Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Monday, April 17, 2017

Jasa Buat Skripsi: download Skripsi Manajemen:Strategi bauran promosi pada produk cat Duta Paint CV Dharma Utama Kota Batu

Abstract

INDONESIA:
Dengan semakin cepatnya pertumbuhan perekonomian suatu negara, tingkat persaingan didunia industri juga semakin ketat, termasuk di industri properti. Agar bisa bertahan di pasar, produsen harus bisa mendistribusikan produknya hingga mampu menjangkau ke tempat yang paling dekat dengan konsumen agar produk tersebut dapat dinikmati secara cepat. Agar dapat bertahan di tengah persaingan itu, mereka harus mempunyai strategi bauran promosi yang tepat. Di tengah persaingan dan berbagai hambatan yang harus dihadapi oleh produsen cat dalam kegiatan komunikasi pemasarannya, mereka berupaya untuk memilih strategi yang mereka anggap paling jitu. Misalnya, banyak produsen cat yang rela mengeluarkan anggaran yang besar dengan iklan durasi panjang atau dengan mendukung event-event besar. Namun tidak demikian dengan CV Dharma Utama yang lebih memilih komunikasi langsung dengan konsumen dalam strategi bauran promosi mereka.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana strategi bauran promosi yang diterapkan CV Dharma Utama dalam memasarkan cat tembok Duta Paint agar dapat menjadi cat tembok pilihan konsumen, serta bagaimana implikasi penerapan strategi bauran promosi untuk kelangsungan hidup perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dari penelitian ini diperoleh dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menentukan strategi bauran promosinya, CV Dharma Utama melakukan berbagai analisis, baik internal maupun eksternal. Setelah melihat berbagai pertimbangan yang mendasarinya, maka ditetapkan strategi bauran promosi yang meliputi tujuan, pelaksana, pesan, media, audiens, waktu, anggaran, dan evaluasi. Sedangkan dalam aplikasi bauran promosinya, CV Dharma Utama menggunakan elemen promosi secara terintegrasi, yang meliputi iklan, promosi penjualan, personal selling, dan hubungan masyarakat.
ENGLISH:
With the rapid growth of the economy of a country, the level of competition in the industrial world also increasingly tight, including in the property industry. In order to survive in the market, manufacturers should be able to distribute its products to be able to reach out to the closest place to the consumer that the product can be enjoyed quickly. To be able to survive in the competitive, they must have the proper promotional mix strategies. In the midst of competition and barriers that must be overcome by paint manufacturers in marketing communication activities, they try to choose the strategy that they think is most telling. For example, many paint manufacturers are willing to spend big budgets with a long duration advertisement or by supporting major events. But not so with CV Dharma Utama who prefer direct communication with consumers in their promotional mix strategies.
The purpose of this study is to describe how the promotional mix strategies are applied CV Dharma Utama in marketing paint "Duta Paint" in order to be paint the walls consumer choice , as well as how the implications of the application of promotional mix strategies for the company's survival. This research uses descriptive qualitative method. Data from this study were obtained by interview, observation, and documentation.

The results showed that before determining promotional mix strategies, CV Dharma Utama perform a variety of analyzes, both internally and externally. After seeing many underlying considerations, it was determined that the promotion mix strategy includes objectives, implementing, messaging, media, audience, time, budget, and evaluation. While the promotional mix application, CV Dharma Utama uses integrated campaign elements, which includes advertising, sales promotion, personal selling, and public relations.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
 Dengan semakin cepatnya pertumbuhan perekonomian suatu negara, tingkat persaingan didunia industri juga semakin ketat, termasuk di industri properti. Agar bisa bertahan di pasar, produsen harus bisa mendistribusikan produknya hingga mampu menjangkau ke tempat yang paling dekat dengan konsumen agar produk tersebut dapat dinikmati secara cepat. Namun distribusi bukan merupakan jawaban produsen satu-satunya dalam hal memenuhi tantangan. Dalam persaingan yang ketat, konsumen terus ditawarkan oleh banyak produk yang sejenis sehingga pilihan atas keputusan membeli suatu produk menjadi perhatian yang serius bagi suatu perusahaan untuk meningkatkan penguasaan pangsa pasar. Pemasaran dan promosi yang dilakukan untuk suatu produk merupakan komponen bauran pemasaran yang tidak dapat dipisahkan secara parsial dalam membangun kinerja pemasaran untuk meningkatkan kesejahteraan pemilik saham. Pemasaran yaitu suatu proses sosial yang di dalam individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptkan, menawarkan dan secara bebas memperkirakan produk yang bernilai dengan pihak lain (Kotler, 2007:4). Promosi didefinisikan sebagai koordinasi dari seluruh upaya yang dimulai pihak penjual untuk membangun berbagai saluran informasi dan persuasi untuk menjual barang dan jasa atau memperkenalkan suatu gagasan (Morissan, 2007:18). Tetapi produsen sering mengalami dilema mengenai penetrasi produk di saluran distribusi yang sudah 100% namun produk belum seluruhnya terserap di pasar. Kondisi demikian sering terjadi pada produk yang masuk dalam klasifikasi produk penjualan lambat. Eksistensi suatu produk di pasar oleh perusahaan sering dibedakan menjadi dua klasifikasi yaitu produk penjualan lambat dan produk penjualan cepat.
Produk penjualan lambat adalah produk dari perusahaan yang permintaan konsumen terhadap produk tersebut belum terlalu tinggi sedangkan produk penjualan cepat adalah produk dari suatu perusahaan yang sangat diminati oleh konsumen sehingga permintaan terhadap produk ini sangat tinggi (lancar). Media promosi pada umunya ada lima yaitu: periklanan, personal selling, publisitas, strategi bauran promosi , dan pemasaran langsung (Kotler, 2005:98). Kelima media promosi tersebut merupakan media yang digunakan oleh produsen dalam meningkatkan komunikasi suatu produk untuk merebut hati konsumen. CV. Dharma Utama adalah sebuah perusahaan yang memproduksi cat Duta Paint. Dengan fasilitas produksi yang lengkap, mampu melakukan pengembangan produk-produk yang lebih baik dan lebih cepat untuk pasar yang berbeda di seluruh pelosok kota Malang dan sekitarnya. Perusahaan ini telah mendedikasikan diri untuk melayani pelanggan dengan produk yang inovatif dan berkualitas tinggi sesuai tuntutan zaman untuk dapat terus bersaing. Strategi bauran promosi adalah berbagai kumpulan alat-alat intensif yang sebagian besar berjangkan pendek yang dirancang untuk merangsang pembelian produk atau jasa tertentu dengan lebih cepat dan lebih besar oleh konsumen atau pedagang (Kotler, 2007:30).
Tujuan perusahaan melakukan aktivitas promosi pada konsumen akhir adalah agar konsumen dapat dengan mudah mengetahui keberadaan produk cat CV. Dharma Utama dan konsumen mengambil keputusan untuk melakukan pembelian cat di perusahaan. Berdasarkan hasil survey awal dan wawancara, CV. Dharma Utama mampu melakukan penjualan rata-rata setiap bulannya sebesar 30.333 kg pada tahun 2011. Sedangkan pada tahun 2012 rata-rata setiap bulan mampu menjual produk cat sebesar 24.406 kg. Untuk penjualan cat pada tahun 2011 lebih tinggi dibandingkan tahun 2012 yaitu masing-masing sebesar 363.998 kg dan 292.876 kg. Tabel 1.1 Data Penjualan Tahun 2011-2012 Tahun Data Penjualan 2011 363.998 kg 2012 292.876 kg Sumber: data perusahaan Dari data lapangan yang diperoleh pada saat ini masih banyak digunakan cat yang menggunakan bahan dasar minyak untuk mencat pagar besi. (Warta Ekonomi, 1993:27). Kebutuhan akan rumah sederhana makin terus meningkat pada tahun-tahun terakhir ini yang mengakibatkan kebutuhan akan cat juga akan meningkat terutama kebutuhan cat untuk kelas menengah ke bawah. Kebutuhan perumahan untuk tempat tinggal di Kabupaten Malang cukup tinggi.
Hal itu ditandai dengan belum terpenuhinya pembangunan perumahan yang mencapai 22.000 unit. Kepala Kantor Perumahaan Kabupaten Malang Wahyu Hidayat mengatakan kekurangan tersebut sejauh ini belum terpenuhi kendati setiap tahun telah dibangun kurang lebih 1.000 unit. Ada banyak hal yang mempengaruhi kegiatan promosi khususnya pada produk cat CV. Dharma Utama pada konsumen akhir. Dikarenakan pengaruh promosi akan sangat bermanfaat untuk memacu penjualan cat Duta Paint maka dirasa sangat tepat untuk mempromosikan produk cat Duta Paint. Dengan pertimbangan tersebut maka penelitian ini hanya terbatas pada STRATEGI BAURAN PROMOSI PADA PRODUK CAT DUTA PAINT CV DHARMA UTAMA BATU.
1.2 Rumusan masalah
1. Bagaimana strategi bauran promosi yang dilakukan oleh CV Dharma Utama dalam pemasaran produk cat Duta Paint?
2. Apa implikasi penerapan strategi bauran promosi untuk kelangsungan hidup perusahaan?
1.3 Tujuan penelitian
 1. Untuk mengetahui strategi bauran promosi yang dilakukan oleh CV Dharma Utama dalam pemasaran produk cat Duta Paint.
 2. Untuk mengetahui implikasi strategi bauran pomosi dalam kelangsungan hidup Perusahaan
1.4 Kegunaan penelitian
 1.4.1 Bagi peneliti:
1. Sebagai aplikasi dari ilmu yang telah diperoleh peneliti selama perkuliahan.
2. Dapat memperluas wawasan, pengetahuan dan pengalaman penulis untuk berfikir secara kritis dan sistematis dalam menghadapi permasalahan yang terjadi.
 1.4.2 Bagi lembaga:
1. Hasil ini diharapkan dapat menambah khasanah keilmuan dan sebagai bahan masukan bagi fakultas untuk mengevaluasi sejauh mana kurikulum yang diberikan mampu memenuhi tuntunan perkembangan dunia perekonomian dan pemasaran global pada saat ini. 2
. Hasil ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai bahan referensi untuk pengembangan selanjutnya.
1.4.3 Bagi perusahaan
1. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi yang berguna untuk menyusun kebijakan perusahaan yang bersangkutan.

2. Sebagai pertimbangan untuk mengevaluasi strategi penjualan yang selama ini diimplementasikan, dalam hal ini berhubungan dengan manajemen pemasaran, stratigi penjualan, saluran distribusi
Untuk Mendownload Skripsi "Skripsi Manajemen :Strategi bauran promosi pada produk cat Duta Paint CV Dharma Utama Kota BatuUntuk Mendownload skripsi ini silakan klik link dibawah ini


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment