Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Saturday, April 22, 2017

Jasa Buat Skripsi: download Skripsi Manajemen:Analisis product life cycle ciputra taman dayu property Pandaan Pasuruan periode 2010-2013 dalam menentukan strategis pemasaran


Abstract

INDONESIA:
Semua produk dan jasa memiliki siklus hidup tertentu. Siklus hidup produk (product life cycle) mengacu pada periode dari pertama peluncuran produk ke pasar (introduction) sampai penarikan akhir (decline) dan dibagi secara bertahap. Product life cycle terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perkenalan (introduction), tahap pertumbuhan (growth), tahap kedewasaan (maturity), dan tahap penurunan (decline). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui product life cycle di Ciputra Taman Dayu Property Pandaan Pasuruan periode 2010-2013 dan strategi pemasarannya saat ini.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, data diperoleh dari laporan data penjualan, biaya, pelanggan, dan pesaing Ciputra Taman Dayu Property Pandaan Pasuruan tahun 2010-2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh data penjualan, biaya, pelanggan, dan pesaing Ciputra Taman Dayu Property Pandaan Pasuruan tahun 2005 hingga tahun 2013. Sampel pada penelitian ini adalah laporan data penjualan, biaya, pelanggan, dan pesaing Ciputra Taman Dayu Property Pandaan Pasuruan tahun 2010 hingga tahun 2013. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampel. Metode analisis data dengan menggunakan Analisis Cluster yang dibantu dengan program SPSS 16.00 for windows.
Dari hasil analisis cluster yang dilakukan, telah membagi product life cycle Ciputra Taman Dayu Property Pandaan Pasuruan ke dalam 3 cluster yang terdiri dari cluster 1 (tahap perkenalan/introduction) beranggotakan 25 periode (bulan), cluster 2 (tahap kedewasaan/maturity) beranggotakan 1 periode (bulan), cluster 3 (tahap pertumbuhan/growth) beranggotakan 22 periode (bulan), Sehingga menyimpulkan product life cycle Ciputra Taman Dayu Property Pandaan Pasuruan saat ini berada di tahap pertumbuhan (growth). Sedangkan strategi pemasaran yang digunakan Ciputra Taman Dayu Property Pandaan Pasuruan saat ini termasuk ke dalam strategi rapid growth dan slow growth.
ENGLISH:
All products and services have a certain life cycle . Product life cycle refers to the period of the first launch of the product to the market (introduction) until the withdrawal end (decline) and divided in stages. Product life cycle consists of four stages, namely the introduction stage, the growth stage, the maturity stage, and the decline stage. This study aims to determine the product life cycle in Ciputra Taman Dayu period 2010-2013 and current marketing strategies.
This study used quantitative methods, the data obtained from the sales reported data, costs, customers, and competitors Ciputra Taman Dayu 2010-2013. The population of this study are all sales data, costs, customers, and competitors Ciputra Taman Dayu from 2005 to 2013. Samples in this study is a report of sales data, costs, customers, and competitors Ciputra Taman Dayu years 2010 to 2013. Sampling technique conducted with a purposive sample. Methods of data analysis using Cluster Analysis assisted with SPSS for windows 16.00.

From the results of the cluster analysis performed, has divided the product life cycle Ciputra Taman Dayu into 3 clusters consisting of 1st cluster (introduction stage) consists of 25 periods (months), 2nd cluster (maturity stage) consists of 1 period (month), 3th cluster (growth stage) consists of 22 periods (months), so that concludes that the product life cycle Ciputra Taman Dayu is currently in the growth stage. While the marketing strategies used Ciputra Taman Dayu is currently included in the rapid growth and slow growth strategy.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
 Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Hal tersebut disebabkan karena pemasaran merupakan salah satu kegiatan perusahaan dimana secara langsung berhubungan dengan konsumen. Maka kegiatan pemasaran dapat diartikan sebagai kegiatan manusia yang berlangsung dalam kaitannya dengan pasar. Kotler (2001) mengemukakan definisi pemasaran berarti bekerja dengan pasar sasaran untuk mewujudkan pertukaran yang potensial dengan maksud memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Sehingga dapat dikatakan bahwa keberhasilan pemasaran merupakan kunci kesuksesan dari suatu perusahaan. Menurut Stanton (2001) definisi pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial. Semua produk dan jasa memiliki siklus hidup tertentu.
Siklus hidup mengacu pada periode dari pertama peluncuran produk ke pasar (introduction) sampai penarikan akhir (decline) dan dibagi secara bertahap. Beberapa perusahaan menggunakan perencanaan strategis dan lain-lain mengikuti aturan dasar yang berbeda fase siklus hidup yang dianalisis kemudian. Pemahaman siklus hidup 2 produk dapat membantu perusahaan untuk memahami dan menyadari ketika saatnya untuk memperkenalkan dan menarik produk dari pasar, posisinya di pasar dibandingkan dengan pesaing, dan keberhasilan atau kegagalan produk. Produk teori siklus hidup (product life cycle) adalah sebuah teori ekonomi yang dikembangkan oleh Raymond Vernon dalam menanggapi kegagalan model Heckscher-Ohlin untuk menjelaskan pola diamati perdagangan internasional (Hill, 2007). Teori ini menunjukkan bahwa di awal siklus hidup suatu produk semua bagian dan tenaga kerja yang terkait dengan produk yang berasal dari daerah di mana itu diciptakan. Dalam rangka ini perlu diperhatikan salah satu faktor yang penting bagi keberhasilan strategi pemasaran yang dijalankan adalah tahapan kehidupan usaha (Product Life Cycle). Siklus hidup produk (product life cycle) merupakan topik penting dalam dunia pemasaran, siklus ini mendeskripsikan tahapan yang dilalui suatu produk dari awal (diperkenalkan) hingga akhir (ditarik dari pasar). Seorang manajer harus memahami ini agar produknya bisa tetap eksis di pasaran dengan mengetahui strategi apa yang perlu dan harus dilakukan dalam memasarkan produknya. Menurut Levitt dalam Fandi Tjiptono (1997: 275) product life cycle (PLC) adalah suatu grafik yang menggambarkan riwayat suatu produk sejak diperkenalkan ke pasar sampai ditarik dari pasar. Product life cycle (PLC) merupakan konsep yang penting dalam pemasaran karena memberikan pemahaman yang mendalam mengenai dinamika bersaing suatu produk. 3 Menurut Tjiptono (1997) tiap-tiap tahap daur hidup produk memiliki strategi pemasaran masing-masing, pada tahap perkenalan strategi yang dilakukan adalah dengan rapid skimming strategy, slow skimming strategy, rapid penetration strategy, dan slow skimming strategy. Pada tahap pertumbuhan dilakukan strategi rapid growth dan slow growth. Pada tahap kedewasaan (maturity) dilakukan offensive strategy dan defensive strategy. Sedangkan pada tahap kemunduran dilakukan modifikasi bisnis atau meninggalkan bisnis tersebut. Ciputra Taman Dayu Property Pandaan Pasuruan merupakan salah satu proyek dari Ciputra Group yang di bidang properti, dimana Ciputra Group berkomitmen pada sebuah kualitas dimana secara berkesinambungan menegakkan suatu prinsip dalam melakukan semua pekerjaan, yaitu spirit of excellence dengan misi membantu para pelanggan untuk mencapai sebuah sasaran hubungan jangka panjang dengan kepercayaan dan pengetahuan akan arti kerjasama dimana menempatkan kepuasan pelanggan di atas segalanya (www.thetamandayu.com).
Tujuan seluruh usaha pemasaran pada umumnya adalah meningkatkan penjualan yang dapat menghasilkan laba dengan menawarkan kebutuhan yang memuaskan kepada pasar dalam jangka panjang (Kotler dan Keller, 2007: 18). Dalam hal ini bagian pemasaran yang harus mengelola sumber daya yang ada dalam perusahaan agar dapat berfungsi secara efektif dan efisien. Untuk menentukan strategi pemasarannya, maka diperlukan analisis mengenai siklus hidup produk (product life cycle) agar perusahaan mampu bersaing dengan para kompetitor dan produknya tetap eksis di pasaran. 4 Sejak dialihtangankan dari PT. HM Sampoerna kepada Ciputra Group pada tahun 2005, total transaksi penjualan yang terealisasi di Ciputra Taman Dayu Property Pandaan Pasuruan selalu meningkat, kecuali pada tahun lalu di tahun 2013 jumlah total transaksi penjualan yang menurun ke angka Rp. 181.648.257.000,- daripada tahun sebelumnya yang mencapai Rp. 234.138.138.000,- (Sumber Data: Hasil wawancara dengan Choirul Anam, Admin Marketing Ciputra Taman Dayu Property Pandaan Pasuruan tanggal 8 November 2013 pukul 10.00 WIB). Berikut data hasil pendapatan pada Ciputra Taman Dayu Property Pandaan Pasuruan dari tahun 2010 hingga tahun 2013: Tabel 1.1 Data Penjualan Ciputra Taman Dayu Property Pandaan Pasuruan tahun 2010-2013 (dalam ribuan rupiah) Sehubungan dengan hal tersebut diatas, Ciputra Taman Dayu Property Pandaan Pasuruan harus dapat memperhatikan langkah-langkah strategis dalam evaluasi produk yaitu melakukan kajian tentang perkembangan pemasaran dengan melakukan analisis daur hidup produk (Product Life Cicle), karena dengan lemahnya konsep strategi pemasaran akan mengurangi volume penjualan perusahaan di masa akan datang. Mulai tahun 2008 Ciputra Taman Dayu Property Pandaan Pasuruan menetapkan fixed price untuk semua produknya sehingga menjadi titik awal perubahan strategi penetapan harga sehingga diteliti mengenai product life cycle Ciputra Taman Dayu Property Pandaan Pasuruan setelah penetapan kebijakan baru tersebut pada periode 2010-2013. Oleh karena itu peneliti mengambil judul penelitian “Analisis Product Life Cycle Ciputra Taman Dayu Property Pandaan Pasuruan Periode 2010-2013 Dalam Menentukan Strategi Pemasaran”. 1.2 Rumusan Masalah
 Berdasarkan latar belakang diatas dapat dirumuskan permasalahan yaitu:
1. Bagaimanakah product life cycle di Ciputra Taman Dayu Property Pandaan Pasuruan periode 2010-2013 dalam menentukan strategi pemasaran?
 2. Bagaimana strategi pemasaran di Ciputra Taman Dayu Property Pandaan Pasuruan menurut product life cycle saat ini?
 1.3 Tujuan Penelitian
Berdasarkan permasalahan yang telah dirumuskan, maka tujuan penelitian ini adalah:
1. Untuk mengetahui product life cycle di Ciputra Taman Dayu Property Pandaan Pasuruan periode 2010-2013 dalam menentukan strategi pemasaran.
 2. Untuk mengetahui strategi pemasaran di Ciputra Taman Dayu Property Pandaan Pasuruan menurut product life cycle saat ini.
1.4 Manfaat Penelitian
 A. Manfaat Bagi Penulis
1. Memperoleh gambaran implementasi teori analisis Product Life Cycle Ciputra Taman Dayu Property Pandaan Pasuruan.
2. Memperoleh kesesuaian teori dengan realitas lokal (kenyataannya).
 B. Manfaat Bagi Perusahaan Memperoleh gambaran Product Life Cycle guna menetapkan strategi pemasaran yang sesuai.
C. Manfaat Bagi Pihak Lain Sebagai suatu karya ilmiah yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan khususnya yang berminat dalam bidang pemasaran.
1.5 Batasan Penelitian

Agar penelitian ini tidak terlalu melebar, maka masalah-masalah dalam penelitian ini hanya dibatasi pada masalah Product Life Cycle Ciputra Taman Dayu Property Pandaan Pasuruan Periode 2010-2013 pada tiga tahapan yaitu perkenalan, pertumbuhan, dan kedewasaan, hal ini dikarenakan aktifitas penjualan di Ciputra Taman Dayu Property Pandaan Pasuruan masih stabil sehingga belum dapat dikategorikan pada tahap penurunan (decline). Penelitian ini lebih fokus pada tahap pertumbuhan (growth) sesuai dengan posisi product life cycle Ciputra Taman Dayu Property Pandaan Pasuruan saat ini.
Untuk Mendownload Skripsi "Skripsi Manajemen :Analisis product life cycle ciputra taman dayu property Pandaan Pasuruan periode 2010-2013 dalam menentukan strategis pemasaranUntuk Mendownload skripsi ini silakan klik link dibawah ini


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment