Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Saturday, May 27, 2017

Jasa Buat Skripsi: download Skripsi Hukum Bisnis Syariah:Analisis prinsip keadilan terhadap akad rahn emas di BMT

Abstract

INDONESIA:
Produk yang ditawarkan oleh Baitul Maal wa Tamwil (BMT) ada salah satu produk yang termasuk produk penyaluran dana yaitu produk rahn (gadai). Produk rahn (gadai) adalah termasuk modal kerja jangka pendek. Selama ini yang sering kita dengar ataupun ketahui, bahwa gadai hanya ada diperusahaan umum pegadaian, tetapi ternyata BMT mempunyai produk pembiayaan rahn (gadai) yang berdasarkan prinsip syariah. Secara umum, produk pembiayaan rahn (gadai) pada BMT berupa gadai emas. Dalam suatu transaksi, keadilan menjadi syarat yang harus dipenuhi oleh seseorang yang berkehendak untuk melakukan suatu transaksi, karena keadilan merupakan salah satu prinsip syariah yang harus diterapkan pada BMT dan merupakan prinsip dasar yang harus ditegakkan dalam seluruh aspek kehidupan, termasuk kehidupan berekonomi.
Dari berbaga prisip yang muncul, peneliti mengadakan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana aplikasi akad gadai emas di BMT, bagaimana penerapan prinsip keadilan teradap akad rahn emas di BMT.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian normatif yang bersifat deskriptif. Data penelitian meliputi data sekunder. Pendekatan yang dipergunakan merupakan pendekatan normatif/yuridis. Sumber data meliputi bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Dalam menganalisis data, penulis akan menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Dalam penelitian ini diperkuat dengan menggunakan penelitian jenis empiris yang bersifat deskriptif.
Dalam praktek rahn emas Baitul Maal wa Tamwil (BMT) menggunakan dua akad, yaitu akad rahn dan akad ijarah. Yang mana kedua akad tersebut tertera pada lembar belakang Surat Bukti Rahn (SBR), sehingga dengan demikian setiap nasabah memahami apa yang hendak dilakukan. Dalam teknis pelaksanaannya nasabah tidak perlu mengadakan akad dua kali, sebab satu lembar SBR yang ditandatangani oleh nasabah sudah mencakup dua akad. Dengan kedua akad tersebut BMT telah menerapkan prinsip keadilan karena bagi hasil yang dibagikan oleh pihak BMT kepada nasabah sama rata, dan keduanya tidak merasa dirugikan satu sama lain.
ENGLISH:
Products offered by the Baitul Maal wa Tamwil (BMT) is one of the products including products which funds distribution that is rahn products (mortgage). Rahn product (mortgage) is included short-term working capital. So far, we often heard or known, that mortgage only in a general mortgage company, but actually BMT has rahn financing product (mortgage) based on Syari’ah principles. In general, rahn-financing product (mortgage) on the BMT is a gold mortgage. In a transaction, a justice have to be completed by someone who wishes to conduct a transaction, because justice is one of the Syari’ah principles that must be applied to the BMT and the basic principles that must be upheld in all aspects of life, including economic life.
From multiple principles, researchers conducted this study with the aim to find out how the application of gold mortgaging contract in BMT, how the application of principles of justice toward rahn gold agreement on the BMT.
This study includes normative research type with descriptive method. The research data include secondary data. The approach used is an normative/legal approach. Data sources include primary legal materials, secondary, and tertiary. Data collection techniques used in this research is the study of literature. In analyzing the data, the authors will use content analysis techniques. This study use descriptive empirical research type.
In practice, gold rahn of Baitul Mal wa Tamwil (BMT) using the two agreements, that is the rahn agreement and ijara agreement which of the two agreement are listed on the back sheet of Rahn Proof Letter or Surat Bukti rahn (SBR), and thus each customer understand what to do. In technical of implementation, the client does not need to hold the agreement twice, because a SBR sheet signed by the client already includes two agreements. With both contracts, BMT has applied the principles of justice because profit-shared which divided by BMT to the client are equally, and they do not feel harmed each other.



Untuk Mendownload Skripsi "Skripsi Hukum Bisnis Syariah" : Analisis prinsip keadilan terhadap akad rahn emas di BMT." Untuk Mendownload skripsi ini silakan klik link dibawah ini


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment