Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Wednesday, April 12, 2017

Jasa Buat Skripsi: download Skripsi Manajemen:Analisis strategi kualitas produk pada kedai kopi AGP (Arek Gresik Punya) di Dinoyo Malang


Abstract

INDONESIA:
Seiring dengan tingkat kebutuhan dan permintaan konsumen akan minuman kopi yang semakin beranekaragam jenis dan kharakteristiknya, semakin maraknya persaingan usaha kedai kopi yang ada saat ini. Fenomena ini menuntut para pengusaha untuk semakin lebih mengintensifkan serta memprioritaskan strategi produk yang diterapkan di kedainya itu, sehingga produk yang dipasarkan memberikan daya tarik kepada konsumen dan menjadikannya sebagai produk preferensi mereka. Sejalan dengan statemen ini, kedai kopi AGP memilih strategi kualitas produk menjadi strategi yang diprioritaskan dalam memasarkan produknya kepada konsumen.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana strategi produk yang diterapkan oleh Kedai Kopi AGP dalam memasarkan produk/minuman kopi agar dapat menjadi minuman kopi pilihan konsumen, serta bagaimana implikasi dari strategi produk yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dari penelitian ini diperoleh dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengembangan validitas data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik triangulasi. Teknik triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi data dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedai kopi AGP (Arek Gresik Punya) menerapkan strategi kualitas produk sebagai strategi yang diprioritaskan, melalui cita rasa yang tinggi, pemilihan jenis kopi yang asli/murni (tanpa campuran), karakteristik kopi keras dan kental, serta metode racikan, takaran, dan juga pengadukan yang semuanya terkordinir dengan efektif. Selain menerapkan strategi kualitas produk kedai kopi AGP juga menggunakan strategi desain produk. Strategi ini direalisasikan melalui Labelling, pemakaian cangkir cempluk, dan desain konstruksi kedai itu sendiri. Disamping itu juga, strategi diversifikasi produk juga diterapkan oleh kedai kopi AGP. Strategi ini direalisasikan dengan disediakannya berbagai produk minuman tambahan dan juga berbagai makanan. Implikasi dari penerapan ketiga strategi di atas adalah bisa meningkatkan penjualan dan biaya yang rendah, gabungan keduanya menghasilkan profitabilitas dan pertumbuhan.
ENGLISH:
Along with the level of need and consumer demand for an increasingly wide variety of coffee drinks, characteristics and types,causing excalating of coffee houses competition that exists today. This phenomenon requires the employers to intensify further and prioritize product strategy was implemented in her stall, so the products are marketed to appeal to consumers and make it as a product of their preferences. In line with this statement, the AGP coffee choose product quality strategy into a prioritized strategy in marketing their products to customers.
The purpose of this study is to describe how the product strategies adopted by the AGP Café in marketing products / drinks coffee to drink coffee to customer choice, and how the implications of product strategy undertaken. This study using qualitative descriptive methods. Data from this study were obtained by conducting interviews, observations, and documentation. Development validity of the data in this study was done by using triangulation. Triangulation techniques used in this study were triangulation and triangulation of data sources.

The results showed that the AGP coffee (Arek Gresik punya) to implement the strategy of product quality as a priority strategy, through a high taste, the selection of the original coffee / pure (without mixture), the characteristics of hard and strong coffee, and the method of mixing, dosing , and also that everything is coordinated effectifly. In addition implementing the strategy of product quality AGP coffee also use the product design strategy. This strategy is realized through Labelling, use cempluk cups, and construction design of the shop . Beside that, the product diversification strategy is also applied by the AGP coffee. This strategy is applied by the availability of additional beverage products as well as the variety of foods. The implications of applying the three strategies above are able to increase sales and lower costs, the combination of both are profitability and growth.


BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Indonesia pernah dikenal sebagai negara penghasil kopi terbaik dunia sehingga banyak investor asing tertarik menanamkan modalnya untuk membangun bisnis kopi. Dengan didukung kondisi alam yang subur dan baik, Indonesia merupakan lahan investasi prospektif dalam mengembangkan perkebunan kopi. Ada tiga jenis kopi yang banyak ditanam di Indonesia, yaitu Arabika dan Robusta. Dari hasil riset dan pengembangan, kini telah tumbuh beberapa varietas unggulan hasil penyilangan. Misalnya dari jenis Arabika, ada Hibrido de Timor dan Rume Sudan yang tahan terhadap penyakit sehingga sangat tepat dibudidayakan. Berdasarkan pengamatan, dalam lima tahun terakhir, harga perdagangan kopi lokal di Indonesia rata-rata meningkat sebesar 15-30%. Bahkan untuk jenis kopi Arabika, harga jualnya pada tahun 2006-2007 meningkat hingga 60%. Selain komoditas biji kopi yang dihasilkan, perkebunan kopi juga menghasilkan limbah berupa kulit buah kopi, kulit tanduk, dan pulp yang dapat dijual atau diolah kembali sehingga menghasilkan pendapatan sampingan. Kopi merupakan minuman favorit di seluruh dunia. Di samping aspek kesadaran akan manfaat kopi bagi kesehatan, kopi memiliki cita rasa khas bagi penikmatnya. Bahkan, dengan kreativitas tertentu, kini telah muncul berbagai 2 jenis sajian kopi berbagai rasa yang diracik sedemikian rupa, baik minuman dingin maupun hangat. Dari kedua hal di atas, yaitu penanaman dan penyajian kopi, tentu juga menjadi peluang usaha yang menguntungkan. (www.agromedia.com). Untuk beberapa orang, meminum segelas kopi dapat menjadi cara ampuh untuk menghilangkan rasa kantuk atau pun hanya sekedar untuk memuaskan hobi. (www.kompas.com). Itu merupakan contoh sebagian motif yang melatarbelakangi mereka ngopi (minum kopi). Kedai kopi identik dengan tempat kumpul bareng teman, menikmati waktu senggang, atau membunuh waktu sambil menyeruput kopi atau teh, sambil menunggu jalan raya lebih lengang. Oleh sebab itu, banyak kedai kopi yang menawarkan kenyamanan agar pelanggan betah berlama-lama. Suasana yang nyaman, produk yang berkualitas, musik yang tenang, pelayanan yang ramah, penerangan yang cukup bikin pelanggan betah. Apalagi jika tersedia fasilitas free wifi. Fenomena ini merupakan potret aktifitas pecinta kopi secara umumnya. (www.wordpress.com). Satu tempat spesial untuk ngopi adalah kedai AGP, tempatnya ada di malang, daerah Dinoyo. AGP singkatan dari Arek Gresik Punya, tetapi sama anak-anak sering diplesetkan dengan Arek Gak Payu (anak tidak laku), hampir setiap malam kita berkumpul disini, tanpa kordinator, tanpa janjian, selalu berkumpul. Malam minggu pun kita kumpul disini,

 maklum saat itu kita semua tidak punya pasangan untuk berpacaran, maka dari itulah muncul istilah Arek Gak Payu. 3 Di kedai ini khusus menyediakan minuman, makanan yang disediakan cuma makanan ringan seperti mie goreng, rebus, nasi bungkus dan gorengan. Menu utama kedai AGP adalah kopi, kopi beraneka rasa, mulai dari yang manis sampai pahit. Bagi pelanggan baru akan bingung jika memesan, karena disana tidak ada list daftar menu dan istilah yang digunakan lain dengan kedai lainnya. Berikut daftar menu yang ada disana: 1. KPK (Kopi Pahit Kental), bagi yang pesan kopi ini siap-siap bola mata akan terus bulat sampai pagi tiba. 2. KP (Kopi Pahit), kalau yang ini cocok untuk begadang nonton bola. 3. KB (Kopi Biasa), biasa yang disuguhkan bagi pelanggan baru atau pelanggan yang ingin bersantai. 4. KS (Kopi Susu), untuk yang suka rasa pahit dan rasa manis. 5. KSM (Kopi Susu Manis), untuk yang tidak suka pahit tapi ingin minum kopi. 6. KSTG (Kopi Susu Tanpa Gula), menu ini yang sering aku pesan, rasanya mantab. Menu yang kami pesan tergantung dari situasi dan kondisi hati kami, saat bete jelas KP adalah pilihan favorit, ingin santai KB yang cocok, dan KSM dipesan saat suasana hati indah. Apapun menu yang dipesan, tetap kopi. Dengan secangkir kopi, kami biasanya menghabiskan waktu berjam-jam, minimal 3 jam. Banyak hal yang kita lalui dengan seteguk kopi, dari membahas materi kuliah, idealisme, religi, dunia bola, motogp sampai urusan cinta dan cewek juga dibahas disini.(http://umum.kompasiana.com/2010/04/19/kopi-sejuta-rasa). 4 Produk kopi yang unggul menjadi salah satu daya tarik konsumen untuk memutuskan keputusan pembeliannya. Begitu juga strategi yang digunakan oleh Kedai Kopi AGP yang menawarkan cita rasa kopi yang unggul dan berkualitas. Sajian kopi yang kental dan nikmat menjadi kharakteristik khas yang dimiliki oleh kedai ini. Memberikan Kesan eksklusif kepada penikmat kopi menjadi referensi bagi kedai AGP dalam melayani para pelanggannya, agar para pelanggan merasakan kepuasan dan juga diharapkan akan melakukan pembelian ulang. Di tengah maraknya persaingan kedai kopi yang beroperasi saat ini, Kedai Kopi AGP harus bisa mempertahankan cita rasa dan karakteristik kedai kopinya. Karena para pesaing baru banyak bermunculan dengan menawarkan berbagai macam karakteristik dan produk inovatif. Sebagian dari mereka juga meniru produk kopi AGP. Sehingga diharapkan para pelanggan tidak akan kabur ke kedai kopi lainnya. Menurut Fandy Tjiptono (1997 : 95), produk merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan produsen untuk diperhatikan, diminta, dicari, dibeli, digunakan, atau dikonsumsi pasar sebagai pemenuhan kebutuhan atau keinginan pasar yang bersangkutan. Sebuah produk adalah segala sesuatu yang memiliki nilai di suatu pasar sasaran dimana
kemampuannya memberikan manfaat dan kepuasaan termasuk benda, jasa, organisasi tempat, orang, dan ide. Produk merupakan factor esensial untuk melaksanakan suatu strategi bisnis, tetapi mereka tidak menjamin kesuksesannya. Karena itu, produk-produk perusahaan perlu disesuaikan dengan kebutuhan pasar (David W. Cravens. 1994 : 3). 5 Kualitas produk adalah salah satu sarana positioning utama pemasar. Kualitas mempunyai dampak langsung pada kinerja produk atau jasa ; oleh karena itu, kualitas berhubungan erat dengan nilai dan kepuasan pelanggan. Dalam arti yang lebih sempit, kualitas bisa didefinisikan sebagai “bebas dari kerusakan.” Tetapi sebagian perusahaan yang berpusat pada pelanggan melangkah jauh melampaui definisi sempit ini. Justru, mereka mendefinisikan kualitas berdasakan penciptaan nilai dan kepuasan pelanggan. (Kotler & Armstrong.1999 : 272). Pengertian Perceived Quality (persepsi kualitas) adalah persepsi pelanggan terhadap keseluruhan kualitas atau kualitas suatu produk atau jasa layanan berkaitan dengan maksud yang diharapkan (David A Aaker dalam Rangkuti, 2002 : 41). Konsumen tentunya akan memilih kedai kopi yang menyediakan minuman kopi berkualitas dan unggul. Dengan harapan produk ini bisa memberikan kenikmatan dan kepuasan yang lebih dibandingkan produk yang ada di kedai kopi lainnya. Berangkat dari uraian di atas maka peneliti ingin melakukan penelitian dengan judul “ analisis strategi kualitas produk di Kedai Kopi AGP Dinoyo”.
1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat disusun suatu rumusan permasalahan yaitu :
a. Bagaimana Strategi kualitas produk yang digunakan oleh Kedai Kopi AGP di Dinoyo Malang?
 b. Bagaimana implikasi positif dari penerapan strategi kualitas produk yang digunakan oleh Kedai Kopi AGP di Dinoyo Malang?.
1.3 Tujuan Penelitian
a. Untuk mengetahui Strategi kualitas produk yang digunakan oleh Kedai Kopi AGP di Dinoyo Malang\
 b. Untuk mengetahui implikasi dari penerapan strategi kualitas produk yang digunakan oleh Kedai Kopi AGP di Dinoyo malang
1.4 Kegunaan Penelitian
a. Bagi peneliti, untuk menambah khasanah ilmu pengetahuan bidang ilmu manajemen pemasaran, sarana untuk merealisasikan teori yang sudah didapat selama masa kuliah dalam realita lapangan, dan sebagai syarat penyandangan gelar pendidikan.
b. Bagi Kedai Kopi AGP, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan informasi dan masukan bagi kedai kopi dalam memecahkan persoalan yang ada dan bahan untuk pengambilan keputusan.
c. Bagi perguruan tinggi, dapat dijadikan sebagai referensi untuk penelitian selanjutnya.
Untuk Mendownload Skripsi "Skripsi Manajemen :Analisis strategi kualitas produk pada kedai kopi AGP (Arek Gresik Punya) di Dinoyo Malang."Untuk Mendownload skripsi ini silakan klik link dibawah ini


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment