Pusat Statistik, 2014). Selain itu dorongan untuk hidup sehat juga menjadi pasar potensial untuk memasarkan produk yang dapat memenuhi kebutuhan dasar manusia seperti air minum. Akan tetapi saat ini sulit menemukan air yang baik untuk diminum dan dapat menjamin kesehatan. Salah satu solusi untuk memenuhinya adalah dengan mengkonsumsi air minum dalam kemasan. Industri air minum dalam kemasan terus memunculkan pemain baru baik dari dalam negeri maupun luar negeri, hal tersebut disebabkan permintaan masyarakat terhadap air bersih sangat tinggi sehingga menjadikan persaingan disektor ini semakin meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2014 jumlah industri air minum meningkat sebanyak 540 perusahaan yang pada tahun 2013 berjumlah 537 perusahaan (Badan Pusat Statistik, 2014). Menurut Asosiasi Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan Indonesia (ASPADIN) konsumsi AMDK 2 tumbuh 12,5% pertahun selama 2009-2014. Menurut riset Golden Sachs, Aqua menguasai 46,7% pangsa pasar AMDK disusul Club 4%, 2Tang 2,8%, Oasis 1,8%, Super O2 1,7% dan Sosro 1,4% (Bachdar, 2015). Aqua yang sampai saat ini sebagai pemimpin pasar produk AMDK, tidak lepas dari usaha perusahaan untuk terus berkomunikasi dengan konsumen. Salah satu alat komunikasinya adalah beriklan diberbagai media. Strategi agar pesan yang disampaikan menimbulkan kesan dan mudah di ingat dalam kampanye iklan yang sering digunakan adalah tagline. Aqua pun juga sering mengubah-ubah tagline sesuai dengan situasi dan kondisi serta sebagai strategi agar konsumen tidak bosan. Merujuk pemaparan Sidharta (2006) tentang beberapa tagline Aqua yang mengalami perubahan dari masa kemasa, pada 1974 yakni “Pure Artesian Well Water” kemudian berubah menjadi “Bersih, Bening dan Bebas Bakteri”. Pada 1985 tagline berubah lagi menjadi “Air Sehat Setiap Saat. Dan akhirnya berubah lagi pada 2000 dengan tagline “Aqua Sehatnya Nyata”. Kemudian Aqua menjadi top of mind, yang bergeser menjadi nama komoditi kerena sudah menjadi merek generik. Karena permasalahan tersebut Vice President Distribution Channel Danone Aqua Indonesia, Ciptadi Sukono dalam Bachdar (2015) memaparkan strategi Danone untuk meregenerasi merek Aqua, yakni salah satunya mengampanyekan tagline baru. Pada 2015 Aqua mengampanyekan tagline “#AdaAqua”. Tagline tersebut untuk memastikan konsumen agar menerima produk Aqua. Selain itu, strategi tersebut juga untuk me-remind kembali merek Aqua kepada kalangan muda karena angkatan 90an tidak familiar dengan merek Aqua.
Adapun dari hasil pengamatan awal peneliti menemukan fenomena pada kalangan muda yang populer dengan 3 tagline “#AdaAqua” dan sering digunakan untuk bahan lelucon maupun pembicaraan yang mengarahkan pada merek Aqua. Dalam penggunaan tagline, diharapkan konsumen akan mudah mengingat dan memberikan kesan sehingga meningkatkan awareness konsumen pada brand Aqua. Merujuk pada data Top Brand Index Aqua masih memimpin sebagai brand paling kuat dibanding para pesaingnya (www.topbrand-award.com, 2015). Hal tersebut sebagaimana tabel sebagai berikut: Tabel 1.1 Top Brand Index (TBI) Kategori Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) 2015 Merek TBI Aqua 75,9% Club 5.0% Vit 2.6% Ades 2.6% Sumber: www.topbrand-award.com,2015 Berdasarkan tabel diatas terlihat bahwa Aqua berada pada peringkat pertama dengan rata-rata top brand index 75,9%, terdapat perbedaan yang jauh antara Aqua dengan para pesaingnya. Hal ini menandakan bahwa brand awareness konsumen masih sangat kuat pada merek Aqua. Meskipun begitu dalam beberapa tahun terakhir Aqua mengalami fluktuasi dan lebih cenderung turun, hal tersebut perlu diperhatikan Aqua. Berikut data tabel Top Brand Index Aqua selama tiga tahun terahir: 4 Tabel 1.2 Top Brand Index (TBI) Produk AMDK Aqua Tahun TBI 2013 81,6% 2014 75,2% 2015 75,9% Sumber: www.topbrand-award.com, 2015 Dari data tabel diatas menunjukan ada penurunan yang terjadi pada merek Aqua sebesar 6,4% pada tahun 2014, yang pada tahun 2013 sebesar 81,6% menjadi 75,2% dan kembali naik sebesar 0,7% pada tahun 2015. Walaupun naik kembali pada tahun 2015 akan tetapi hal tersebut tidak terlalu besar. Nilai yang cenderung turun ini sangat tidak baik bagi Aqua dalam menghadapi persaingan di industri AMDK di Indonesia, apalagi industri AMDK saat ini semakin berkembang dengan kemunculan merek-merek baru meskipun tak sebesar merek-merek yang ada dalam tabel 1.1. Walaupun brand awareness sangat kuat suatu produk akan tetapi belum bisa menjamin secara langsung mendorong sales (Aaker, 1991:87). Jadi proses pemasaran harus tetap dilakukan sampai pada proses pembelian sebenarnya. Untuk itu dari pemaparan latar belakang tersebut peneliti tertarik untuk mengangkat judul “Efektivitas Tagline Aqua dan Pengaruhnya pada Brand Awareness dan Keputusan Pembelian Aqua”.
1.2.  Rumusan Masalah
Perumusan masalah sangat penting dalam penelitian agar batasan masalah jelas sehingga dapat dijadikan acuan dalam melakukan penelitian, adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah:
 1) Sejauh mana keefektifan tagline Aqua?
2) Apakah tagline Aqua mempengaruhi brand awareness konsumen?
 3) Apakah brand awareness mempengaruhi keputusan pembelian Aqua?
 1.3. Tujuan Penelitian
Dalam penelitian ini adapun tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah:
 1) Untuk mengetahui keefektifan tagline Aqua
2) Untuk mengetahui pengaruh tagline Aqua terhadap brand Awareness
3) Untuk mengetahui pengaruh brand awareness terhadap keputusan pembelian Aqua 1.4. Manfaat Penelitian
Beberapa manfaat dari penelitian ini adalah:
 1. Bagi Penulis Sebagai seorang akademisi penelitian merupakan kesempatan yang baik untuk menerapkan teori yang telah dipelajari, khususnya dibidang pemasaran ke dalam dunia praktek dan untuk pengembangan pemikiran mengenai pemasaran.
2. Bagi Pihak Lain Hasil penelitian ini bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam praktik pemasaran yang berkaitan dengan tagline, brand awareness, dan keputusan pembelian. Selain itu juga sebagai referensi bagi para pembaca dan bisa digunakan sebagai informasi bagi penelitian yang lain yang berkaitan dengan bidang ini.
2.1. Batasan Penelitian
Agar lebih mengarah pada fokus penelitian, peneliti membatasi sebagai berikut:
1. Pengambilan sampel dengan karakteristik responden yang mengetahui tagline Aqua “#AdaAqua”.

2. Pengambilan sampel dengan syarat responden yang pernah atau sedang mengkonsumsi air minum dalam kemasan merek Aqua


Untuk Mendownload Skripsi "Skripsi Manajemen :Efektivitas tagline Aqua dan pengaruhnya pada brand awareness dan keputusan pembelian Aqua di Kota MalangUntuk Mendownload skripsi ini silakan klik link dibawah ini
DOWNLOAD

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment